Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Semangat Belajar di Masa Pandemi Corona Terbaru 2021

Contoh Pidato Semangat Belajar di Masa Pandemi Corona Terbaru 2021
Contoh Pidato Semangat Belajar di Masa Pandemi Corona Terbaru 2021. Dok. Gurupenyemangat.com

Mungkinkah dirimu sering berbicara di depan umum dengan cara berpidato? Nah, jika iya, artinya hal tersebut adalah kabar baik bagi Guru Penyemangat.

Terang saja, bukanlah hal yang mudah bagi tiap-tiap orang untuk berbicara di depan umum. Hal ini langsung berkaitan dengan mental, teman. Situasi panggung tidak sama dengan suasana saat kita berkaca.

Di saat berpidato, berorasi, maupun berceramah, seakan-akan ada beratus bahkan beribu pasang mata yang semuanya tertuju kepada kita. Sedangkan kita? Hanya sendirian di atas panggung.

Maka dari itulah. Sebagai salah satu cara berkomunikasi dalam rangka menyampaikan pendapat, argumentasi, opini, serta kata sambutan, kita perlu mempersiapkannya dengan baik.

Termasuk pada situasi sekarang ini. Gurupenyemangat.com menyadari bahwa dengan adanya pandemi kegiatan belajar-mengajar cukup terganggu.

Untuk itu, diperlukan cara khusus agar semangat belajar para siswa bisa terus eksis dan bangkit. Salah satunya ialah dengan berpidato.

Tapi, bagaimana caranya membuat pidato? Dirimu pasti sering melihat orang berpidato dengan lancar dalam sebuah kegiatan, bukan?

Terkadang, mereka berpidato itu bukanlah asal bicara. Sudah pasti ada dratf alias catatan kecil yang sebelumnya disiapkan agar alur penyampaian pidato tetap runut.

Pada artikel ini akan disajikan contoh pidato semangat belajar di masa pandemi corona. Namun sebelum itu, rasanya kita perlu mengingat lagi unsur-unsur pidato.

Dalam sebuah pidato wajib ada unsur pendahuluan, isi pidato, dan penutup.

Pendahuluan pidato terdiri dari salam, senyum, dan sapa kepada audien. O ya, jangan lupa untuk menghadirkan kata-kata syukur sebagai pengantar.

Isi pidato meliputi pengembangan tema atau topik yang sedari awal ingin kita sampaikan. Sedangkan struktur penutup pidato berisikan harapan dan salam.

Masih bingung? Baiklah. Langsung disimak saja karena berikut Gurupenyemangat.com akan menghadirkan beberapa contoh pidato bertema semangat belajar di masa pandemi corona.

Contoh Pidato Semangat Belajar di Masa Pandemi Corona Terbaru 2021

Pidato Semangat Belajar di Masa Pandemi
Pidato Semangat Belajar di Masa Pandemi. Dok. Gurupenyemangat.com

Apa pentingnya contoh pidato? Kepentingan itu tiada lain ialah untuk memudahkan kita dalam menyusun pidato agar nanti penyampainnya runut, sistematis, dan tepat sasaran.

Mari kita simak:

Contoh 1: Pidato Motivasi Belajar Daring di Masa Pandemi Corona

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Selamat pagi dan salam sehat untuk kita semua

Yang Saya hormati, Kepala SD Negeri …

Yang Saya hormati, Bapak Ibu Dewan Guru SD Negeri....beserta segenap karyawan

Dan yang Saya banggakan, teman-teman seperjuangan dari kelas I hingga kelas VI

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat kesempatan sehingga kita semua dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Shawalat dan salam tiada lupa kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan semakin seringnya bershalawat kita akan mendapat syafaat beliau di hari kiamat nanti.

Bapak Ibu Guru yang Saya hormati, serta teman-teman yang Saya sayangi. Sebagaimana kita ketahui dan alami bersama, saat ini situasi pembelajaran cukup terganggu sebagai akibat hadirnya pandemi corona.

Belajar yang sebelumnya bisa dilaksanakan dengan tatap muka, sekarang malah semakin terbatas dan lebih banyak melaksanakan kegiatan belajar dari rumah baik secara online maupun jemput-antar tugas.

Walau begitu, semangat belajar kita tidak boleh memudar. Biar bagaimanapun keadaannya, motivasi belajar terutama belajar daring harus terus ditumbuhkan karena pendidikan adalah bekal utama kita agar sukses di masa depan.

Teman-teman yang Saya banggakan

Setidaknya ada beberapa cara agar motivasi belajar daring di masa pandemi bisa terus terjaga. 

Pertama, kita harus menjaga kesehatan dan rutin bangun pagi. Walaupun nanti belajar di rumah, kesehatan harus tetap dijaga dan kegiatan bangun pagi perlu dibiasakan.

Dengan tubuh yang sehat, kita bisa membangkitkan motivasi belajar karena fisik maupun rohani sudah siap menerima transferan ilmu dari Bapak/Ibu guru.

Kedua, agar motivasi belajar daring terus bertumbuh, kita perlu merasa butuh dengan pelajaran. Apa pun materinya, kita jangan mengeluh. Berusahalah untuk tetap semangat karena ilmu tersebut akan sangat berguna di masa depan.

Bapak/Ibu Guru yang Saya hormati, juga teman-teman yang Saya banggakan

Harapan kita semua, walaupun situasi saat ini masih pandemi, kita semua bisa terus bersemangat dalam belajar.

Semakin ke sini kita semakin sadar bahwasannya belajar tidak hanya terbatas di sekolah dan ruang kelas. Belajar bisa di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Maka dari itu, mari tetap bersemangat.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan.

Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabaratuh

Boleh Baca: 33 Gambar Kartun Anak Belajar di Rumah

Boleh Baca: Contoh Pengalaman Belajar Online di Rumah

Contoh 2: Pidato Tetap Semangat Belajar di Masa Pandemi

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Selamat pagi dan salam sehat untuk kita semua

Yang Saya hormati, Kepala SMP/SMA/SMK Negeri …

Yang Saya hormati, Bapak Ibu Dewan Guru SMP/SMA/SMK Negeri....beserta segenap karyawan

Dan yang Saya banggakan, teman-teman seperjuangan

Alhamdulillah. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat iman, nikmat sehat, serta nikmat kesempatan sehingga kita semua bisa hadir di lapangan dalam rangka melaksanakan kegiatan (Sebutkan nama kegiatannya di sini)

Shalawat berlantunkan salam tiada lupa kita kirimkan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan semakin seringnya bershalawat kita akan mendapatkan syafaat beliau di hari kiamat.

Bapak/Ibu guru yang Saya hormati dan teman-teman yang saya banggakante

Pada saat ini kita sudah rasakan bersama bahwa kehadiran pandemi corona mulai menghambat kegiatan bahkan kehidupan sebagian besar orang di Indonesia maupun di negara lainnya.

Tidak terkecuali, dalam pembelajaran pula demikian.

Selama pandemi, kegiatan belajar-mengajar semakin terbatas dan kita lebih sering bertatap muka secara virtual. Itu pun dengan waktu dan durasi yang hanya sebentar. Tidak maksimal rasanya.

Walau demikian situasinya, sebagai seorang pelajar yang tangguh kita harus tetap semangat belajar di masa pandemi.

Bukan tanpa alasan. Jika kita berhenti untuk belajar, maka diri ini akan semakin tertinggal dengan orang-orang yang belajar. Pada akhirnya nanti, kita bisa saja menyesali sikap malas kita di hari ini.

Maka dari itu, mari kita tetap semangat belajar baik itu di manapun dan kapanpun.

Boleh Baca: 7 Faktor yang Membuat Siswa Tidak Semangat Belajar di Era Pandemi

Teman-teman seperjuangan yang saya sayangi

Ada banyak cara untuk menumbuhkan semangat belajar di masa pandemi. Salah satunya ialah kita perlu menyukai mata pelajaran secara keseluruhan. Tidak pilih-pilih, dan tidak pula menganggap pelajaran A lebih penting dari pelajaran B, C, dan D.

Meski begitu, harapan saya dan mungkin juga mewakili teman-teman semua yaitu, Bapak/Ibu guru terus dan senantiasa semangat mengajar dengan menyajikan metode dan media ajar yang menarik.

Lebih khusus, diharapkan pula agar pemberian tugas selama kami belajar di rumah tidak terlalu banyak porsinya. Karena pada waktu-waktu tertentu kami para siswa butuh istirahat.

Dan terakhir, kami sangat mengapresiasi Bapak/Ibu guru karena selalu semangat mengajar walaupun dalam masa Covid-19. Semoga kita senantiasa sehat dan semangat, ya.

Boleh Baca: Pidato Persuasif Bertema Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf atas segala salah.

Saya akhiri, Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Cara Berpidato yang Baik dan Benar Agar Tidak Gugup

Cara Berpidato yang Baik dan Benar Agar Tidak Gugup
Cara Berpidato yang Baik dan Benar Agar Tidak Gugup. Dok. Gurupenyemangat.com

Setelah membaca contoh pidato semangat belajar di masa pandemi sebagaimana yang telah disajikan di atas, rasanya dirimu bisa langsung membuatnya, bukan?

Nah, jika nanti pidatomu sudah jadi, Kamu perlu memahami cara berpidato yang baik dan benar. 

Sebagaimana yang Gurupenyemangat.com katakan di awal jumpa, berdiri di atas panggung tidaklah selalu nyaman. Maka dari itu, kita harus terlebih dahulu membuat diri ini nyaman.

Dalam berpidato, hal pertama yang perlu kita lakukan ialah membaca sendiri pidato tersebut dalam beberapa kali ulang untuk memahami pesan, kesan, serta harapan yang ingin disampaikan kepada para pendengar.

Hal kedua yang perlu dilatih adalah, kita wajib berpidato dengan tenang, santai, serta memberikan penekanan-penekanan pada kata-kata tertentu yang dianggap sebagai poin penting.

Tidak usah buru-buru dalam membaca, namun jangan pula terlalu banyak jeda. Intinya, yang sedang-sedang saja. Dengan begitu, kita bisa mengatur napas agar semakin rileks.

Dirimu bisa berlatih sendiri di cermin atau boleh pula direkam dan disimak oleh orang tua di rumah.

Dengan berlatih berpidato, kita bisa memperlancar tata ejaan, tanda baca, serta terhindar dari salah ucap dan salah kata. Intonasinya pula demikian. Berpidatolah secara lantang dan jangan terlalu pelan.

Jika dirimu tidak hafal teks pidato, boleh bawa catatan tapi usahakan itu hanya catatan kecil. Gunanya ialah sebagai bekal siapa tahu nanti dirimu terlupa.

Walau begitu, jangan sampai dirimu terlalu fokus melihat catatan, ya. Arahkan pula pandanganmu ke para audien alias para penonton dan jangan lupa beri sapaan dan senyum.

***

Yup. Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang contoh pidato semangat belajar di masa pandemi corona terbaru tahun 2021.

Mari kita tetap bersemangat. Salam.

Lanjut Baca: Pesan dan Kesan Belajar di Masa Pandemi Corona

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Semangat Belajar di Masa Pandemi Corona Terbaru 2021"