Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 6 Manfaat Mengonsumsi Buah Belimbing bagi Anak

Manfaat Mengonsumsi Buah Belimbing bagi Anak
Manfaat Mengonsumsi Buah Belimbing bagi Anak. Gambar oleh christian ananta dari Pixabay

Hai Sobat Sehat Guru Penyemangat;

Buah belimbing merupakan salah satu buah yang sangat populer dari golongan iklim tropis. Buah yang memiliki nama latin Averrhoa carambola ini merupakan buah yang menyegarkan dengan rasa yang khas, yaitu asam dan manis.

Rasanya yang khas tentu membuat semua orang menyukai buah belimbing ini, baik orang yang sudah dewasa maupun yang masih anak-anak.

Selain memiliki rasa yang enak, buah belimbing juga dapat salah dijadikan sebagai pengobatan ayurveda. Ini banyak digunakan di negara China, India, dan Brazil.

O ya. Buah belimbing mengandung serat dan vitamin C yang tinggi.

Hal ini dibuktikan dalam satu buah belimbing yang berukuran sedang atau sekitar 90 gram saja, setidaknya telah mengandung 3 gram serat, 1 gram protein, dan memenuhi 52% kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Selain kandungan yang tinggi serat dan vitamin, buah belimbing juga rendah kalori. Pada satu buah belimbing yang berukuran sedang, terdapat sekitar 30 kalori dan 5 gram karbohidrat.

Jadi tak perlu khawatir bagi kamu yang sedang melakukan diet.

Buah belimbing juga terdapat mineral yang baik untuk kesehatan, seperti magnesium, zat besi, potasium, mangan, β-karoten, serta sejumlah vitamin, mulai dari vitamin A, B3 (niasin), B9 (asam folat),  dan vitamin C (asam L-askorbat)..

Karena berbagai kandungan nutrisinya, wajar saja jika mengonsumsi buah belimbing dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Berikut Gurupenyemangat.com sajikan sederet manfaat mengonsumsi buah belimbing khususnya bagi anak-anak.

6 Manfaat Mengonsumsi Buah Belimbing bagi Anak

Manfaat Mengonsumsi Buah Belimbing
Manfaat Mengonsumsi Buah Belimbing. Gambar oleh Richard Mcall dari Pixabay

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dan natrium yang ada pada buah belimbing merupakan elektrolit yang bisa menjaga tekanan darah dan denyut jantung supaya tetap stabil.

Selain kalium, kandungan kalsium pada buah belimbing juga bisa membantu otot pembuluh darah menjadi rileks, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya peningkatan tekanan darah.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam 100 gram buah belimbing mengandung sekitar 34mg vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh anak, supaya tidak mudah untuk terserang penyakit.

Selain itu, buah belimbing juga terdapat antioksidan seperti quercetin, gallic, dan epicatechin yang dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Boleh Baca: Awas! Inilah Beberapa Dampak Bila Anak Kelebihan Asupan Protein

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat dan air pada buah belimbing dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, sehingga menurunkan risiko terjadinya sembelit.

4. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Perlu diketahui, kandungan serat pada buah belimbing tak hanya baik untuk sistem pencernaan saja, tetapi juga dapat berperan dalam menjaga kadar gula darah tetap seimbang.

Boleh Baca: Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ketika anak sedang aktif, maka sangat tinggi risiko terjatuh dan mengalami luka. Nah, belimbing merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Ketika anak mengalami luka, vitamin C dapat membantu memproduksi kolagen dan memperbaiki jaringan yang rusak, sehingga mempercepat untuk penyembuhan luka.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

Belimbing memiliki efek anti radang yang bermanfaat untuk manjaga kesehatan sistem pernapasan. Bahkan buah belimbing diyakini dapat membantu mengencerkan dahak, sehingga bisa dijadikan sebagai terapi ketika anak sedang mengalami infeksi saluran pernapasan.

Mengetahui banyaknya manfaat pada buah belimbing untuk kesehatan anak, mulai sekarang orang tua dapat memasukkan buah ini ke dalam menu hariannya.

Selain memberikan buah belimbing, anak juga tetap harus mendapatkan sumber nutrisi yang lain, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. 

*

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh anak apabila mengonsumsi buah belimbing. Semoga bermanfaat.

Salam.
Ditulis oleh: Anita Putri Kirana

Lanjut Baca: Tidak Hanya Baik untuk Kulit, Inilah Ragam Manfaat Minyak Alpukat yang Jarang Orang Ketahui

Referensi:

  • Frey, M. Verywell Fit (2021). Star Fruit Nutrition Facts and Health Benefits.
  • Gunnars, K. Healthline (2019). Star Fruit 101 — Is It Good for You?
  • Kumar, H. & Arora, T. (2016). Starfruit: A Fruit for Healthy Life. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry. 6 (3), pp. 132-137.
  • Lakmal, K., Yasawardene, P., Jayarajah, U., & Seneviratne, S. L. (2021). Nutritional and Medicinal Properties of Star Fruit (Averrhoa carambola): A Review. Food Science & Nutrition, 9(3), pp. 1810–1823.
  • Muthu, N., Lee, S. Y., Phua, K. K., & Bhore, S. J. (2016). Nutritional, Medicinal and Toxicological Attributes of Star-Fruits (Averrhoa carambola L.). A Review. Bioinformation. 12 (12), pp. 420-424.
  • Pharm, D. MedicineNet (2020). How Do You Eat a Star Fruit?
  • Singh, K., et al. (2018). Antioxidants as Precision Weapons in War Against Cancer Chemotherapy Induced Toxicity - Exploring the Armoury of Obscurity. Saudi Pharmaceutical Journal: SPJ: The Official Publication of The Saudi Pharmaceutical Society, 26(2), pp. 177–190.
  • U. S. Department of Agriculture (2019). Food Data Central: Carambola, (Starfruit), Raw.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Inilah 6 Manfaat Mengonsumsi Buah Belimbing bagi Anak"

Promo Cashback & Voucher Shopee