Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas Penipuan! Emas EOA Gold, Amankah untuk Investasi?

Apakah EOA Gold penipuan? Investasi EOA Gold palsu dan legalitasnya diragukan? Pertanyaan tersebut pasti banyak muncul di benak para juragan pengumpul emas.

Terang saja, setiap orang di hari ini bakal lebih selektif dalam memilah dan memilih produk logam mulia.

Emas EOA Gold, Amankah untuk Investasi
Emas EOA Gold, Amankah untuk Investasi. Dok. Gurupenyemangat.com

Bukan hanya bersandar pada tingkat puritas yang menyentuh angka 99% alias kemurnian 24 karat, melainkan juga legalitas, kredibilitas, serta keamanan produk.

Siapa yang tidak sakit hati bin kecewa bila hari ini telah mengumpulkan bergram-gram emas, namun pada esok hari emas tersebut ternyata merupakan produk tipu-tipu.

Tambah lagi seperti hari ini, banyak masyarakat yang mulai bingung dengan perkembangan investasi dan produk menabung seperti emas.

Jika dulu kita tahu bahwa tempat beli emas hanyalah di toko emas, kisah tersebut berubah hingga 180 derajat bila dibandingkan dengan hari ini.

Saat ini, di era milenial membeli logam mulia tidak hanya terbatas di toko emas saja.

Juragan bisa membeli emas di pegadaian, beli emas kepada reseller, member, agen, butik emas, toko cabang produk emas, hingga emas online di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, hingga Lazada.

Sudah ada berbagai produk emas dengan beragam gramasi yang bisa didapatkan dengan sangat mudah, termasuklah EOA Gold.

Sebagai perusahaan percetakan yang berpusat di Sentra Timur Residence Commercial Park 2 Nomor. 15, RW.6, Pulo Gebang, Cakung, Jakarta timur DKI Jakarta, PT Emas Optimasi Abadi (EOA) memiliki visi utama mengembalikan kejayaan dengan emas.

Jika ditanya bahwa emas EOA gold itu amankah untuk invetasi, maka jawabannya tentu aman.

Kenapa saya dengan entengnya menjawab aman tanpa ada embel-embel penipuan?

Baiklah. Mari kita lihat alasan mengapa EOA Gold itu aman untuk tabungan masa depan:

Pertama, Legalitas EOA Gold

Berdasarkan situs resmi eoagold.id, PT. Emas Optimasi Abadi telah memiliki legalitas dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang bernomor AHU-0065709.AH.01.01 Tahun 2019.

Legalitas EOA Gold dari Kemenkumham
Legalitas EOA Gold dari Kemenkumham. Dok. Eoagold.id

Perusahaan yang juga bergerak serius dalam bidang wakaf peradaban dan pemberdayaan umat ini juga memiliki nomor induk berusaha selaku industri pembuatan logam dasar mulia serta perdagangan besar logam dan bijih logam.

Lho, kok legalitas EOA datang dari Kemenkumham, bukankah seharusnya juga dicap resmi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)?

Jika para juragan amati secara lebih detail bin seksama, OJK merupakan sebuah lembaga yang sistem pengaturan dan pengawasannya didesain khusus untuk mencermati keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

Sederhananya, tiap-tiap badan atau perusahaan yang bergerak di bidang layanan uang, layanan simpan pinjam, hingga jasa lain yang berkaitan dengan penghimpunan uang harus mendapat tandatangan dari OJK.

Nah, tertuang dalam pasal 6 dari UU No 21 Tahun 2011, sejatinya tugas utama dari OJK adalah melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap berbagai kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, pasar modal, perasuransian, dana pensiun, pembiayan, dan lembaga keuangan lainnya.

Sedangkan PT EOA?

Perusahaan ini tidak bergerak di bidang jasa keuangan melainkan berkontribusi sebagai lembaga percetakan emas. Maka dari itulah legalitasnya datang dari Kemenkumham, bukan dari OJK.

Kedua, Sertifikasi Emas EOA Gold

Logam mulia EOA Gold benar-benar emas murni 24 karat dengan puritas 999%, apakah kemurnian tersebut sudah tersertifikasi?

Nah, alhamdulillah sejak awal Januari 2021 kemarin, EOA Gold selaku emas murni batangan yang berbentuk kepingan berhasil mendapat sertifikasi SNI dari Kementerian Perindustrian RI.

EOA Gold Tersertifikasi SNI
EOA Gold Tersertifikasi SNI. Dok. Eoagold.id

Pengesahan label SNI EOA Gold tersebut langsung diteken oleh Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik Badan Standardisasi Nasiona, Ir. Titik Purwati Widowati, MP. dengan izin tertulis dari TOEGOE – PBC.

Layaknya sistem Akreditasi, jangka waktu SNI juga berlaku selama 4 tahun dan bisa diperpanjang dengan terlebih dahulu dilakukan audit.

Tapi masih lama kok, SNI EOA Gold bertahan hingga 10 Januari 2025.

Jadi, sudah cukup teranglah fakta bahwa investasi logam mulia bersama EOA Gold itu aman dan no penipuan, kan?

O ya, selain itu, logam mulia EOA Gold pula punya dokumen SNI dari TÜV Rheinland, yang merupakan penyedia layanan teknis terdepan di dunia.

Ketiga, Uji Kemurnian Emas EOA Gold dengan Menggunakan Karatimeter

Tidak lengkap rasanya jika legalitas EOA Gold kita lirik dari sisi perusahaan dan dokumen tertulis saja.

Masih banyak orang penasaran dengan tingkat kemurnian dan kadar EOA Gold. Benar-benar 99,99% dan 24 karat, atau malah kurang?

Puritas EOA Gold dengan alat Karatimeter
Puritas EOA Gold dengan alat Karatimeter. Dok. EOA Gold Solo Raya by Pinterest

Untuk membuktikannya, diperlukan uji gramasi emas dengan menggunakan alat khusus yang disebut Karatimeter.

Penting untuk diketahui, Karatimeter merupakan alat ukur kadar logam mulia yang bekerja dengan sistem tembak laser, jadi kita tidak perlu melakukan peleburan emas terlebih dahulu.

Berdasarkan cek kadar kemurnian emas menggunakan Karatimeter, didapatlah keterangan bahwa logam Au ini memiliki tingkat kemurnian 24K dan 99,99% puritas. Selengkapnya, juragan bisa nonton sebentar video pengujian berikut ini:

Bagaimana dengan Penampilan Fisik Emas EOA Gold? Mungkinkah Ada Peluang Penipuan?

Oke, legalitas sudah, sertifikasi sudah, dan kejelasan tentang kadar kemurnian gramasi juga selesai.

Sekarang kita perlu melirik lebih dekat dengan logam mulia EOA Gold dari segi penampilan fisik.

Silakan amati produk emas EOA Gold gramasi 5 gram berikut ini:

Emas EOA GOLD Gramasi 5 Gram
Emas EOA GOLD Gramasi 5 Gram. Dok. Gurupenyemangat.com

Ketika kita amati secara detail, emas EOA Gold dengan gramasi mulai dari 0,025 gram-10 gram tampil dengan kemasan lengkap.

Logam mulia desain PT Emas Optimasi Abadi ini sudah dicetak bersamaan dengan sertifikat elektronik alias hologram.

Pada emasnya sendiri, tampak ada logo EOA Gold yang menjadikannya sulit untuk dijiplak oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab.

Sedangkan pada kemasan belakang EOA Gold tertera certificate of assay plus barcode yang bisa diakses langsung menggunakan fitur pembaca kode QR.

Mengapa emas langsung dicetak bersamaan dengan sertifikatnya? Alasan utamanya tiada lain adalah untuk meningkatkan derajat keamanan emas sebagai produk investasi.

Bayangkan bila kita menyimpan emas sebesar 1 gram namun emas tersebut terpisah dari sertifikatnya alias tidak dicetak, rawan hilang, kan?

Maka dari itulah, EOA Gold tampil dengan desain cantik nan komplit guna memudahkan juragan untuk investasi emas.

Nah, setelah membaca tulisan ini, rasanya pertanyataan sekaligus praduga bahwa emas EOA Gold itu penipuan bisa disanggah, bukan?

EOA Gold aman, legal, tersertifikasi, teruji, mudah didapat, dan berkah. Alhasil, mari atur strategi finansial kita sembari investasi logam mulia.

Salam.

Boleh baca juga:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Awas Penipuan! Emas EOA Gold, Amankah untuk Investasi?"

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.