Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Persuasif dengan Tema Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi

Contoh Pidato Persuasif dengan Tema Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi
Contoh Pidato Persuasif dengan Tema Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sobat Guru Penyemangat, bagaimana rasanya belajar tatap muka terbatas di masa pandemi pada tahun 2021 ini?

Pasti lebih semangat, ya. Soalnya banyak pula teman-teman dan sahabat kita yang sudah rindu untuk saling bersapa dan duduk rapi di ruang kelas secara tatap muka.

Maka dari itulah, mari kita berdoa agar pandemi corona segera sirna dari Bumi Pertiwi Tercinta.

Nah, kali ini Gurupenyemangat.com akan menghadirkan contoh pidato bertema Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di masa pandemi.

Pidato ini sifatnya persuasif dan cocok disampaikan pada kegiatan seperti sosialisasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di masa pandemi.

Mau lihat contohnya? Nah, sebelum itu, Guru Penyemangat ingin mengajak sobat sekalian untuk mengingat lagi materi tentang pidato persuasif berikut dengan strukturnya ya.

Ayok, langsung disimak saja:

Apa Itu Pidato Persuasif?

Apa Itu Pidato Persuasif
Apa Itu Pidato Persuasif? Dok. Gurupenyemangat.com

Sebagaimana yang tertuang dalam KBBI, pidato adalah; pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak; atau  wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak (orang banyak).

Sedangkan persuasif adalah ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkannya; bujukan halus; imbauan; atau boleh pula diartikan sebagai karangan yang bertujuan membuktikan pendapat.

Dengan demikian, pidato persuasif adalah ungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang disampaikan untuk mengajak/menghimbau para pendengar sesuai dengan tema yang diangkat.

Misalnya ada pidato persuasif bertema Narkoba, berarti bisa jadi isi imbauannya adalah menjauhkan diri dan keluarga dari obat-obat terlarang.

Ada pula pidato persuasif bertema Pencemaran/Polusi Udara, berarti bisa jadi isi pidato tersebut mengajak pendengar supaya lebih peduli, perhatian, serta mau menjaga alam.

Begini Struktur Pidato Persuasif

Begini Struktur Pidato Persuasif
Begini Struktur Pidato Persuasif. Dok. Gurupenyemangat.com

Pada umumnya, pidato memiliki tiga struktur alias bagian utama yaitu bagian pendahuluan, isi, dan penutup.

Namun, untuk pidato persuasif sktrukturnya lebih kompleks lagi karena perlu disesuaikan dengan tahapan-tahapan tertentu sesuai dengan tujuannya yang mengajak, membujuk, dan mengimbau.

Begini struktrur pidato persuasif:

1. Penyataan Posisi

Pernyataan posisi dapat berupa pendapat, opini atau pendirian terhadap suatu permasalahan yang diangkat berdasarkan sudut pandang orator (orator; sebutan bagi orang yang ahli berpidato).

Pernyataan posisi nanti perlu memperhatikan dan memuat tentang:

Siapa pihak yang bakal diyakinkan.

Pandangan atau perilaku apa yang akan diyakinkan

Seperti apa argumen yang menarik perhatian pendengar

Dan apakah pernyataan telah seirama dengan posisi secara jelas.

2. Tahap Argumen

Tahap argumen berisikan argumen-argumen yang logis. Argumen tersebut juga disokong dengan bukti-bukti alias dalil yang kuat sehingga menyakinkan pendengar.

Misalnya; jika ada pidato tentang Pembelajaran Tatap Muka, maka dasar argumen bisa dimulai dari perkataan Mendikbudristek, Surat Edaran, atau Kebijakan Daerah.

3. Penguatan Pernyataan Posisi

Penguatan pernyataan posisi dapat berupa kesimpulan yang sifatnya mengajak, membuka cakrawala berpikir, serta dapat diterima oleh para khalayak.

Contoh Teks Pidato Persuasif Pembelajaran Tatap Muka

Contoh Teks Pidato Persuasif Pembelajaran Tatap Muka
Contoh Teks Pidato Persuasif Pembelajaran Tatap Muka. Dok. Gurupenyemangat.com

Pengertian pidato persuasif sudah kita bahas, struktur teksnya pula demikian. Sekarang saatnya Guru Penyemangat sajikan contoh teks pidato persuasif dengan tema PTM ya.

Judul Pidato: Taat Protokol Kesehatan di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Pagi dan Salam Sehat untuk Kita Semua

Alhamdulillahirobbil ‘alamin. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ala alihi wasohbi ajma’in.

Yang terhormat, Bapak Kepala SD/SMP Negeri/Swasta Beserta Wakilnya

Yang terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Staff dan Karyawan

Yang terhormat, Bapak/Ibu Wali Murid (jika ada)

Serta teman-teman seperjuangan yang senantiasa saya banggakan.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat, terutama nikmat sehat dan kesempatan sehingga kita bisa berkumpul di lapangan/aula SD/SMP dalam rangka sosialisasi Pembelajaran Tatap Muka terbatas di masa pandemi corona tahun 2021.

Shalawat berbingkaikan salam mari sama-sama kita kirimkan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Mudah-mudahan dengan seringnya bershalawat, kita bakal mendapat syafaat beliau di Hari Akhir nanti.

Sebagaimana yang kita rasakan dan alami bersama, sudah hampir dua tahun kita hidup berdampingan dengan pandemi corona.

Berbagai aspek kehidupan rasanya telah berubah dan masing-masing diri dituntut untuk beradaptasi menjalani kegiatan sehari-hari di tengah wabah.

Bahkan, tidak tanggung-tanggung, kasus covid-19 setiap harinya masih terus bertambah. Tapi kita patut bersyukur karena semakin ke sini kurva kasus pandemi corona semakin melandai. Itu artinya, negeri kita Indonesia tercinta akan segera sehat. Ya, kita optimis.

Bagaimana eksistensi pembelajaran di tengah pandemi?

Belum lama ini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim telah menyampaikan surat edaran seraya meminta sekolah-sekolah yang berada di zona PPKM 1-3 untuk menggelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

Beliau menyadari betul tentang betapa perlunya sekolah menggelar PTM karena selama ini sudah sering kita jumpai berbagai permasalahan terkait dengan kegiatan belajar online.

Sebut saja seperti susahnya akses sinyal internet di daerah-daerah tertentu, sulitnya orang tua siswa dalam mencukupi kebutuhan kuota, hingga begitu menumpuknya tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Teman-teman yang Saya Banggakan;

Menyikapi hal tersebut, rasa-rasanya banyak dari kita yang bahagia atas digelarnya Pembelajaran Tatap Muka walaupun dalam kondisi terbatas.

Kita bisa kembali bertemu teman-teman, bisa menyapa guru, serta belajar di kelas secara langsung. Segenap hal tersebut sudah menjadi kerinduan kita sejak bulan-bulan awal datangnya pandemi corona.

Namun, pada saat ini sejatinya keadaan kita belum aman. Pandemi corona masih ada, walaupun memang tidak tampak. Maka dari itu, kita wajib menaati protokol kesehatan Covid-19 selama PTM terbatas.

Adapun hal-hal yang perlu kita lakukan saat datang ke sekolah seperti mencuci tangan pakai sabun, mengenakan masker yang tebal, menjaga jarak, hingga tidak berjabat tangan baik kepada sesama teman maupun guru.

Mengapa aturan-aturan tersebut penting dan harus kita lakukan?

Gunanya tiada lain ialah untuk menjaga diri, teman-teman, guru, hingga semua warga sekolah dari bahaya penyakit maupun wabah corona.

Dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19, kita sebenarnya sedang berusaha untuk mengusir wabah yang sangat berbahaya ini.

Sejatinya, semua itu dimulai dari diri sendiri. Tidak cukup guru saja yang berjuang, tidak cukup pemerintah saja yang berupaya, melaikan kita juga perlu ikut serta.

Teman-teman seperjuangan yang saya sayangi;

Sebagai penutup pidato pada kesempatan kali ini, selain selalu menaati protokol kesehatan Covid-19, mari kita sama-sama meningkatkan semangat belajar. Walaupun di masa pandemi kesempatan belajar di sekolah masih terbatas, kita tetap bisa mengulang pelajaran di rumah.

Sebagaimana ungkapan yang sering kita dengar; gapailah cita-citamu setinggi langit. Untuk menggapainya kita perlu lebih serius, fokus, dan semangat belajar.

Demikianlah pidato saya kali ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan kesalahan. Mari kita tetap semangat dan tetap sehat di masa pandemi.

Saya akhiri;

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

**

Silakan unduh teks pidato persuasif tema Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi pada link berikut:

Lanjut Baca: Pidato Semangat Belajar di Masa Pandemi

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Persuasif dengan Tema Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi"

--