Widget HTML #1

5 Manfaat Mengonsumsi Buah Mengkudu bagi Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Buah Mengkudu bagi Kesehatan
Manfaat Mengonsumsi Buah Mengkudu bagi Kesehatan. Gambar oleh Brian Dorff dari Pixabay 

Buah mengkudu atau Morinda Citrifolia merupakan buah yang berwarna hijau dan sering dijumpai di negara India, Australia, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Buah yang satu ini cukup terkenal karena manfaatnya sebagai obat herbal.

Buah mengkudu mengandung berbagai nutrisi yang meliputi: Karbohidrat, protein, gula, vitamin C, vitamin E, folat, biotin, kalsium, magnesium, dan kalium.

Selain itu, buah mengkudu juga mengandung antioksidan, seperti saponin, dan flavonoid.

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan memang sudah diketahui sejak lama.

Meskipun buah mengkudu memiliki rasa yang pahit, tetapi buah yang satu ini memiliki manfaat yang beragam. Nah, berikut sajiannya:

Manfaat Mengonsumsi Buah Mengkudu bagi Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan
Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan. Gambar oleh Erica Lamb dari Pixabay

1. Mencegah dan Memperbaiki Sel Tubuh yang Rusak

Sel-sel dan jaringan tubuh dapat dengan cepat rusak apabila tubuh sering terpapar radikal bebas, seperti polusi, asap rokok, racun, dan paparan sinar matahari berlebih.

Apabila terlalu sering terpapar radikal bebas, maka sel-sel tubuh akan cepat rusak dan dapat menimbulkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker.

Buah mengkudu telah diketahui bisa mengurangi kadar radikal bebas serta memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat paparan zat tersebut.

Akan tetapi, supaya manfaat buah mengkudu ini lebih maksimal, kamu perlu menjalani gaya hidup yang sehat, yaitu dengan tidak merokok, rutin berolahraga, dan waktu istirahat yang cukup.

Boleh Baca: Yuk Cek Ragam Manfaat Mengonsumsi Buah Belimbing!

2. Menjaga Kadar Kolesterol dalam Darah

Hasil riset menunjukkan bahwa ekstrak atau jus buah mengkudu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sehingga sangat baik untuk mencegah terjadinya penumpukan kolesterol di pembuluh darah.

Karena, apabila terjadi penumpukan kolesterol di dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Efek ini dikarenakan buah mengkudu mengandung zat antioksidan dan antiradang yang tinggi.

3. Mengurangi Nyeri Sendi

Buah mengkudu sudah digunakan dengan cara tradisional untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh peradangan di dalam tubuh.

Ekstrak buah ini juga dapat mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi, seperti pada penderita osteoarthritis.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selanjutnya, buah mengkudu memiliki manfaat untuk  memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan sistem imun tubuh yang kuat, maka tubuh tidak akan mudah untuk terjangkit penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Boleh Baca: Ingin Jantung Tetap Sehat? Cobain Minyak Alpukat

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Tubuh yang memiliki kadar gula darah tinggi dan tidak terkontrol, kelamaan dapat menimbulkan terjadinya diabetes tipe 2.

Oleh karena itu, supaya dapat mencegah penyakit tersebut, kamu perlu menerapkan gaya hidup sehat dan mengurangi konsumsi gula, berolahraga secara rutin, dan memperbanyak mengonsumsi buah dan sayuran.

Sebuah riset menunjukkan bahwa mengonsumsi buah mengkudu bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Karena buah mengkudu memiliki manfaat meningkatkan efektivitas hormon insulin untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

***

Selain manfaat yang sudah ada di atas, sebenarnya masih ada berbagai manfaat lain dari buah mengkudu, seperti mengontrol tekanan darah, mengurangi rasa mual, serta meningkatkan stamina pada tubuh.

Akan tetapi, berbagai manfaat tersebut belum diteliti lebih lanjut.

Demikianlah tadi sajian tentang ragam manfaat dari mengonsumsi buah mengkudu bagi kesehatan.

Semoga bermanfaat
Salam

Ditulis oleh: Anita Putri Kirana

Lanjut Baca: Inilah 5 Manfaat Kacang Mete, Ternyata Bagus untuk Kesehatan Lho!

Referensi:

  • Algenstaedt, P., Stumpenhagen, A., & Westendorf, J. (2018). The Effect of Morinda citrifolia L. Fruit Juice on the Blood Sugar Level and Other Serum Parameters in Patients with Diabetes Type 2. Evidence-based Complementary and Alternative Medicine, doi: 10.1155/2018/3565427.
  • Inada, et al. (2020). Therapeutic Effects of Morinda citrifolia Linn. (Noni) Aqueous Fruit Extract on the Glucose and Lipid Metabolism in High-Fat/High-Fructose-Fed Swiss Mice. Nutrients, 12(11), pp. 3439.
  • LiverTox: Clinical and Research Information on Drug-Induced Liver Injury. NCBI Bookshelf (2020). Noni.
  • Nowak, et al. (2019). Effects of Acute Consumption of Noni and Chokeberry Juices vs. Energy Drinks on Blood. Evidence-based Complementary and Alternative Medicine, doi: 10.1155/2019/6076751.
  • Oly-Alawuba, N. & Iwunze, A. (2019). Evaluation of Nutrient, Antinutrient and Phytochemical Properties of Noni Fruit (Morinda citrifolia). Current Developments in Nutrition, doi: 10.1093/cdn/nzz034.P10-047-19.
  • Wong, C. Verywell Fit (2020). Health Benefits of Noni Juice.
  • Yan, et al. (2018). Quantitative Determination of Bioactive Constituents in Noni Juice by High-performance Liquid Chromatography with Electrospray Ionization Triple Quadrupole Mass Spectrometry. Pharmacognosy Magazine, 14(53), pp. 70–75
  • Zamarripa, M. Healthline (2019). What Is Noni Juice? Everything You Need to Know.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Mengonsumsi Buah Mengkudu bagi Kesehatan"