Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tertarik Investasi Emas? Begini Perbedaan Minigold dan Antam yang Perlu Kamu Ketahui

Belum lama ini, kehadiran emas Minigold cukup populer, bukan? Bentuknya yang mini alias kecil-kecil imut cukup berbeda dengan Antam yang biasa kita kenal. Sama-sama 24 karat pula!

Atau, dirimu malah sudah mengoleksi cukup banyak emas Minigold?

Begini Perbedaan Minigold dan Antam yang Perlu Kamu Ketahui
Begini Perbedaan Minigold dan Antam yang Perlu Kamu Ketahui. Diolah oleh Gurupenyemangat.com

Sejak pandemi menerpa Indonesia, harga emas murni tiba-tiba meroket, ya. Puncaknya adalah Agustus 2020 lalu di mana harga si kuning jauh terbang melewati angka Rp1 juta/gram.

Sedangkan hari ini, harga logam mulia emas mulai stabil seraya merangkak perlahan menuju angka Rp1 juta/gram.

Dilansir dari Goldprice.org, harga emas dunia per hari ini, Rabu, 14 Juli 2021 dibanderol dengan nilai USD1817/oz. Pada tanggal yang sama, logam mulia Antam merilis harga Rp945.000/gram, dan Minigold Rp983.000.

Wah, cukup beda jauh ya rentang harga Minigold dan Antam. Apakah kedua produk investasi ini cukup berbeda?

Untuk menjawab seperti apa perbedaan Minigold dan Antam, maka perlu rasanya Guru Penyemangat mengajak juragan untuk melirik kedua produk emas ini secara lengkap.

Mulai dari sisi kredibilias, legalitas, puritas, varian gramasi, kemudahan transaksi, rentang harga beli dan buyback, hingga keunggulan lainnya.

Wuih, bakal cukup panjang ya pembahasannya? Santai saja. Kita bahas pelan-pelan, ya.

Emas Mini gold vs Antam dari Sisi Legalitas, Puritas, Kredibilitas, dan Variasi Gramasi

#SemuaBisaPunyaEmas, begitulah jargon utama emas Minigold. Produk logam mulia 24 karat ini dikelola oleh PT. Sinergi Digital Global Mulia selaku pemegang brand.

Apa Itu Minigold
Apa Itu Minigold? Dok. Minigold.co.id

Syahdan, apa itu Minigold? Minigold adalah produk logam mulia 24 karat bersertifikat resmi dan telah lulus uji puritas Sucofindo dan G-Lab Pegadaian.

Toko emas yang berpusat di Jl. Pelita, No.6A RT. 8/2, Cipete Selatan. Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 12410 ini memiliki varian gramasi emas mulai dari ukuran 0.05 gram, 0.1 gram, 0.25 gram, 0.5 gram, 1 gram, hingga 1.5 gram.

Kecil-kecil, ya? Namanya juga emas mini. Selain itu, Minigold pula diperkaya dengan berbagai series mulai dari black series, white series, ekslusif, hingga gift series.

Sedangkan Antam? Rasanya dirimu sudah sangat akrab dengan logam mulia yang satu ini. Antam barangkali sudah keduluan lahir daripada kita, yaitu sejak tahun 1968.

Perusahaan dengan mitra internasional ini bergerak di bidang pertambangan dan logam. Jadi, sebenarnya produk Antam bukan hanya emas murni saja melainkan juga bijih nikel, feronikel, emas, perak, bauksit hingga batubara.

Wait. Kita fokus ke emasnya saja, ya.

Logam Mulia Emas Antam
Logam Mulia Emas Antam. Foto: Liputan6.com

Emas batangan Antam memiliki kadar kemurnian 99,99% dengan akreditasi Sertifikat Responsible Gold dari LBMA (London Bullion Market Association) sejak tanggal 1 Januari 1999 sekaligus termasuk dalam Good Delivery List.

Jangan heran bila kemudian emas batangan Antam merupakan satu-satunya pengolahan dan pemurnian emas di Indonesia yang bersertifikat LBMA.

Selain itu, Antam pula telah merengkuh akreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional) sejak tahun 1999, serta analisis sesuai dengan prinsip Good Laboratory Practices pada SNI ISO/IEC 17025 tahun 2017. Akreditasi inilah yang mengantar Antam mendapatkan sertifikasi LBMA.

Terkait dengan varian gramasi produk, emas batangan Antam tersedia dari ukuran 0.5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram dan 1000 gram.

Wow! Pilihan gramasinya sangat variatif, ya. Andai kita punya uang 890juta, bisa kita beli emas Antam ukuran 1kg. Hehehe

Masih cukup seirama dengan Minigold, emas Antam juga menyediakan varian produk logam mulia Batik Series dan Gift Series.

Si kuning batangan ini dapat kita lirik bahkan kita beli di website resmi www.logammulia.com atau pun mengunjungi butik LM. Cara belinya bisa dibaca di: Panduan Lengkap Investasi Emas Antam

O ya, bukankah tadi telah disebutkan bahwa Minigold adalah toko emas? Inilah perbedaan mendasar antara emas Minigold dan Antam.

Antam adalah perusahaan investasi, sedangkan Minigold sama halnya dengan toko emas biasa yang memperdagangkan produk logam mulia.

Dengan demikian, jikalau Antam mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun Bappeti, maka emas Minigold cukup mendapat izin dari Kemenkumham selaku badan usaha.

Bedanya Minigold dan Antam dari Sisi Harga Beli dan Buyback

Baiklah. Antara Emas Batangan Antam dan Minigold keduanya sama-sama produk logam mulia bersertifikat resmi, puritas 99,99%, kadar 24 karat, legal, dan juga kredibel.

Artinya, kedua emas ini aman untuk kita miliki sebagai produk investasi.

Sekarang, tidak ada salahnya bila kita juga melirik bagaimana perbedaan Minigold dan Antam dari sisi harga beli dan buyback emas.

Masih bersandar pada update harga emas murni pada tanggal 14 Juli 2021. Harga beli emas Minigold 0.5 gram adalah Rp551.000, sedangkan harga buyback dibanderol Rp472.500.

Jika kita kurangkan Rp551.000-Rp472.500, maka didapat selisih Rp78.500.

Sedangkan emas batangan Antam dengan ukuran yang sama, 0.5 gram hari ini dapat dibeli dengan harga Rp522.500. Simulasi harga buyback-nya adalah Rp420.000.

Jika kita cari selisih, maka Rp522.500-Rp420.000= Rp102.500. Wow! Rp78.500 vs Rp102.500, ternyata produk Minigold lebih unggul walaupun keduanya sama-sama emas murni.

Syahdan, bagaimana jika kita lirik dari sisi keunggulan, apakah antara emas Antam dan Minigold ada perbedaan?

Minigold bisa Ditukar dengan Antam
Minigold bisa Ditukar dengan Antam. Foto: Minigold.co.id

Tentunya ada, bahkan perbedaan ini cukup mendasar. Emas Minigold bisa kita dapatkan secara langsung dari reseller, distributor, hingga dealer.

Terkait dengan cara penukaran emas Minigold ke Antam, dirimu bisa menghubungi reseller, distributor, maupun dealer tempat pembelian. Toh, kalau penukarannya gratis, bisa kapan saja, kan?

Tidak terikat dengan waktu.

Sedangkan Antam bisa dibeli di butik LM, atau melakukan pembelian emas non fisik di BRANKAS LM layaknya tabungan.

Meski begitu, ada yang menarik di sebalik produk emas mini yang ditawarkan oleh Minigold.

Selain bisa dijual ke toko emas, kepingan kecil Minigold juga bisa ditukarkan dengan Antam tanpa ada tambahan biaya apapun.

Semisal, dirimu punya emas Minigold gramasi 0,2 gram sebanyak 10 keping, maka bisa ditukarkan menjadi emas batangan Antam ukuran 2 gram. Mantap, kan?

Lebih dari itu, kehadiran emas dengan gramasi kecil sesungguhnya telah memudahkan kita untuk berinvestasi dengan modal kecil.

Jika belum mampu beli emas ukuran 0,5 gram, toh kita bisa beli emas Minigold ukuran 0,05 gram. Yang penting konsisten menabung emas, ujung-ujungnya bisa tembus jadi 10 gram atau bahkan 1 kg, kan?

Beruntungnya, nilai emas semakin bertambah tahun semakin naik karena bersifat aset lindung nilai sekaligus zero inflation.

Minigold bukanlah produk emas abal-abal apalagi palsu. Antam pula demikian. Keduanya merupakan pilihan yang bagus dan bisa disesuaikan dengan pendapatan kita.

Entah itu Minigold atau Antam, yang terpenting kehadiran kedua produk logam mulia ini bisa lebih memudahkan kita untuk menggapai impian di masa depan.

Salam.

Baca juga:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Tertarik Investasi Emas? Begini Perbedaan Minigold dan Antam yang Perlu Kamu Ketahui"