Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Ceramah Singkat Tentang Sedekah di Bulan Ramadhan 2022, Lengkap dengan Dalilnya

Bismillah;

Hai Sobat Guru Penyemangat. Masih semangat mengarungi hari-hari penuh keutamaan di bulan Ramadhan tahun ini?

Semoga senantiasa semangat ya. Karena kita adalah orang-orang yang beruntung karena telah diberi kesempatan oleh Allah untuk memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan.

Salah satu cara kita memaksimalkannya ialah dengan cara bersedekah di bulan Ramadhan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sedekah itu memiliki makna yang luas.

Sedekah tidaklah hanya sekadar uang namun bisa juga memberikan makanan berupa takjil dan sahur untuk puasa Ramadhan, menolong orang yang kesusahan, serta mengajarkan ilmu yang bermanfaat.

Nah pada kesempatan yang berbahagia ini Gurupenyemangat.com bakal menyajikan contoh teks ceramah tentang sedekah.

Contoh teks ceramah singkat berikut membahas tentang keutamaan sedekah di bulan Ramadhan beserta dalil Arab dan bacaan latinnya.

Mari disimak ya:

Teks Ceramah: Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Teks Ceramah Singkat Tentang Sedekah di Bulan Ramadhan
Teks Ceramah Singkat Tentang Sedekah di Bulan Ramadhan Beserta Dalilnya. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah;
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin. Hamdan katsiran tayyiban mubaarokan fii. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh.

Allahumma sholli ala Muhammad wa ala alihi wasohbihi ajma’in. Qoolallahu ta’ala fi kitaabihil kariim.

A’udzubillahiminas-syaitoonirrojim, bismillahirrohmaanirrohim:

إِنَّ ٱلۡمُصَّدِّقِينَ وَٱلۡمُصَّدِّقَٰتِ وَأَقۡرَضُواْ ٱللَّهَ قَرۡضًا حَسَنٗا يُضَٰعَفُ لَهُمۡ وَلَهُمۡ أَجۡرٞ كَرِيمٞ.

Bacaan Latin:

Innalmush-shod-diqiina wa musshod-diqooti wa aqrodhullaaha qordhon hasana, yudhoo’afulahum walahum ajrun kariim. [QS Al-Hadid ayat 18]

Shadaqallahul’adziim.

Jamaah yang dirahmati oleh Allah SWT;

Bersyukur kita kepada Allah atas segala nikmat yang didapat selama bulan Ramadhan tahun ini. Mulai dari nikmat sehat, nikmat sempat, nikmat beribadah, hingga nikmatnya berbuka puasa baik itu di masjid, di tengah perjalanan, hingga berbuka bersama keluarga di rumah.

Shalawat berhiaskan salam mari kita hadiahkan kepada khatamul anbiya, al-mustofa Sayyidina wa Nabiyina Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, saudara-saudari Jamaah Rahimakumullah;

Masih semangat berpuasa hari ini? Alhamdulillah ya. Meski kadangkala bangun sahur terkantuk-kantuk, tapi Allah masih memberikan kita kekuatan untuk menjemput keberkahan sahur.

Allah berikan kekuatan kepada Emak kita, kepada Bunda kita untuk memasakkan nasi beserta lauk terbaik. Makanan sahur yang dimasak dengan hati sungguh memiliki kelezatan luar biasa.

Amatlah rugi bila kita bermalas-malasan menjalankan puasa, karena Ramadhan cuma ada 30 hari, cuma ada satu bulan, dan bulan ini tidak akan ditemui di hari-hari lainnya.

Kapan Ramadhan akan muncul lagi, duhai jamaah?

Tentu saja tahun depan. Tapi pertanyaannya, memangnya umur kita akan sampai hingga tahun depan? Wallahu’alam. Jangankan tahun depan, 10 menit ke depan saja tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi.

Maka dari itu, mari kita manfaatkan dengan sungguh-sungguh kesempatan di bulan Ramadhan tahun ini untuk memperbanyak amal dan kebaikan.

Nah, jamaah sekalian yang berbahagia, salah satu amalan yang amat baik untuk dilaksanakan di bulan Ramadhan dan memiliki pahala yang menjulang ialah bersedekah di bulan Ramadhan.

Apakah jamaah di sini sudah tahu apa itu pengertian dari sedekah?

Benar sekali. Sebagaimana Ayat Al-Qur’an yang ana bacakan tadi, bahwa sedekah laksana memberikan pinjaman yang baik kepada Allah, dan dari pinjaman tersebut akan Allah ganti pula menjadi sesuatu yang lebih baik.

Subhanallah, wal hamdulillah wa laailaha illallah wallahu akbar. Sungguh Allah itu Maha Baik, sungguh Allah itu Maha Terpuji lagi Maha Suci.

Jamaah yang dirahmati oleh Allah SWT;

Ada banyak keutamaan yang bisa kita raih jika memaksimalkan kegiatan berbagi dan bersedekah di bulan Ramadhan. Bukan kata ana, tapi kata Allah dalam firman-Nya, dan kata Nabi Muhammad SAW dalam sabda beliau.

Keutamaan sedekah yang pertama sebagaimana diterangkan Allah dalam QS Al-Hadid ayat 18 yang artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. [Al Hadid:18]

Ayat di atas adalah tawaran sekaligus balasan bagi Allah SWT untuk orang-orang yang gemar bersedekah. Siapa saja dari kita yang memberikan hartanya di jalan Allah, memberikan ilmu yang bermanfaat di jalan Allah, menolong orang lain karena Allah, maka sungguh ia sedang bersedekah.

Boleh Baca: Kumpulan Ayat Tentang Infak dan Sedekah

Hadiah yang Allah tawarkan ialah ganti sedekah dengan sesuatu yang lebih baik sekaligus pahala yang berlipat ganda. Ditambah dengan bulan Ramadhan?

Tentu akan lebih banyak lagi. Sudah dilipatgandakan, dililpatgandakan lagi sekaligus dibalut dengan keberkahan yang ada di bulan Ramadhan. TAKBIR! Allahu Akbar.

Jamaah yang insyaAllah dimuliakan oleh Allah SWT;

Keutamaan bersedekah yang kedua di bulan Ramadhan ini ialah; mendapat pahala dari orang yang kita sedekahkan.

Hal ini tertuang dalam Hadis Sahih Nabi SAW riwayat Imam At-Tirmidzi dalam Kitab Puasa Nomor 807:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Bacaan Latin:

Man fattoro shoo-iman kaana lahu mitslu ajrihi ghoiro annahu laa yanqushu min ajrish-shoo-imi syai-an.

Artinya:

Barangsiapa menyediakan makanan (saat berbuka) untuk orang yang puasa, maka dia mendapat pahala seperti pahala orang yang diberi makannya itu tanpa dikurangi sedikit pun dari pahalanya.

Subhanallah! Sungguh besar tawaran yang bakal Allah hadiahkan kepada orang-orang yang bersedekah dengan cara membagikan makanan untuk berbuka puasa.

Bayangkan saja jamaah sekalian, semisal orang yang kita berikan takjil Ramadhan itu adalah orang yang hafal Qu’ran, orang yang setiap harinya selalu muraja’ah Qur’an. Maka kita yang bersedekah juga akan mendapatkan pahala yang serupa.

Inilah alasan mengapa banyak saudara-saudara kita sesama muslim rela turun ke jalan pada sore hari, mengadakan kegiatan Ramadhan berbagi dan semisalnya, gunanya tiada lain ialah memaksimalkan Ramadhan, mencari keberkahan di bulan Ramadhan, sekaligus mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

Jadi, jamaah di sini apakah sudah siap dan sudah ingin bersedekah seperti menyediakan makanan untuk orang-orang yang berbuka puasa? Mau? Alhamdulillah. Semoga niat baik ini bisa berbuah pahala dan dilaksanakan dengan mengharap ridho Allah semata ya.

Jamaah yang dimuliakan oleh Allah SWT;

Adapun keutamaan sedekah di bulan Ramadhan yang selanjutnya ialah mendapatkan pahala yang dikalikan 700. Waw, besar sekali, bukan?

Hal ini seirama dengan sabda Nabi Muhammad SAW:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ..

Bacaan Latin:

Kullu ‘amalibni aadama yudhoo’aful hasanatu ‘asyru amtsaalihaa ila sab’amii-ata dhi’fiin.

Artinya:

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Hadis Riwayat Imam Bukhari dan Muslim.

Hadis di atas menerangkan setiap amalan kebaikan, dan sedekah termasuk salah satu di antaranya.

Jamaah yang dirahmati oleh Allah SWT;

Selain daripada yang disebutkan tadi, sejatinya ada banyak keutamaan lain dari sedekah. Sedekah yang lebih afdhal dilakukan pada bulan Ramadhan, boleh secara sembunyi-sembunyi dan boleh pula secara terang-terangan.

Sedekah pula akan menjauhkan kita dari kematian yang buruk, menutup pintu keburukan, hingga didoakan malaikat supaya mendapat ganti yang lebih baik.

Bisa kita bayangkan jamaah, malaikat adalah makhluk Allah yang suci dan bersih dari doa. Dengan demikian, doa malaikat adalah doa yang makbul alias mustajab.

Jadi, marilah kita manfaatkan hari-hari yang tersisa di bulan Ramadhan tahun ini untuk memaksimalkan amalan wajib, amalan sunnah, serta berlomba-lomba kebaikan. Mudah-mudahan kita semua semakin didekatkan menuju takwa.

Jamaah rahimakumullah;

Demikianlah ceramah yang bisa ana sampaikan pada kesempatan yang mulia ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri;

Wabillahi taufik walhidayah;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Ditulis oleh Ozy V. Alandika

Boleh Baca: Teks Ceramah Tentang Indahnya Bulan Ramadhan

Download Teks Ceramah Tentang Sedekah PDF

Guru Penyemangat secara khusus telah menyiapkan dokumen PDF yang berisi teks ceramah singkat bulan Ramadhan tentang keutamaan sedekah beserta dalil Arab dan bacaan latinnya.

Naskah ceramah tentang sedekah ini cocok untuk disampaikan pada saat kuliah Subuh, kultum singkat setelah Shalat Tarawih, hingga tausiyah kegiatan Ramadhan berbagi.

Silakan klik tombol download dan tunggu beberapa saat untuk mendapatka dokumen teks ceramah singkat tentang keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dengan format PDF:

Ceramah Sedekah di Bulan Ramadhan 274kb

***

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang contoh teks ceramah singkat tentang sedekah di bulan Ramadhan yang dilengkapi dengan dalil dan file unduhan PDF.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: Pidato Agama Islam Tentang Pentingnya Kejujuran

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Teks Ceramah Singkat Tentang Sedekah di Bulan Ramadhan 2022, Lengkap dengan Dalilnya"

Promo Cashback & Voucher Shopee