Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Rekomendasi Makanan Kucing yang Tidak Mengandung Babi (Halal) dan Cara Membedakannya

Makanan Kucing yang Tidak Mengandung Babi (Halal)
Makanan Kucing yang Tidak Mengandung Babi (Halal). Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Cat Lovers. Bagaimana kabar si anabul hari ini?

Sebagai seorang muslim, tentu penting bagi kita untuk memberikan makanan kucing yang berlabel halal.

Terang saja, jikalau kita tilik dari segi kandungan dan teori sains, makanan yang tidak halal umumnya tidak bagus untuk tubuh.

Dan salah satu makanan kucing yang halal adalah biasanya sudah memiliki label halal maupun no pork (tidak mengandung babi) dalam kemasannya.

Syahdan, apa saja merek makanan kucing yang memiliki label halal dan terbukti menyehatkan si meong tersayang?

Berikut Gurupenyemangat.com sajikan segenap rekomendasi makanan kucing yang halal alias tidak mengandung babi beserta cara membedakannya.

So…langsung disimak saja, ya:

Rekomendasi Makanan Kucing Halal dan Tidak Mengandung Babi

Bagi kita pecinta kucing yang ingin memberikan makanan halal untuk kucing kesayangan di rumah, berikut Guru Penyemangat berikan rekomendasi makanan kucing yang tidak mengandung babi.

Aku rasa, segenap merek makanan kucing halal berikut sangat mudah kita temui di pet shop terdekat.

1. Cat Choize

Siapa yang tak kenal dengan merek makanan anabul murah meriah yang satu ini.

Cat Choize mengandung vitamin, nutrisi dan mineral lengkap yang bagus untuk menjaga kesehatan kucing.

Butiran kibble gurihnya sangat cocok untuk semua ras kucing mulai dari Kitten hingga kucing dewasa.

Cat Choize mempunyai tekstur kibble renyah yang membantu meningkatkan visibilitas penglihatan, serta memutihkan gigi kucing.

Selain itu itu, manfaat yang lain dari produk makanan ini adalah mendukung fungsi pencernaan serta menghasilkan bulu dan kulit yang sehat.

Di pet shop, Gurupenyemangat.com sering membeli Cat Choize terutama yang warna hijau kemasan 1kg. Harganya? Rp20.000-22.000/kg.

Jika Cat Lovers masih penasaran dengan produk yang satu ini, silakan baca lebih lanjut di: Review Makanan Kucing Cat Choize Berserta Kelebihan dan Kekurangannya

2. Ori Cat

Masih ingin melirik produk Cat Food lainnya? Tenang, ada pula Makanan Kucing Ori Cat.

Produk yang satu ini mampu membantu mengembangkan otot anak kucing. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan ini antara lain daging sapi, ikan laut, sayuran, daging kambing, dan susu yang sangat disukai kucing.

Lebih daripada itu, Ori Cat tampil dengan kibble yang lumayan kecil sehingga lebih mudah untuk dicerna anak kucing.

Salah satu produk rekomendasi yaitu Ori Cat Kitten Hair & Skin alias makanan anak kucing yang berkualitas premium namun tetap ekonomis.

Makanan untuk anak kucing ini diformulasikan dengan omega 3 dan protein tinggi yang bagus untuk bulu dan kulit agar tidak mudah rontok. Di pet shop harganya juga sebelas dua belas dengan Ori Cat, yaitu Rp20.000-22.000/kg.

Masih penasaran dengan produk Ori Cat? Silakan simak ulasan lengkapnya di: Review Ori Cat, Begini Kelebihan dan Kekurangannya Bagi Si Anabul

3. Life Cat

Life Cat Premium dibuat dari berbagai bahan pilihan berkualitas yang disukai banyak kucing sebab memiliki aroma menggoda serta rasa yang enak. Makanan ini juga hadir dengan bentuk kible sangat sesuai untuk kucing dewasa dan kitten. 

Beberapa komposisi dari makanan kucing ini antara lain jagung, daging ayam, daging ikan, vitamin, mineral, asam amino, vitamin D, vitamin A, vitamin E, minyak ikan, dan terigu.

Di toko makanan kucing, Life Cat bisa kita beli dengan kisaran harga Rp20.000-25.000/Kg.

4. Excel Cat Food

Excel Cat Food merupakan makanan kucing yang tersedia dalam beragam varian rasa maupun bentuk kibble.

Makanan ini juga memiliki kandungan nutrisi penting yang bagus untuk memperindah bulu, menyehatkan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan mata serta memperkuat tulang dan gigi.

Sedikit lebik baik daripada Ori Cat maupun Cat Choize, di dalam setiap kibble Excel Cat Food sudah terkandung zat pengurang bau kotoran kucing. Maka dari itulah makanan yang satu ini sedikit lebih mahal.

Di pet shop, Guru Penyemangat biasanya harus merogoh kocek Rp15.000-17.000/500 Gram.

Jika kamu penasaran dengan produk makanan kucing yang satu ini, silakan simak lebih lanjut ulasan lengkapnya di: Review Makanan Kucing Excel Beserta Keunggulannya

5. Kitchen Flavour

Tidak berbeda jauh, Kitchen Flavour pula cukup diminati oleh para pecinta kucing. Hal ini karena Kitchen Flavour bebas dari kandungan babi serta grain free.

Lebih daripada itu, merk makanan kucing ini mengandung kadar protein cukup tinggi sektar 38%. Kithen Flavour juga hadir dalam 4 varian yakni Beauty, Baby Kitten dan Adult.

Harganya? Jujur Guru Penyemangat belum pernah beli. Namun di marketplace, Kitchen Flavour dibanderol mulai dari Rp99.000-130.000/1,5 kg. Adapun untuk kemasan repack bisa dibeli dengan setengah harga.

6. Jasmine Cat Food

Makanan kucing Jasmine diformulasikan dengan bahan baku yang berkualitas guna memenuhi keperluan nutrisi di semua umur sehingga daya tahan dan kesehatan tubuh kucing bisa terjaga.

Diperkaya dengan mineral, vitamin, serat alamiah dan asam lemak esensial yang mampu membantu menurunkan hairball.

Makanan ini juga mampu memelihara kesehatan kulit, mencegahnya agar tidak rontok serta melembutkan bulu. Jasmine cat food sudah terjamin keamanannya tanpa mengandung aroma sintesis, pewarna maupun pengawet.

Adapun terkait harga, merek makanan kucing Jasmine cukup murah yaitu Rp20.000-25.000/kg.

7. Felibite

Felibite adalah makanan kering bernutrisi seimbang yang mampu menjaga kekebalan tubuh serta stamina kucing. Ada pula kandungan omega 3 dan omega 6 yang dapat merangsang kesehatan bulu, mengurangi bau serta menyehatkan mata.

Keunggulan lain dari Felibite adalah mempunyai aroma tidak amis, rasanya enak sehingga banyak disukai kucing dan harganya sangat terjangkau.

Jika dirimu tertarik, kamu bisa mendapatkan Felibite Cat Food di pet shop terdekat mulai dari harga Rp25.000-35.000/kg.

Nah, jika dirimu sudah membeli Febilite Cat Food, boleh simak ketentuannya di: Cara Memberikan Makanan Kucing dengan Felibite

8. Beauty Premium Cat Food

Makanan kucing ini diformulasikan dengan nutrisi tinggi dengan varian rasa Salmon & Chicken untuk memastikan kucing kesayangan anda selalu dalam kondisi sehat.

Beauty Premium Cat Food dibuat dari bahan baku berkualitas dan diproduksi sangat hiegenis untuk menjamin tanpa adanya kontaminasi bahan apapun.

Makanan kucing ini memiliki kandungan mineral, vitamin, asam amino esensial yang bagus untuk menyehatkan jantung, menjaga kesehatan mata dan sistem pencernaan.

Kisaran Harga Beauty Premium Cat Food yaitu Rp20.000-25.000/kg.

9. Cuties Tuna

Produk makanan kucing ini diformulasikan khusus bagi kucing dewasa. Produk dengan citarasa tuna ini dirancang dalam bentuk biskuit sereal berbentuk mirip binatang dan bentuk kibble.

Teksturnya sangat renyah dan nikmat sehingga mudah dikunyah maupun dicerna oleh kucing. Selain itu, Cuties Tuna juga mengandung vitamin, nutrisi dan mineral yang halal dan bagus untuk mendukung pertumbuhan kucing.

***

Nah, demikianlah segenap rekomendasi makanan kucing yang tidak mengandung babi alias halal yang bisa kita jadikan pertimbangan.

Makanan yang halal sejatinya sangat baik bagi kucing terutama bagi pertumbuhan dan kesehatan. Adapun pilihan tentang mana makanan kucing terbaik, silakan disesuaikan dengan kebutuhanmu ya.

Bagaimana Cara Membedakan Makanan Kucing Halal dengan yang Mengandung Babi?

Cara Membedakan Makanan Kucing Halal dengan yang Mengandung Babi
Cara Membedakan Makanan Kucing Halal dengan yang Mengandung Babi. Dok. Gurupenyemangat.com

Setiap produk makanan, snack maupun minuman belum tentu memiliki label halal. Tambah lagi jika produk itu berasal dari luar negeri.

Makanan kucing pula demikian. Beberapa makanan kucing terutama Ori Cat, Imo Ibest, Whiskas, hingga Cat Choize memiliki label no pork di kemasan. Tapi yang lain? Belum tentu.

Maka dari itulah, untuk menghindari makanan kucing yang mengandung babi, kita perlu memeriksa kemasan dengan dua cara berikut:

1. Memeriksa Label Halal

Yang paling mudah untuk menebak makanan kucing apakah halal atau malah mengandung babi ialah dengan memeriksa keberadaan label halal dari MUI dan lulus audit dari BPOM.

Biasa label ini disematkan di kiri bawah, kanan bawah, atau di bagian depan kemasan makanan kucing. Jika ada tulisan no pork, artinya makanan kucing yang kita beli bebas dari kandungan babi.

2. Memeriksa Komposisi Makanan Kucing dan Mencocokkannya dengan Kode Babi

Bagaimana bila di bagian kemasan makanan kucing ternyata tidak ada label halal? Jika ditemukan kasus seperti itu, maka cara yang bisa kita tempuh adalah melihat komposisi makanan kucing seraya mencocokkannya dengan kode kandungan babi.

Jika tidak ada kode yang sesuai, maka makanan kucing tersebut halal. Dan sebaliknya, jika ditemukan kode seperti yang bakal disajikan berikut ini, maka sebaiknya kita ganti dengan makanan kucing merek lain.

kode kandungan babi dalam komposisi produk makanan dan minuman
Istilah dan kode kandungan babi dalam komposisi produk makanan dan minuman. Dok. Halal MUI

Berikut istilah dan kode kandungan babi dalam komposisi produk:

1. Pig: Babi muda dengan berat kurang dari 50 KG.

2. Pork: Daging babi yang biasa disajikan dalam masakan.

3. Swine: Istilah yang menerangkan kumpulan spesies babi.

4. Hog: Babi usia dewasa dengan berat melebihi 50 KG.

5. Boar: Julukan untuk Babi liar, celeng, atau babi hutan.

6. Lard: Sejenis lemak babi yang biasa digunakan untuk membuat minyak masak dan sabun.

7. Bacon: daging babi yang diiris.

8. Ham: Daging pada bagian paha babi, namun bisa pula daging hewan lainnya.

9. Sow: Julukan babi betina dewasa.

10. Sow milk: Susu babi.

11. Porcine: Bahan dari babi yang biasa terkandung dalam ramuan/obat-obatan.

12. Bak: Daging babi dalam Bahasa Tiongkok.

13. Char Siu: Daging babi panggang (barbeque).

14. Cu Nyuk: Istilah daging babi dalam Bahasa Khek/Hakka.

15. Zhu Rou: Istilah daging babi dalam Bahasa Mandarin.

16. Dwaeji: Sebutan daging babi dalam Bahasa Korea.

17. Tonkatsu: Nama irisan daging babi dalam kuliner Jepang.

18. Tonkotsu: Sejenis ramen yang dilengkapi dnegan daging babi.

19. Yakibuta: Nama babi panggang dalam Bahasa Jepang.

20. Nuraniku: Nama daging babi dalam Bahasa Jepang.

21. Nibuta: Sebutan hidangan dari Pundak babi di Jepang.

22. B2: Kode makanan yang berbahan babi di Indonesia.

23. Khinzir: Sebutan babi dalam Bahasa Arab dan Melayu.

24. Kakuni: Nama makanan dari perut babi rebus dalam kuliner Jepang.

*

Nah, semoga bermanfaat, ya. Karena kucing adalah hewan kesayangan, maka berikanlah mereka makanan terbaik yang sehat, bergizi, dan bernutrisi.

O ya, istilah dan kode kandungan babi di atas tidak hanya berlaku bagi makanan kucing saja melainkan juga makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh manusia. Jadi bisa dijaikan rujukan.

Salam.

Lanjut Baca: Rekomendasi Makanan Kucing Exotic Shorthair

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "9 Rekomendasi Makanan Kucing yang Tidak Mengandung Babi (Halal) dan Cara Membedakannya"

  1. wah lengkap banget bih ulasan list pakan kucingnya mas, pasti amat bermanfaat untuk pecinta kucing. Kalau yang di rumah demen piara sih bapakku ...piara kucing sampe beranak pinak 5 generasi. Sepertinya perlu nih kusodorkan arumtikel ini biar kucing di rumah makin sehat dan menawan bulu bulunya heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Tapi kucing Mbak kayaknya belom bisa baca deh, sodorkan makanannya aja. Ahaha. Salam Cat Lovers

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)