Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Susunan Acara dan Teks MC Peringatan Hari Ibu Tahun 2021, Lengkap dengan Ide Kegiatan

Contoh Susunan Acara dan Teks MC Peringatan Hari Ibu Lengkap dengan Ide Kegiatan
Contoh Susunan Acara dan Teks MC Peringatan Hari Ibu Lengkap dengan Ide Kegiatan. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sobat Guru Penyemangat, mungkinkah dalam beberapa hari ini dirimu sedang sibuk meracik acara bin kegiatan demi memeriahkan Hari Ibu Nasional Tahun 2021?

Jika iya, maka rasanya tulisan dari Gurupenyemangat.com yang satu ini cocok untukmu.

Terang saja, agaknya kita sebagai seorang anak sekaligus generasi muda merasa perlu kan untuk mengadakan kegiatan yang mengundang banyak kebermanfaatan.

Contohnya seperti event-event yang bertema Hari Ibu Nasional. Bukankah ada segudang ide dan konsep yang menarik untuk memeriahkan Hari Bahagianya Para Mama di Indonesia?

Benar sekali. Ada banyak ide kegiatan yang bisa kita laksanakan untuk menyambut Hari Ibu 22 Desember 2021. Contohnya seperti:

Segenap ide dan konsep kegiatan Hari Ibu di atas rasanya sudah nyangkut di benak para pejabat pemerintah atau komunitas yang peduli dengan perempuan.

Maka dari itulah, untuk mendukung suksesnya acara tersebut, di sini Guru Penyemangat bakal menyajikan contoh susunan acara dan teks MC kegiatan Hari Ibu.

Contoh susunan acara dan teks MC peringatan Hari Ibu berikut bisa disesuaikan dengan ide dan konsep kegiatan di sekolah, lembaga, atau di desamu.

Baiklah langsung disimak saja ya:

Contoh Susunan Acara Kegiatan Hari Ibu 22 Desember Tahun 2021

Contoh Susunan Acara Kegiatan Hari Ibu 22 Desember
Contoh Susunan Acara Kegiatan Hari Ibu 22 Desember. Dok. Gurupenyemangat.com

Meracik susunan acara kegiatan peringatan Hari Ibu Nasional 22 Desember 2021 tidak begitu sulit. Para penanggung jawab acara hanya perlu menyesuaikan dengan tema kegiatan, konsep kegiatan, serta para tamu undangan yang bakal hadir.

Kegiatan Hari Ibu bisa dilaksanakan di lingkungan sekolah, di masyarakat, atau bahkan di instansi pemerintah. Isi dan konsepnya? Bisa tentang perlombaan, pelatihan, atau kegiatan berbasis agama.

Berikut Guru Penyemangat sajikan contoh susunan acara Hari Ibu dengan beragam versi:

Susunan Acara Hari Ibu Versi 1:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran
  3. Sambutan
  4. Pembacaan Puisi Ibu
  5. Tausyiah Tentang Ibu
  6. Penampilan Nasyid
  7. Doa
  8. Penutup

Susunan Acara Peringatan Hari Ibu Versi 2:

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  3. Sambutan
  4. Pembacaan Puisi Tentang Ibu
  5. Penyampaian Materi Seminar Pemberdayaan Perempuan 
  6. Menyanyikan Lagu Ibu
  7. Doa
  8. Penutup

Nah, bila Sobat Guru Penyemangat punya konsep atau tambahan ide acara Hari Ibu, silakan sesuaikan waktu dan penempatan urutan kegiatan.

Boleh Baca: Contoh Sambutan Kegiatan Hari Ibu 22 Desember Singkat

Perlu diketahui, bila acara sambutan terdiri atas 2-3 orang, maka utamakanlah pejabat dengan pangkat terendah untuk menyampaikan sambutan. Misalnya, Ketua Panitia-Kepala Desa-Bupati.

Teks MC Peringatan Hari Ibu

Teks MC Peringatan Hari Ibu
Teks MC Peringatan Hari Ibu. Dok. Gurupenyemangat.com

O ya, selain daripada susunan acara kegiatan untuk memeriahkan peringatan Hari Ibu Nasional, Guru Penyemangat pula sudah menyiapkan contoh teks MC untuk acara Hari Ibu.

Berikut Guru Penyemangat sajikan contoh teks MC Hari Ibu dengan acara pelatihan kewirausahaan untuk Ibu Rumah Tangga yang digelar oleh pemerintah desa.

*
Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh
Salam sehat dan salam bahagia untuk kita semua
Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ala rasulillah wa ala alihi wasohbihi wa mauwwalah.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Desa “Guru Penyemangat” beserta segenap jajarannya
Yang terhormat, Bapak/Ibu Ketua BMA/Imam Masjid Desa “Guru Penyemangat” beserta segenap jajarannya
Yang terhormat, Bapak/Ibu warga desa “Guru Penyemangat”
Yang terhormat, Bapak/Ibu…..selaku pemateri kegiatan
Serta segenap peserta pelatihan bisnis untuk Ibu Rumah Tangga yang berbahagia;

Mengawali kegiatan ini, marilah kita panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat sehat dan sempat sehingga kita semua bisa berkumpul di ruangan/lapangan desa “Guru Penyemangat” dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ibu.

Sholawat dan salam mari kita sampaikan kepada Nabi Akhir Zaman, Sayyidina Muhammad SAW. Mudah-mudahan dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak/Ibu serta saudara-saudari warga desa “Guru Penyemangat” yang berbahagia, berikut saya sampaikan susunan acara kegiatan pelatihan kewirausahaan untuk Ibu Rumah Tangga, Rabu 22 Desember 2021.

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  3. Sambutan
  4. Pembacaan Puisi Tentang Ibu
  5. Penyampaian Materi Pelatihan Kewirausahaan untuk Ibu Rumah Tangga desa “Guru Penyemangat”
  6. Penampilan Akustik/Solosong Lagu Ibu
  7. Doa
  8. Penutup

*Silakan ganti kata-kata "Guru Penyemangat" dengan nama desa/daerah tempat digelarnya kegiatan.

Boleh Baca: Pidato Tentang Pengorbanan dan Perjuangan Ibu Singkat dan Menyentuh Hati

Kita masuki acara yang pertama yaitu pembukaan. Supaya kegiatan pelatihan hari ini mendapat berkah dan ridha dari Allah, marilah bersama kita buka dengan mengucapkan lafaz basmalah, “Bismillahirrohmanirrohim”.

Acara telah resmi dibuka. Sekarang kita masuki acara yang kedua yaitu menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya. Demi hikmatnya acara ini, dimohon kepada para tamu undangan dan segenap peserta untuk berdiri.

Baiklah, kita berangkat menuju acara yang ketiga yaitu sambutan-sambutan. Adapun sambutan pertama akan disampaikan oleh Ketua Panitia kegiatan. Kepada Bapak/Ibu….disilakan.

Kita berpindah ke acara berikutnya yaitu sambutan Kepala Desa “Guru Penyemangat” sekaligus membuka acara pelatihan kewirausahaan untuk Ibu Rumah Tangga. Kepada Bapak/Ibu disilakan dengan segala hormat.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari yang berbahagia;

Kita masuki acara yang keempat yaitu pembacaan Puisi Ibu yang dalam hal ini akan disampaikan oleh Ananda….. Kepada Ananda…..disilakan.

Tibalah kita di acara inti yaitu penyampaian materi pelatihan kewirausahaan untu Ibu Rumah Tangga yang dalam hal ini akan disampaikan oleh Bapak/Ibu…. Kepada Bapak/Ibu disilakan.

Bapak, Ibu, serta segenap peserta yang berbahagia;

Demikianlah tadi penyampaikan materi pelatihan kewirausahaan untuk Ibu Rumah Tangga yang disampaikan oleh Bapak/Ibu….

Kita lanjutkan acara yang keenam yaitu penampilan akustik/solosong lagu Ibu yang dalam hal ini akan dibawakan oleh saudara/i. Kepadanya disilakan.

Kita masuki acara berikutnya yaitu doa yang mana akan disampaikan oleh Bapak…. Kepada Bapak disilakan.

Acara demi acara telah kita lewati, dan sekarang tibalah kita di acara penutup. Sebelum kegiatan ini ditutup, saya selaku pembawa acara memohon maaf atas segala khilaf dan salah. Marilah kita tutup kegiatan hari ini dengan membaca lafaz Hamdalah, “Alhamdulillahirobbil’alamin”.

Saya akhiri; Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

***

Nah, demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang contoh susunan acara dan teks MC dalam rangka peringatan Hari Ibu 22 Desember tahun 2021.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Susunan Acara dan Teks MC Peringatan Hari Ibu Tahun 2021, Lengkap dengan Ide Kegiatan"