Widget HTML #1

Yuk Investasi! Begini Cara Membeli Emas Perhiasan yang Aman

Hari ini kebutuhan finansial dan ekonomi menjadi faktor utama dalam segala kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, mulai bermunculan koperasi-koperasi serta bank yang mulai menjamur di sebagian besar daerah di Indonesia. 

Mereka menawarkan berbagai kemudahan serta keuntungan dalam menyimpan dana ataupun harta berharga. 

Misalnya saja sertifikat rumah, tanah, perhiasan, serta emas dan logam mulia lainnya yang tidak akan menurun harganya meskipun disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Hal tersebut sejatinya seirama dengan ramainya penduduk di seluruh dunia yang memanfaatkan segala cara untuk menabung pundi-pundi uang.  Gunanya? Tidak lain demi merengkuh masa depan yang cerah. 

Selain itu, masyarakat juga ingin agar mereka punya tabungan yang menjamin kehidupan di masa purna.

Nah, bersandar dari fenomena hari ini, mungkinkah dirimu mulai tertarik untuk memiliki emas perhiasan yang dapat dikenakan pada saat acara penting sekaligus simpanan untuk kebutuhan mendesak?

Namun, apakah dirimu sedang memikirkan bagaimana cara membeli emas perhiasan yang aman? 

Di era milenial, membeli emas tentunya bukan lagi hal yang rumit karena sudah banyak sistem jual beli yang dilakukan secara dalam jaringan (daring).

Ada juga jasa yang menyediakan pembelian emas perhiasan secara COD sehingga tidak memberatkan kita dalam membeli dan menyimpannya.

Memang benar bahwa tersedia banyak toko dan kedai perhiasan di sekitar kita. Tapi...kita perlu mengetahui beberapa cara yang tepat sebelum membeli emas yang aman.

Hal ini dikarenakan banyak penjual curang yang malah menjual barang palsu kepada kita dengan harga yang selangit.

Beberapa Cara Membeli Emas Perhiasan Yang Aman

Cara Membeli Emas Perhiasan yang Aman
Cara Membeli Emas Perhiasan yang Aman. Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay
Yes, dirimu telah datang pada artikel yang tepat karena akan ada informasi seputar cara membeli emas perhiasan yang aman yang dapat disimak sebagai referensi atau bahan pembelajaran sebelum memulai tindakan tersebut. 

1. Periksa Emas Perhiasan Sebelum Memutuskan untuk Membeli

Hal utama yang selalu dilakukan sebagian besar orang dalam membeli segala sesuatu adalah memeriksanya terlebih dahulu. Apalagi jika barang yang kita beli merupakan emas yang tidak main-main harga jualnya. 

Kita mesti menanyakan keaslian emas tersebut serta mengetahui berapa gram beratnya serta berapa kadar karatnya.

Sebelum melakukan hal remeh-temeh yang mungkin juga dikerjakan oleh banyak pelanggan perhiasan, kita juga perlu melakukan survei alias riset mengenai harga emas yang berkisar di bulan tertentu. 

Terang saja, harga emas sifatnya fluktuatif sehingga naik turunnya harga emas tergantung dengan kurs dan krisis ekonomi yang sedang melanda beberapa negara-negara besar yang ada di dunia.

Dengan melakukan survei, kemudian membandingkan harga emas murni dengan prakiraan harga emas perhiasan, kita bisa mengukur berapa kira-kira harga perhiasan hari ini.

Ya, emas perhiasan kadar karatnya tidak bakal mencapai angka 24 karena harus dicampur dengan bahan logam sejenis demi keperluan pencetakan. Sebagai pembanding harga, kita bisa cek pemberitaan dunia di situs kitco.com maupun goldprice.org.

2. Periksa Sertifikat Keaslian

Emas murni selalu memiliki sertifikat keaslian yang dikeluarkan oleh suatu badan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menanyakan perihal sertifikat kepada penjual emas yang ditemui. 

Bila dirimu salah langkah, maka dirimu tentu dapat kehilangan uang hingga belasan juta untuk emas yang belum terjamin keasliannya.

Ikuti cara membeli emas perhiasan yang aman ini untuk mendapatkan emas perhiasan yang asli dan legal.

Sadar atau tidak, ada banyak orang menjual emas ilegal yang tidak terdaftar dalam pemerintahan. Emas tersebut biasanya merupakan hasil curian ataupun pembuatan secara manual yang tidak terkandung emas murni di dalamnya. 

Alhasil, cara ini dapat dijadikan salah satu solusi sebelum memutuskan akan benar-benar membeli emas perhiasan tersebut atau tidak.

Di hari ini, sistem keamanan dan cek keaslian emas semakin canggih. Beberapa produk sudah dikarunia barcode alias kode keaslian elektronik yang bisa kita cek melalui aplikasi Android.

3. Belilah Perhiasan di Tempat Terpercaya

Cara ini paling sederhana namun krusial. Ya, kita bisa membeli emas perhiasan di toko yang sudah lama menjual emas di daerah sendiri. 

Toko yang lebih tua dalam penjualan atau dengan kata lain telah melayani berbagai pelanggan dalam kurun waktu belasan hingga puluhan tahun tentunya dapat dikatakan sebagai pusat terpercaya. 

Dengan demikian, kita tak perlu lagi ragu. Bahkan, kita juga dapat menanyakan pada pelanggan yang membeli emas tersebut untuk mendapatkan testimoni yang diperlukan.

Secara, emas perhiasan adalah produk investasi favorit yang fashionable. Selain digunakan untuk mahar nikah, sebagian masyarakat juga menjadikan si kuning ini sebagai asesoris untuk memperindah penampilan. 

Tapi laki-laki tidak boleh ya. Awas!

Sekali lagi, utamakan keaslian dan kelegalan agar kita dapat memiliki perhiasan tanpa rasa was-was dan resah. 

4. Jangan Tergiur dengan Diskon Besar

Bagi sebuah produk, diskon seakan menjadi ruhnya bisnis dan penjualan. Makin besar diskon, maka makin banyak pula pelanggan yang terpesona dan tertarik dengan barang yang dijual.

Tapi, khusus untuk emas perhiasan, kita jangan terlalu mudah tergiur dengan diskon besar. Apalagi sampai ada bonus 1 ketika beli 2, awas penipuan!

Jangan Tergiur dengan Diskon Besar
Jangan Tergiur dengan Diskon Besar Emas. Gambar oleh kalhh dari Pixabay
Emas bukan produk kaleng-kaleng yang bisa didiskon hingga 50%. Walaupun toko perhiasannya berbeda, biasanya harga emas perhiasan tersebut relatif bersaing. 

Namanya juga si kuning penghias, terkadang yang menentukan harganya ialah biaya cetak --selain dari kadar karat--.

Sebagai penutup, harga emas yang cenderung mahal jikalau masih dalam kewajaran (persaingan produk antar sesama toko) bukanlah hal yang patut untuk kita ambyarkan.

Terang saja, kalau emas perhiasan yang kita beli adalah untuk keperluan investasi, berarti investasi tersebut tidak kita nikmati hari ini, melainkan beberapa tahun di masa depan. 

Emas merupakan aset investasi lindung nilai yang kebal terhadap inflasi.

Jadi, jikalau dirimu ada kelebihan uang setelah berbelanja kebutuhan, ada baiknya atur strategi finansialmu uang lebih itu ditukar dengan emas saja.

Salam.

Baca juga:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Yuk Investasi! Begini Cara Membeli Emas Perhiasan yang Aman"