Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Makanan Kucing Royal Canin, Begini Kelebihan dan Manfaatnya untuk Si Anabul

Review Makanan Kucing Royal Canin
Review Makanan Kucing Royal Canin. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai Cat Lovers, Bagaimana Kabar Si Anabul Tersayang Hari Ini?

Semoga si meong tersayang sehat-sehat saja dan makin lincah, ya.

Sebagaimana yang kita ketahui, pemilihan makanan menjadi salah satu faktor utama yang menunjang tumbuh kembang dan kesehatan kucing, apa pun ras dan jenisnya.

Dan sekarang, yang masyhur terdengar di telinga kita mengenai cat food salah satunya ialah produk Royal Canin.

Terang saja, sebagai produsen makanan kucing dan anjing asal Prancis sekaligus anak perusahaan dari Mars, Incorporated, Royal Canin sudah berdiri secara sah sejak tahun 1960-an.

Beruntungnya, sekarang merek makanan kucing yang satu ini sudah bisa diorder di Indonesia baik melalui laman resmi Royalcanin.id dengan cara daftar akun, di marketplace, hingga pet shop terdekat.

Tapi, seperti apa sih penampakan makanan kucing Royal Canin? Bagaimana pula kelebihan dan manfaatnya bagi si anabul? Berikut Gurupenyemangat.com sajikan ulasannya:

Macam-macam Royal Canin dan Manfaatnya

Secara umum, Royal Canin menyajikan beragam produk premium dan unggulan terkait dengan makanan kucing dan anjing. Namun pada ulasan kali ini Gurupenyemangat.com fokus ke Review makanan kucingnya, ya.

Sepintas, ada 4 kategori cat food Royal Canin mulai dari Royal Canin untuk kitten, untuk kucing dewasa, untuk ibu dan bayi kucing hingga kucing ras. Hal ini pula mencakup kategori usianya.

Selain itu, merek makanan kucing yang satu ini menyediakan jenis makanan kering dan basah dengan berbagai varian.

Royal Canin Kitten

Royal Canin Kitten
Royal Canin Kitten. Dok. Royalcanin.id

Teruntuk makanan kucing kitten, ada beberapa varian yang bisa dipilih mulai dari Royal Canin Kitten, Royal Canin Kitten Maine Coon, dan Royal Canin Kitten Persian.

Untuk kemasan makanan kucing basah, beberapa varian cat food untuk Kitten misalnya Royal Canin Kitten Gravy, Royal Canin Mother & Babycat Milk, hingga Royal Canin Kitten in Jelly.

Ukuran kemasan produk dari makanan kucing Royal Canin untuk kitten ini juga beragam mulai dari 85 gram hingga 10 kg.

Adapun harga Royal Canin Kitten untuk Mother dan Babycat kemasan 400 gram kering misalnya, bisa dibeli mulai dari harga Rp68.000. Sedangkan Royal Canin Kitten basah 85 gram bisa diorder mulai dari harga Rp19.900 untuk produk Gravy.

Manfaat Royal Canin Kitten

Berikut manfaat Royal Canin Kitten untuk anak kucing tersayang:

  1. Mendukung sistem kekebalan tubuh
  2. Mendukung kesehatan pertumbuhan kitten 
  3. Menjaga kesehatan pencernaan kucing
  4. Menunjang sistem metabolisme tubuh
  5. Menambah DHA
  6. Mempermudah proses menyusui anak kucing dari induknya

Royal Canin untuk Kucing Dewasa

Royan Canin for Adult
Royan Canin for Adult. Dok. Royalcanin.id

Ada beragam varian produk makanan kucing Royal Canin yang diformulasikan khusus untuk kucing dewasa (Adult) yang diseiramakan dengan lifestyle maupun care preference si anabul.

Beberapa variannya seperti Royal Canin Indoor 27, Royal Canin Fit 32, Royal Canin Adult Maine, hingga Royal Canin Hair & Skincare.

Beberapa pilihan produk makanan kucing basah yang digemari anabul misalnya Royal Canin Instinctive in Gravy, Royal Canin Intense Beauty Gravy, Royal Canin Intense Beauty in Jelly, Urinary Care in Gravy, hingga Royal Canin Adult Persian.

Teruntuk harga, Royal Canin kering untuk kucing dewasa bisa dipesan mulai dari Rp63.000/400 gram. Sedangkan wet food 85 gram dijual dari harga Rp19.900.

Manfaat Makanan Kucing Royal Canin untuk Kucing Dewasa

Berikut segenap manfaat bagi kucing yang rutin mengonsumsi Cat Food Royal Canin for Adult:

  1. Mendapatkan formulasi nutrisi seimbang dan optimal
  2. Mendukung berat badan kucing ideal
  3. Mengurangi hairball
  4. Menyehatkan kulit dan bulu kucing
  5. Mendukung pertumbuhan rambut dan pembaharuan kulit yang sehat dan indah

Royal Canin untuk Kucing Ras

Royal Canin Adult Persian
Royal Canin Adult Persian. Dok. Royalcanin.id

Secara khusus merek makanan kucing Royal Canin juga menyediakan pilihan cemilan untuk kucing ras seperti ras Persia dan Maine Coon.

Adapun varian produknya baik makanan kucing kering dan basah mulai dari Royal Canin Adult Persian, Royal Canin Adult Maine Coon untuk Kitten dan Adult.

Boleh Baca: Rekomendasi Makanan Kucing Exotic Shorthair dengan Asupan Gizi Terbaik

Manfaat Makanan Kucing Royal Canin Persian dan Maine Coon

Berikut Guru Penyemangat rangkum segenap manfaat makanan kucing Royal Canin untuk kucing Ras:

  1. Memaksimalkan kinerja pencernaan
  2. Mengurangi Hairball
  3. Mendukung bulu kucing yang sehat
  4. Menunjang sistem pertahanan tubuh

Kelebihan Makanan Kucing Royal Canin

Cat Lovers, dari beragam varian produk Royal Canin di atas sejatinya kita sudah bisa menyimpulkan beberapa manfaat dan kelebihan makanan kucing yang satu ini.

Nah, secara lengkap ada segenap kelebihan makanan kucing Royal Canin yang meliputi:

1. Kibble Mudah Dikunyah dan Disukai Kucing

Kibble Makanan Kucing Royal Canin Lunak dan Mudah Dicerna
Kibble Makanan Kucing Royal Canin Lunak dan Mudah Dicerna. Dok. Royalcanin.id

Kelebihan utama yang perlu kita cermati pada Royal Canin adalah kemudahan si anabul dalam mengonsumsi, mengunyah, hingga mencerna makanan kucing.

Beruntungnya, merek makanan kucing Royal Canin khususnya seperti varian Gravy baik basah maupun kering sangat mudah dikunyah oleh kitten karena disajikan berupa potongan daging dalam jelly.

Lebih khusus daripada itu, produk makanan Royal Canin Indoor 27 untuk kucing dewasa pula mengandung protein yang sangat mudah dicerna (L.I.P.) dengan daya cernanya yang sangat tinggi.

Karena multimanfaat, protein L.I.P mampu membantu mengurangi jumlah dan bau kotoran anabul tersayang.

Boleh Baca: Review Makanan Kucing Excel, Bisa Mengurangi Bau Kotoran Si Meong

2. Mendukung Daya Tahan Tubuh Alami Kucing

Pada masa pertumbuhan, daya tahan tubuh kucing adalah hal utama yang perlu kita perhatikan. 

Pengalaman pribadi, kitten peliharaan Guru Penyemangat beberapa kali mati gara-gara daya tahan tubuhnya yang lemah.

Bukan apa-apa, perubahan cuaca yang mendadak serta kinerja pencernaan yang tidak optimal menyebabkan anak kucing mudah terserang penyakit.

Tapi di sini, Royan Canin hadir dengan kandungan antioksidan yang dipatenkan serta mengandung zat protein dengan tingkat daya cerna menyentuh angka 90%.

3. Optimal Mengurangi Hairball

Kucing rumahan alias kucing yang aktivitasnya lebih banyak di rumah rentan mengalami kasus hairball alias bola rambut pada bulu. Hal ini menyebabkan kucing terlihat berantakan dan kucing pun bisa tertelan oleh hairball-nya sendiri.

Namun, produk Royal Canin mempunyai serat makanan khusus seperti psyllium yang mampu menstimulasi pengeluaran rambut yang tertelan oleh anabul sehingga mampu mengurasi hairball secara optimal.

4. Nutrisi Lengkap untuk Membantu Perkembangan Otak Anak Kucing dan Proses Menyusui

Periode 0-3 bulan merupakan masa-masa rentan bagi anak kucing karena masih aktif menyusui dan membutuhkan pertahanan tubuh berupa aktioksidan.

Beruntungnya, Royal Canin khususnya varian Mother & Babycat yang dilengkapi dengan DHA dan mengandung nutrisi optimal yang mampu mengurangi zat yang sulit dicerna.

Boleh Baca: Review Makanan Kucing Healty Pet Berserta Manfaatnya

Dengan demikian, pertumbuhan dan perkembangan anak kucing bisa diupayakan secara maksimal.

Selain itu, Cat Lovers pula bisa mencampurkan makanan kucing Royal Canin yang kering dan basah karena tekstur kibble yang lunak memudahkan kucing dalam mengunyah dan menelan makanan.

Apakah Royal Canin Mengandung Babi?

Apakah Royal Canin Mengandung Babi
Apakah Royal Canin Mengandung Babi. Dok. Gurupenyemangat.com

Apakah produk makanan kucing Royal Canin dengan berbagai variannya mengandung babi? Sebelum menetapkan Royal Canin makanan bebas babi atau tidak, kita perlu mencermati kandungan alias komposisi produk.

Komposisi Makanan Kucing Royal Canin Kitten

Protein unggas yang kering, beras, isolat protein nabati (L.I.P), lemak hewani, jagung, protein hewani yang dihidrolisis, gluten jagung, serat nabati, bubur bit, mineral, minyak ikan, ragi, minyak kedelai, sekam dan biji psyllium (0.5%), frukto-oligo-sakarida, ragi yang dihidrolisis (sumber manno-oligo-sakarida), ekstrak marigold (sumber lutein).

Aditif (per kg) yang memuat Zat gizi tambahan: Vitamin A: 20100 IU, Vitamin D3: 710 IU, E1 (Zat besi): 41 mg, E2 (Iodium): 4.1 mg, E4(Tembaga): 8 mg, E5 (Mangan): 53 mg, E6 (Zinc): 159 mg, E8 (Selenium): 0.07 mg – Pengawet: Antioksidan

Analisis komposisi: Protein: 36% - Lemak: 18% - Abu: 7.4% - Serat kasar: 2.4%.

*

Berdasarkan uraian komposisinya, produk makanan kucing Royal Canin banyak mengandung nutrisi, vitamin, protein, hingga zat antioksidan.

Guru Penyemangat secara khusus belum menemukan kode gelatin maupun campuran olahan babi pada produk sehingga dapat dikatakan bahwa Royal Canin halal alias bebas babi.

Boleh Baca: Cara Membedakan Makanan Kucing yang Mengandung Babi

***

Nah, demikianlah tadi ulasan lengkap Guru Penyemangat mengenai review, kelebihan, hingga manfaat makanan kucing Royal Canin dengan beragam varian produknya.

Semoga bermanfaat, ya.
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

1 komentar untuk "Review Makanan Kucing Royal Canin, Begini Kelebihan dan Manfaatnya untuk Si Anabul"

  1. Beberapa varian RC ada yang mengandung babi misal kalo dryfood RC Fit, atau yang basah misal RC Recovery. Jadi tetap cermati tiap komposisinya, dan karena memang tidak ada label suci/halal jadi bisa lebih bijak cara memberikan pakannya.

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)