Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada Investasi Abal-abal, Benarkah Emas Mini itu Palsu?

Emas Mini Apakah Aman atau Investasi Penipuan?
Produk Emas Mini. Dok. Emasberlian.co.id

Duduk di zaman modern seperti sekarang ini, investasi tetap menjadi strategi pengaman uang primadona, terutama dengan menggunakan produk emas yang kecil alias emas mini.

Tapi, sebenarnya Emas Mini itu aman atau malah produk palsu berkedok penipuan, ya? Secara, kan, sebagian dari kita ada yang berprasangka bahwa emas itu mahal.

Wajar kalau kita ragu. Yang namanya emas itu adalah logam mulia, dan di luar sana masih ada saja orang memanfaatkan kemuliaan si kuning ini sebagai alat penipuan.

Syahdan, bagaimana dengan produk emas yang satu ini?

Sebelum menghukumi apakah produk Emas Mini adalah produk investasi palsu, penipuan, atau malah kredibel, kita perlu tilik dulu dari sisi legalitas, sertifikasi, puritas hingga krebilitasnya.

Legalitas Emas Mini

Ada MiniGold, EOA Gold, dan ada pula Emas Mini. Walau sama-sama bersaing sebagai produk investasi, ternyata brand logam mulia ini berbeda.

Bisa jadi ada orang yang menganggap bahwa Minigold dan Emas Mini itu sama, tapi ternyata tidak.

Emas Mini merupakan emas murni pertama dengan ukuran terkecil di dunia yang diproduksi oleh PT. Juliana Shafira Gemilang serta didistribusikan oleh Odc Enterprise.

Jadi, jangan heran nanti bila nanti saat mengakses situs resminya di emasmini.co.id, kamu bisa diarahkan ke situs emasberlian.co.id terutama ketika dirimu ingin memeriksa harga emas.

PT. Odc Inter Rotasi alias Odc Enterprise merupakan perusahaan teknologi sosial yang berfokus pada peluang usaha, ketenagakerjaan, serta produk bisnis sejak tahun 2013.

O ya, terkait dengan jenis PT, perusahaan yang beralamatkan di Jl. Cililitan Besar no. 72. Kramatjati, Jakarta Timur tidak bergerak dalam investasi maupun penghimpunan dana masyarakat.

Hal itu ditetapkan oleh OJK saat keduanya melakukan mediasi pada 11 November 2018 lalu.

Lebih jauh, Gurupenyemangat.com sampai saat ini belum bisa menemukan legalitas perusahaan sebagaimana yang biasa tertuang di SK Menkumham. Mungkin memang tidak dipublikasikan kali, ya.

Meski begitu, Odc Enterprise ini termasuk perusahaan besar karena tidak hanya menjual produk Emas Mini melainkan juga Dinar, Emas Antam, Emas Gemini, Marketing Kits, Merchandise, South Diamond, hingga South Jewelry.

Sertifikasi dan Kadar Kemurnian Emas Mini

Sertifikasi Produk Emas Mini
Sertifikasi Produk Emas Mini. Dok. https://www.emasmini.co.id/gallery

Pada laman resminya, Emas Mini dikatakan memiliki kadar 24 Karat dengan puritas 99,99%.

Meski demikian, Guru Penyemangat menemukan artikel di PublikCerdas yang mengatakan bahwa Emas Mini memiliki puritas 99,23%.

Kadar kemurnian emas PT. Juliana Shafira tersebut didasarkan atas hasil pengujian Sucofindo dengan nomor sertifikat 39814/GBBPAK tertanggal 27 Desember 2017 tersebut menunjukkan:

Emas produksi Juliana Shafira memiliki kadar kemurnian 99,23%. Namun pengujian kala itu dilakukan terhadap satu produk emas Juliana Shafira Gemilang seberat 1 kg.

Meski begitu, Emas Mini yang diuji Sucofindo adalah si kuning seberat 1 kg. Sedangkan pengujian Emas Mini dengan produk terkecil pertama di dunia ini belum Guru Penyemangat temukan.

Syahdan, apakah investasi Emas Mini penipuan alias produk emas abal-abal?

Tunggu dulu.

Berdasarkan SNI, standar karat emas murni berada pada rentang 99,00%-99,99%. Artinya, Emas Mini sudah masuk kategori 24 karat.

Ragam Varian Gramasi, Sistem Jual Beli, hingga Keuntungan Investasi Emas Mini

Varian Gramasi Emas Mini
Galeri Emas Mini

Yang namanya Emas Mini, sudah pasti produk emasnya kecil-kecil. Variam gramasi yang tersedia di emasberlian.co.id mulai dari 0.025 gram, 0.05 gram, 0.1 gram, 0.2 gram, 0.4 gram, 0.5 gram, dan 1 gram.

Pada kemasannya sudah terpampang sertifikat Emas Mini dan tersegel. O ya, buyback-nya bisa batal jika segel kemasan rusak.

Untuk pemesanan Emas Mini, dirimu bisa melakukannya via delivery ke situs resmi maupun membeli kepada para distributor yang ada di kotamu.

Apakah aman?

Jikalau memilih delivery, maka produk Emas Mini akan diantarkan ke rumahmu melalui jasa kurir terpercaya serta terlindungi dengan asuransi.

O ya, untuk mendapatkan gramasi Emas Mini yang lebih besar, dirimu perlu membayar uang administrasi sebesar Rp10.000 di luar biaya pengiriman.

Emas Mini yang ditukarkan ke gramasi yang lebih besar dengan catatan harus dengan berat minimal 3 gram (3x1 gram) melalui distributor.

Lebih dari itu, produk Emas di Odc Enterprise ini juga bisa ditukar emas Antam dengan ukuran yang setara.

Meski diterangkan bahwa penukaran Emas Mini ke Antam tidak memerlukan biaya apa pun, namun Guru Penyemangat belum menemukan panduan atau sistem penukaran Emas Mini dengan Antam.

Adapun keuntungan lain yang juga ditawarkan oleh Emas Mini adalah mendaftarkan diri menjadi distributor resmi.

Dengan modal Rp1,2 juta, distributor Emas Mini bakal mendapatkan keuntungan mulai dari hak menjual, buyback, diskon harga, bonus referal, promosi media online, mentoring, hak menjual produk perhiasan emas dan berlian, mengalihkan lisensi ke pihak lain, hak wilayah distribusi, hingga starter pack emas.

Bukankah investasi emas dengan sendirinya sudah untung?

Baca juga: Untung Besar dengan Menjadi Agen Emas Murni EOA Gold

Sistem emas memang begitu. Karena nilai kenaikan emas yang cenderung lebih tinggi daripada pergerakan angka inflasi, maka makin lama emas disimpan, investor emas bakal makin untung.

Tambah lagi jika menjadi distributor, kan? Nah. Ini yang lebih oke.

Di luar daripada ulasan di atas, sejatinya investasi emas dengan gramasi kecil lebih menguntungkan pihak dengan ekonomi menengah ke bawah. O ya, bisa kita jadikan hadiah juga lho.

Emas ukuran mini dapat dibeli dengan harga kurang dari Rp50.000 sehingga kita bisa menerapkan cara menabung emas yang bijaksana secara rutin. Bisa tiap hari, tiap minggu, hingga tiap bulan.

Tapi jangan tiap tahun, ya! Terlalu lama itu. Hahaha

***

Demikianlah ulasan tentang investasi Emas Mini. Bersandar pada legalitas, sertifikasi, dan kadar kemurniannya, produk Emas Mini bisa dikatakan aman dan bukanlah investasi abal-abal karena sudah lulus uji Sucofindo.

Jadi, apakah dirimu tertarik untuk memiliki Emas Mini? Atau mau lihat produk logam mulia mini lainnya? Oke. Bisa disimak pada tautan berikut, ya:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Waspada Investasi Abal-abal, Benarkah Emas Mini itu Palsu?"