Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Inilah 11 Manfaat Olahan Susu Kedelai Bagi Anak, Alternatif Buat Si Alergi Susu Sapi dan Gluten

Manfaat Olahan Susu Kedelai Bagi Anak, Alternatif bagi Si Alergi Susu Sapi dan Gluten
Manfaat Olahan Susu Kedelai Bagi Anak, Alternatif bagi Si Alergi Susu Sapi dan Gluten. Gambar oleh bigfatcat dari Pixabay 

Hai Sobat Sehat Guru Penyemangat;

Sejatinya susu adalah salah satu minuman penting dan kaya kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Oleh sebab itu, ASI berfungsi menjadi sumber energi utama bagi kehidupan anak yang baru dilahirkan dengan melakukan program ASI Eksklusif.

Bisa pula memilih menggunakan produk susu berformula khusus yang sudah banyak tersedia di masyarakat karena alasan tertentu misal di bidang medis.

Hal tersebut berlaku ketika terdapat kasus ibu yang kesulitan memproduksi ASI atau anak menderita alergi susu sapi.

Salah satu alternatifnya adalah mengonsumsi sari kedelai atau bisa juga disebut susu kedelai dan soya. 

Salah satu olahan dari bahan baku kedelai yang tahun ini mengalami kenaikan harga merupakan jenis minuman susu nabati yang dibuat dari kedelai.

Perlu Sobat ketahui, segelas susu kedelai murni mengandung sekitar 100 kalori dan berbagai nutrisi lain, seperti protein, karbohidrat, lemak, dan serat.

Tak lupa kandungan vitamin dan mineral pun terdapat di dalamnya seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin E, kalsium, kalium, zat besi, dan fosfor.

Bahkan, susu kedelai juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan isoflavon.

Dari rentetan kandungan yang dimiliki susu kedelai menunjukkan bahwa minuman alami dari tumbuhan kedelai ini aman dan sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan anak.

Oleh sebab itu, dalam artikel ini akan terangkum informasi terkait beragam manfaat yang bisa diperoleh dari minuman susu kedelai yang dilansir dari berbagai sumber antara lain:

Manfaat Olahan Susu Kedelai Bagi Anak

Manfaat Olahan Susu Kedelai Bagi Anak
Manfaat Olahan Susu Kedelai Bagi Anak. Gambar oleh bigfatcat dari Pixabay

1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pangan yang tinggi pada susu kedelai dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga anak dapat terhindar dari masalah pencernaan seperti susah buang air besar, wasir, dan sembelit.

Dipadukan antioksidan isoflavon yang terkandung di dalamnya juga dapat meningkatkan penyerapan makanan usus agar sistem pencernaan berjalan lebih lancar.

 2. Mencegah Anemia

Jika anak sering rewel ketika diberikan makanan berupa sayur atau memiliki alergi terhadap susu sapi, konsumsi susu kedelai bisa jadi pilihan alternatif lho.

Terang saja, susu kedelai juga berisi lebih banyak magnesium, tembaga, dan mangan dari susu sapi. 

Lebih dari itu, susu kedelai pula mengandung 42 kali jumlah mangan sehingga membantu melengkapi kebutuhan untuk memproduksi sel darah merah agar dapat mengurangi risiko anak mengalami anemia.

Boleh Baca: Khawatir Terkena Anemia? Coba Konsumsi Kacang Mete

3. Membantu Proses Pertumbuhan Sel Tubuh

Kandungan susu kedelai yang kaya akan protein dan mengandung asam amino yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh anak.

Selain itu, susu kedelai mengandung empat kali lebih banyak jumlah thiamin (vitamin B1) dan hampir dua kali jumlah niasin (vitamin B3) jika dibandingkan dengan kandungan di dalam susu sapi. 

4. Membantu Mengontrol Gula Darah

Mengosumsi susu kedelai bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan gula darah karena mengandung indeks glikemik rendah, lemak jenuh yang rendah, dan serat yang lebih tinggi.

Susu kedelai juga rendah laktosa. Hal ini membuat susu kedelai juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa atau anak yang kesulitan mencerna laktosa.

Boleh Baca: Ternyata Buah Belimbing juga Mampu Menstabilkan Gula Darah Lho!

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Darah

Vitamin K yang terdapat pada susu kedelai berperan menghasilkan protrombin, yaitu protein khusus yang berfungsi untuk mempercepat pembekuan darah bilamana anak mengalami luka atau berakibat pendarahan.

Selain itu, kadar asam lemak dan omega dapat membantu pembuluh darah meminimalisir terkena lesi dan pendarahan. 

Sementara itu, untuk menguatkan metabolisme tulang didapat dari Isoflavon yang dapat mengatasi masalah kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis.  

6. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Sari kedelai dengan komposisi protein, vitamin, dan mineral selain berpotensi untuk mendukung kinerja sel darah putih dan menghasilkan antibodi juga mampu menjadi sumber antioksidan.

Sebagaimana yang kita ketahui, antioksidan adalah pelindung sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bakteri atau virus sehingga dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh hingga melindungi dari penyakit yang rentan menyerang anak-anak. 

7. Memperbaiki Pertumbuhan Rambut Anak

Protein susu kedelai dinilai dapat merangsang dan memperbaiki sistem pertumbuhan rambut anak.

Dengan memberikan susu kedelai, kondisi rambut diyakini bisa tumbuh lebih cepat, lebat, dan merata. 

Dalam hal ini, susu kedelai tidak hanya dapat diaplikasikan secara oral namun topikal dengan langsung mengoleskannya ke permukaan kulit kepala atau rambut.

Boleh Baca: Ragam Manfaat Mengonsumsi Buah Pepaya Bagi Anak, Salah Satunya dapat Merawat Kesehatan Kulit dan Rambut

 8. Menjaga Kesehatan Mata

Selain berisi karbohidrat, protein, dan kalsium, dalam susu kedelai juga diketahui terdapat kandungan isoflavone genistein yang dapat mencegah mata dari penyakit katarak.

Dengan demikian, mengonsumsi susu kedelai sejak anak-anak juga akan mampu menghindarkan dari ancaman sakit mata seperti katarak. 

9. Mencegah Obsesitas

Satu lagi manfaat dari Isoflavone pada susu kedelai adalah memiliki efek hormonal yang dapat menghambat pembentukan sel lemak.

Selain itu, susu kedelai juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh karena lebih rendah kalori sehingga mampu mencegah dari gangguan malnutrisi.

Gangguan malnutrisi misalnya obesitas pada anak termasuk kasus kegemukan akibat faktor genetik yang tentu saja harus disertai olahraga teratur.

Boleh Baca: Tidak Hanya Obesitas, Inilah Ragam Dampak Buruk Bila Anak Kelebihan Asupan Protein

10. Menjadi Susu Alternatif Pengganti Susu Sapi

Susu kedelai bisa menjadi pilihan alternatif bagi anak yang tidak dapat mengonsumsi susu sapi karena alergi atau intoleransi laktosa.

Susu kedelai murni juga tidak mengandung gluten, sehingga cocok dikonsumsi anak pemilik riwayat alergi gluten atau penyakit celiac yang bisa timbulkan reaksi gangguan pencernaan seperti diare. 

11. Membangkitkan Mood Anak 

Susu kedelai yang mengandung vitamin B6 dan vitamin B kompleks ternyata juga berpengaruh dalam meningkatkan mood anak.

Didukung magnesium yang bisa melepaskan hormon serotonin dalam tubuh yang sekaligus bersifat antidepresan atau pereda stres.

Di samping itu, mengelola emosi atau mood juga dapat dijaga dengan cara memperhatikan pola asuh anak.

***

Demikian penjelasan terkait beberapa manfaat sari kedelai bagi kesehatan anak yang perlu diketahui oleh Sobat Guru Penyemangat.

Bukan cuma sebagai pengganti susu sapi untuk anak yang memang punya kebutuhan akan asupan gizi khusus, ternyata sari kedelai memberikan multimanfaat yang baik terhadap kesehatan anak sehingga mereka senantiasa bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Semoga bermanfaat
Salam

Ditulis oleh: Devani Imario Putri

Referensi:

  • Fitrah Yani, Indah. 2021. 15 Manfaat Susu Kedelai yang Penting bagi Tubuh. Diakses di https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-susu-kedelai-bagi-kesehatan/?amp=1 pada 15 Maret 2022
  • Rizal Makarim, Fadhli. 2021. Tak Kalah dengan Susu Sapi, Ini 6 Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan. Diakses di https://www.halodoc.com/artikel/tak-kalah-dengan-susu-sapi-ini-6-manfaat-susu-kedelai-bagi-kesehatan pada 15 Maret 2022

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Inilah 11 Manfaat Olahan Susu Kedelai Bagi Anak, Alternatif Buat Si Alergi Susu Sapi dan Gluten"