Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Teks Pidato Ramadhan Bulan Penuh Ampunan yang Mudah Dihafal

Teks Pidato Ramadhan Bulan Penuh Ampunan yang Mudah Dihafal
Teks Pidato Ramadhan Bulan Penuh Ampunan yang Mudah Dihafal. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah

Sobat Guru Penyemangat, selamat menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, ya.

Rasa-rasanya tahun 2022 begitu cepat berjalannya. Kemarin barulah tahun baru, eh tapi sekarang kita sudah tiba di bulan mulia penuh rahmat dan ampunan, Ramadhan.

Di awal tahun kemarin, kita sibuk mendengar dan membaca berita tentang kegiatan karantina pasien covid-19.

Tapi ketika Ramadhan tiba? Gantian para setan yang Allah karantina. Pintu neraka Allah tutup, dan pintu surga yang Allah buka seluas-luasnya untuk kita maksimalkan.

Maka darinya, sebagai seorang muslim yang cerdas kita harus memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan ini Gurupenyemangat.com akan menghadirkan contoh teks pidato bulan Ramadhan yang pendek.

Teks pidato Ramadhan sebagai bulan yang penuh ampunan berikut dilengkapi dengan dalil hadis shahih dan mudah dihafal.

Mari disimak terlebih dahulu ya:

Pidato Ramadhan Bulan Penuh Ampunan Beserta Dalilnya

Pidato Ramadhan Bulan Penuh Ampunan Beserta Dalilnya
Pidato Ramadhan Bulan Penuh Ampunan Beserta Dalilnya. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah;
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillah. Alhamdulillahi ‘ala rasulillah, wa ala alihi wasohbihi wa mawwalah. Asyahu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ala Muhammad wa ala ali Muhammad.

Saudara-saudari yang insyaAllah dirahmati oleh Allah SWT;

Pertama di atas segalanya, marilah kita lantunkan ucapan syukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Sungguh, nikmat Allah sangatlah banyak. Bilakah kita hanya mengukur nikmat Allah dari uang dan harta, maka kita sendirilah yang sedang menyempitkan nikmat tersebut.

Shalawat teriring salam marilah kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW dengan kerelaan sepenuh hati. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Bersyukur kita kepada Allah karena pada tahun 2022 Masehi alias 1443 Hijriah ini kita kembali dipertemukan dengan bulan mulia penuh berkah yang bernama “Ramadhan”.

Bulan kesembilan dalam kalender Islam ini memang spesial. Selain merupakan bulan yang penuh berkah, di bulan Ramadhan para setan dikarantina alias dibelenggu, dan pintu-pintu neraka ditutup.

Bila di tengah bulan Sya’ban ada malam Nisfu Sya’ban di mana Allah akan mengampuni semua hamba-Nya yang tidak musyrik dan tidak bermusuhan, maka ampunan Allah berlaku penuh selama bulan Ramadhan.

Nabi Muhammad SAW berkalam:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Bacaan Latin: Man shooma romadhoona iimaanan wahtisaaban ghufirolahu maa taqoddama min dzambih.

Artinya:

Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni. (Hadis Riwayat Imam Bukhari No. 38 dan Imam Muslim no. 760 dari Abu Hurairah Radiyallahu Anha

Saudara-saudari yang dirahmati Allah SWT;

Bila kita perhatikan perintah Allah dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 183, di sana Allah mewajibkan orang-orang beriman untuk berpuasa di bulan Ramadhan sesuai dengan syarat dan ketentuannya.

Dan bila kita kembali simak hadis tadi, maka salah satu keutamaan puasa selain keberkahan ialah pengampunan dosa. Dengan syarat? Niat puasa kita harus benar yaitu Lillahi Ta’ala.

Lebih daripada itu, ada masih banyak dalil lain yang menerangkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan di mana Allah akan mengampuni dosa-dosa para hamba-Nya.

Rasulullah SAW berkalam:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Bacaan Latin: Man qooma romadhoona iimaanan wahtisaaban ghufirolahu maa taqoddama min dzambih.

Artinya:

Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

Saudara-saudari yang berbahagia;

Jika kita mendengar dan mengingat kembali hadis pertama tadi, ternyata isinya hampir mirip, kan? Yang membedakannya hanyalah kalimat “Man Shooma” dan “Man Qooma”.

Bila kita cermati lebih dalam lagi, maka dari dua hadis yang saya sampaikan tadi terdapat dua jalur pengampunan dosa yang Allah siapkan untuk hamba-Nya di bulan suci Ramadhan.

Pertama, Allah mengampuni dosa-dosa melalui ibadah puasa Ramadhan. Dan kedua, Allah mengampuni dosa-dosa hamba-Nya melalui ibadah sholat Tarawih dan Witir di bulan Ramadhan.

Apakah hanya dua jalur itu saja? Tentu saja tidak.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan rahmat. Masih banyak peluang lain yang bisa kita maksimalkan di bulan Ramadhan untuk merengkuh takwa.

Ada malam Lailatur Qadar, Shalat malam di bulan Ramadhan, sedekah di bulan Ramadhan, hingga membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan.

Itu semua adalah sedikit contoh amalan-amalan sunnah nan berpahala yang bisa kita kerjakan secara rutin di bulan yang penuh berkah ini.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Karena amalan ibadah di bulan Ramadhan cukup banyak dan padat, maka sebaiknya kita persiapkan diri dengan baik. Jagalah kesehatan jasmani, dan jaga pula hati akan tetap mengingat Allah baik di waktu lapang maupun sempit.

Semoga Allah memberikan hidayah, inayah, dan keberkahan kepada kita semua agar bisa memetik keutamaan di bulan Ramadhan tahun 2022 secara maksimal.

Saudara-saudari yang saya hormati;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Mohon maaf atas segala kesalahan baik itu disengaja maupun tidak disengaja.

Saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Pidato Marhaban Ya Ramadhan 1443 Hijriah Beserta Pantun

Download Teks Pidato Ramadhan Bulan Penuh Ampunan PDF

Bagaimana dengan contoh teks pidato di atas? Cukup bagus, kan? Ya, pidato Ramadhan Bulan Penuh Ampunan di atas sudah dilengkapi dengan kalimat pembuka, isi pidato, dan penutup pidato.

Selain itu, ada pula dalil berupa hadis shahih yang dilengkapi dengan bacaan latin sekaligus terjemahannya.

O ya, Gurupenyemangat.com juga sudah menyiapkan file dokumen unduhan teks pidato Ramadhan yang bisa di-download secara gratis.

Silakan tekan tombol download untuk mendapatkan dokumen PDF-nya.

Pidato Ramadhan Bulan Ampunan PDF

***

Boleh Baca: Pidato Singkat Menyambut Bulan Suci Ramadhan Tahun 2022, Lengkap dengan Dalilnya

Demikianlah tadi sajian lengkap Guru Penyemangat tentang contoh teks pidato Ramadhan bulan penuh Ampunan yang mudah untuk dihafal.

Semoga bermanfaat ya.
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Teks Pidato Ramadhan Bulan Penuh Ampunan yang Mudah Dihafal"