Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Teks Pildacil Singkat Tentang Ramadhan: Keutamaan Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Teks Pildacil Singkat Tentang Ramadhan
Teks Pildacil Singkat Tentang Ramadhan. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah. Sobat Guru Penyemangat yang berbahagia, selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ya!

Alhamdulillah pada tahun ini kita kembali dipertemukan dengan bulan Ramadhan yang penuh keberkahan.

Bersamaan dengan itu, pandemi di bumi pertiwi juga perlahan surut sehingga melegakan hati kita semua. Dengan kondisi negeri yang aman dari wabah, kita bisa leluasa beribadah.

Ibadah yang biasanya dilakukan oleh umat muslim selain puasa di bulan Ramadhan adalah melaksanakan Shalat Tarawih, Witir, Tadarus Al-Qur'an, Sedekah hingga Shalat Malam.

Masing-masing dari kita pun disilakan menentukan target Ramadhan dan mengatur strategi ibadah. Namun saran dari Gurupenyemangat.com ialah kita jangan terlalu fokus kepada target.

Lebih baik kita fokus kepada ketulusan niat ibadah, pemantapan ibadah, serta perubahan yang ada pada diri kita. Ya, sederhananya, ibadah itu bukan hanya gerakan dan bacaan melainkan thuma'ninah-nya juga penting.

Pada kesempatan kali ini, Gurupenyemangat.com bakal menyajikan teks pildacil singkat bertema Ramadhan.

Teks pildacil singkat berikut membahas tentang keutamaan tadarus Al-Qur'an di bulan Ramadhan lengkap dengan dalilnya.

Mari disimak ya:

Teks Pildacil Singkat Tentang Keutamaan Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Teks Pildacil Singkat Tentang Keutamaan Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadhan
Teks Pildacil Singkat Tentang Keutamaan Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadhan. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah;
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ala rasulillah, wa ala alihi wa sohbihi wa mauwwalah. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh. Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

Jamaah yang dirahmati oleh Allah SWT;

Pertama di atas yang paling utama marilah kita bersyukur atas kehadirat Allah SWT berkat nikmat sehat, nikmat sempat, serta nikmat umur sehingga kita semua bisa sama-sama hadir dan mendatangi bulan Ramadhan yang mulia.

Shalawat berlantunkan salam mari kita hadiahkan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Mudah-mudahan dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Jamaah yang insyaAllah dimuliakan oleh Allah SWT;

Senang sekali rasanya saya bisa menyapa jamaah sekalian di bulan Ramadhan yang penuh dengan barokah ini.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat, kemuliaan, dan ampunan. Maka dari itulah umat muslim di seluruh dunia begitu bahagia, gembira, serta menyambut Ramadhan dengan sukacita seraya berucap “Marhaban ya Ramadhan”.

Memasuki minggu pertama bulan puasa, mayoritas jamaah begitu semangat melaksanakan puasa, kemudian dilanjutkan dengan Shalat Tarawih dan Witir, tadarus Al-Qur’an, hingga bersedekah dan berbagi makanan.

Semua amalan itu sangatlah baik dikerjakan di bulan Ramadhan karena akan dibalas dengan pahala berlipat ganda oleh Allah SWT.

Jamaah yang dirahmati oleh Allah SWT;

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan beberapa bait pidato dai cilik tentang keutamaan tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadhan.

O ya, apakah segenap jamaah di sini rutin bertadarus?

Ada yang jawab sering, ada yang jawab kadang-kadang, dan ada pula yang jawab jarang. Pertanyaan saya, yang jarang ini berapa kali membaca Al-Qur’an dalam setahun?

Mudah-mudahan tetap sering dan tidak lalai dengan Al-Qur’an ya. Karena sejatinya Al-Qur’an adalah sahabat yang benar-benar akan menolong kita di Hari Pembalasan nanti.

Rasulullah SAW berkalam:

 اِقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

Bacaan Latin:

Iqro-ul qur’aana fa-innahu ya’tii yaumal qiyaamati syafii-‘an liash-haabihi.

Artinya:

"Bacalah Al Qur`an, karena ia akan datang memberi syafa'at kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti.” Hadis Riwayat Imam Muslim Nomor 1337.

Jamaah yang dimuliakan oleh Allah SWT;

Sebaik-baiknya teman di dunia, suatu hari nanti ia bisa saja meninggalkan kita. Sebaik-baiknya sahabat sehati dan seperjuangan, suatu hari nanti ia bisa saja meninggalkan kita.

Mereka bisa saja meninggalkan kita karena baru saja mendapat teman baru, mendapat kebahagiaan baru, atau karena ajalnya sudah tiba.

Tetapi Al-Qur’an tidak demikian. Al-Qur’an adalah sebaik-baiknya sahabat yang menjadi penyejuk hati di dunia, menjadi penerang dan sahabat di alam kubur, serta menjadi penolong di Hari Kiamat nanti terhadap orang-orang yang menjadikan Al-Qur’an sebagai sahabatnya di dunia.

Boleh Baca: Teks Pidato Singkat Ramadhan Bulan Penuh Ampunan

Jamaah yang dimuliakan oleh Allah SWT;

Tadarus artinya tidaklah sekadar membaca Al-Qur’an melainkan juga meneliti, menelaah, mempelajari, serta menyelami kandungan Al-Qur’an.

Agar pahalanya lebih maksimal, amalan ini harus kita mulai dengan niat yang rela, tulus hanya mengharap ridho Allah semata.

Lebih daripada itu, dalam bertadarus kita wajib memperhatikan adab-adabnya mulai dari membaca ta’awudz dan basmallah, berwudhu dan membersihkan tempat bertadarus, menghadap kiblat, serta membacanya secara tartil.

Karena tadarus adalah membaca Al-Qur’an secara bersama-sama, maka ada pihak yang menyimak dan ada pula pihak yang membaca.

Ketika kita sedang menyimak, janganlah bercanda gurau melainkan dengarkan bacaan Qur’an sembari memeriksa kesalahan bacaan.

Hal ini ditegaskan oleh Allah dalam Al-Qur’an Surah Al-A’raf ayat 204:

وَإِذَا قُرِئَ ٱلۡقُرۡءَانُ فَٱسۡتَمِعُواْ لَهُۥ وَأَنصِتُواْ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُونَ.

Bacaan Latin:

Wa-idzaa quri-al qur-aanu fastami’uu lahuu wa anshituu la’allakum turhamuun.

Artinya:

Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.

Jamaah yang dimuliakan oleh Allah SWT;

Lalu apa saja keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan?

Bertadarus di bulan Ramadhan adalah salah satu ikhtiar kita untuk meraih pahala dan menggapai ketakwaan.

Dengan bertadarus, kita akan mendapat pahala, rahmat, dan menjadikan Al-Qur’an sebagai penolong di Hari Kiamat nanti.

Selain itu, membaca Al-Qur’an secara berjamaah bakal melatih kita untuk lebih lancar dalam membaca serta cinta dengan Qur’an.

Laksana dinding yang kotor oleh lumpur, seringnya membaca Al-Qur’an akan menyiram hati kita hinggalah bersih.

Al-Qur’an pula adalah kalamullah, maka tentunya Allah akan mencurahkan kasih sayang-Nya kepada orang-orang yang menjadikan Qur’an sebagai panduan dan pedoman hidup di dunia dan akhirat.

Jamaah yang dimuliakan oleh Allah SWT;

Ada banyak kebaikan dan hikmah yang bisa kita petik dari bertadarus Qur’an, terutama di bulan Ramadhan yang mulia ini.

Marilah sama-sama kita manfaatkan kesempatan yang singkat ini untuk menambah amalan-amalan kebaikan, dan semoga ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah, kepada Allah mari sama-sama kita memohon ampun.

Saya akhiri;
Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.*

Ditulis oleh Ozy V. Alandika

Boleh Baca: Kultum Singkat Ramadhan Tentang Keutamaan Shalat Tarawih Berjamaah

Download Pildacil Singkat Tentang Ramadhan PDF

Sobat Guru Penyemangat, bagaimana dengan contoh teks pidato untuk dai cilik di atas? Semoga bisa digunakan sebagai tambahan materi dan kebutuhan ceramah di bulan Ramadhan ya.

Di sini telah disiapkan file dokumen PDF teks pildacil singkat tentang keutamaan Tadarus Al-Qur'an di bulan Ramadhan. Silakan klik tombol download untuk mendapatkannya:

Teks Pildacil Ramadhan.PDF 259kb

***

Demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat tentang contoh teks pildacil tentang Keutamaan Tadarus Al-Qur'an di bulan Ramadhan yang singkat.

Semoga bermanfaat.
Salam.

Lanjut Baca: Teks Ceramah Singkat Tentang Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan Beserta Dalilnya

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Teks Pildacil Singkat Tentang Ramadhan: Keutamaan Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadhan"