Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juragan, Berikut Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Investasi Emas Online

Keberadaan emas saat ini memang begitu bernilai dan banyak dijadikan sebagai logam mulia untuk investasi.

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi, mengapa si kuning mulia ini masuk dalam salah satu aset investasi. 

Termasuk salah satunya yaitu sebagai jalan yang ditujukan seseorang dalam upaya untuk mempersiapkan kondisi finansial pada masa mendatang.

Siapapun bisa melalukan investasi logam mulia, karena nilai investasinya tidak akan berubah dan lekang oleh waktu.

Nilai emas cenderung lebih stabil, namun kita perlu pedekate dan tahu mengenai jenis emas yang dibeli.

Kita pula perlu memikirkan secara spesifik tentang di mana tempat penyimpanan dan pembeliannya. 

Hal ini sangat penting guna memastikan kualitas dan keamanan dari emas yang dibeli untuk investasi.

Selain itu, tempat pembelian juga memungkinkan kita terhindar dari berbagai kerugian di masa depan.

Nah, salah satu jalan investasi yang saat ini cukup diminati adalah menabung emas online maupun membeli emas secara online.

Investasi Emas Online
Ilustrasi Investasi Emas Online. Foto: Bareksa.com

Tapi, sebelum tergiur dengan benefit serta tawaran ala marketplace, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih investasi emas online:

  • Mencermati Harga Emas

Hal pertama yang layak menjadi perhatian saat membeli emas secara online ialah harga yang ditawarkan. Sangat disarankan bagi kitauntuk mencermati harga terbaru emas di pasaran terlebih dulu, supaya tidak tertipu harga tinggi.

Di saat yang sama, kita perlu riset sembari mengecek perbandingan atas harga emas di satu toko dengan toko lain berdasarkan harga pasarannya.

Atau, jika memang mau lebih detail, kita juga perlu mengamati harga emas dunia sebagaimana yang tertuang dalam situs goldprice.org.

Terang saja, tidak semua toko menawarkan harga sesuai di pasaran, termasuk di toko online sendiri.

Jika harga sedang naik atau cenderung tidak stabil, sebaiknya amati beberapa hari ke belakang sembari mempelajari tren harga emas.

Benar sekali. Harga logam mulia setiap harinya begitu fluktuatif. Maka dari itulah, kita tidak boleh terlampau lama menunggu kestabilan harga. Takutnya nanti uang sudah dipakai untuk jajan. Hehehe

Jangan langsang melakukan investasi ketika harga emas tengah melambung dan melonjak tinggi. Apakah kita harus terus bersandar pada pemikiran konvensional seperti itu?

Meski terdengar sepele, tetapi hal-hal yang tersebut tetap bisa kita jadikan pertimbangan sekaligus perhatian saat memilih investasi emas online.

Takutnya nanti, gara-gara harga emas cenderung stabil (naik), tiba-tiba waktu sudah berlalu satu tahun sedangkan kita belum jadi beli logam mulia untuk investasi. Ya.....rugi dong!

  • Memilih Jenis Emas

Selanjutnya, penting pula mengetahui apa saja jenis jenis emas yang dijual di pasaran, lalu pahami jenis emas mana yang tepat.

Jika dirimu memang benar benar memiliki minat penuh untuk menabung, sangat disarankan memilih emas batangan. Atau, dirimu juga bisa pilih logam mulia berbentuk perhiasan yang didukung dengan sertifikat.

Untuk perbandingan emas batangan maupun emas perhiasan, sebenarnya hal tersebut disesuaikan kembali dengan kebutuhanmu.

Hal tersebut agak susah-susah gampang namun tetap penting diperhatikan, mengingat jenis emas ini nilai jualnya cukup tinggi.

Jikalau nanti dirimu memilih jenis emas perhiasan seperti gelang, kalung, giwang, cincin, serta jenis si kuning lainnya yang biasa ditujukan untuk perhiasan, maka jenis emas tersebut cenderung memiliki harga jual yang lebih rendah bila dibandingkan dengan emas batangan.

Emas Perhiasan
Emas Perhiasan (Cincin). Gambar oleh fedil dari Pixabay

Tapi, pilihannya kembali lagi kepada dirimu. Untuk detailnya bisa kamu baca lebih lengkap di artikel: Mendingan Investasi Emas Perhiasan atau Emas Batangan? Begini 5 Sudut Perbandingannya

  • Memilih Tempat Pembelian Emas

Sangat penting membeli emas batangan untuk investasi di tempat yang jelas terpercaya dan memiliki izin resmi.

Di sisi yang sama, dirimu pun bisa memilih emas online dari toko terpercaya dan berkualitas di situs marketplace. Cara ini akan mengindarkan kita dari risiko investasi bodong.

Selain itu, pastikan jika toko online tempat kita membelinya telah memiliki ulasan dan testimoni yang positif dari para pelanggannya.

Apabila dirimu membeli di tempat yang sekiranya terpercaya dan menawarkan keamanan, maka hal ini akan mengurangi terjadinya kecurangan seperti kadar yang tidak sesuai dengan harga belinya.

Hal Utama Perlu Diperhatikan Saat Memilih Investasi Emas Online adalah Keasliannya

Selanjutnya dan yang menurutku paling utama adalah, kita memastikan bahwa emas yang akan dibeli itu “asli” meski dilakukan melalui online.

Jenis emas yang asli pastinya punya cap yang menjadi tanda kadar emas.

Contohnya seperti logam mulia dengan kadar fineness 1 - 999 ataupun 99,99. Bisa juga, karat emas tersebut 10K, 14K, 18K, 22K bahkan hingga 24K.

Lebih dari itu, pada hari ini sistem keamanan emas juga lebih canggih. Pada beberapa produk emas investasi seperti EOA Gold, Antam, hingga Minigold sudah terpajang hologram alias sertifikat elektronik yang bisa diperiksa melalui aplikasi android.

Alhasil, semakin kita memperhatikan detail pembelian emas online, maka semakin kecil pula peluang penipuannya. Toh, niat kita awalnya juga untuk mengamankan aset untuk masa depan, kan?

***

Demikianlah 3 hal yang perlu jadi bahan pertimbangan membeli emas via online. Sebagai tambahan, hari ini sudah mulai eksis aplikasi investasi emas online yang tidak mewajibkan kita untuk mencetak emas. Sebut saja seperti aplikasi Pluang.

Ibarat kata, sama halnya seperti kita menabung emas yang dengan nominal berapa pun bakal di-convert menjadi emas namun masih berbentuk digital. Memang lebih mudah, sih. Tapi sekali lagi, hati-hati.

Bagi dirimu yang masih ragu, sebaiknya mulailah investasi emas mulai dari sekarang agar mendapat berbagai keuntungannya.

Tapi, sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, yang namanya investasi emas itu harus sabar. Emas beda dengan saham yang pergolakan harganya bisa terjadi secepat kilat.

Jadi, secara tidak langsung, orang-orang yang memilih investasi emas adalah mereka yang meninggikan kebijaksanaan diri dan keluarga dari sisi finansial.

Salam.

Baca juga:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Juragan, Berikut Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Investasi Emas Online"

  1. Bagi Nenek, investasi emas itu memang bagus selain beli tanah. Tetapi kalau membelinya di toko online, memang berpikir dulu beberapakali. Ngeri. mengingat penipuan via online sudah banyak makan korban. Terima kasih ulasnnya, ananda Ozy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, setuju banget Nek. Jajan online terkadang sering dihantui oleh diskon-diskon besar yang malah tidak masuk akal karena potongan harga yang terlalu tinggi. Hehehe..
      Terima kasih Nek
      Salamhangatku

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.