Widget HTML #1

Contoh Sambutan Kepala Sekolah Saat Perpisahan SD yang Singkat, Padat, dan Jelas

Sambutan Kepala Sekolah Saat Perpisahan
Sambutan Kepala Sekolah Saat Perpisahan. Designed by GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Kepala Sekolah, sudah menyiapkan kata-kata sambutan untuk membuka kegiatan pelepasan atau pelepasan siswa kelas 6 tahun ini?

Ya, dalam acara perpisahan, sambutan kepala sekolah adalah salah satu acara wajib. Sebenarnya sambutan dari kepala sekolah tidak perlu panjang-panjang karena biasanya acara pelepasan itu cukup memakan waktu lama.

Nah berikut disajikan contoh teks sambutan kepala sekolah saat perpisahan di SD yang singkat, padat, jelas, dan menyentuh hati.

Mari disimak ya:

Sambutan Kepala Sekolah Saat Perpisahan Singkat

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Bahagia untuk Kita Semua

Alhamdulillahirobbil'alamin. Assalatu wassalamu 'ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa 'ala alihi wasohbihi ajma'in.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota/Provinsi
Yang saya hormati, Bapak Kepala Desa Beserta Perangkatnya
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru SD Negeri/Swasta....
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Wali Murid Beserta Segenap Tamu Undangan
Serta anak-anak yang berbahagia

Pertama-tama di atas segalanya, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang senantiasa diberikan, terutama nikmat sehat dan sempat hingganya kita bisa berkumpul bersama di sini dalam rangka kegiatan Pelepasan Kelas VI Tahun Pelajaran 2022/2023.

Sholawat berhiaskan salam, tiada lupa kita kirimkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Semoga dengan rajinnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti. Aamiin Ya Robbal 'Alaamiin.

Anak-anak kelas 6 yang saya sayangi;

Tiada terasa, sudah enam tahun kalian belajar di sini, berjuang di sini, bekerja keras di sini, serta mengasah keterampilan di SD tercinta.

Dulu, di awal-awal masuk sekolah, agaknya tidak sedikit dari anak-anak yang belum bisa membaca dengan lancar, belum bisa berhitung, hingga baca Al-Qur'an.

Alhasil, setiap hari kalian bertemu dengan Bapak/Ibu guru, kemudian terus belajar setiap hari tanpa lelah, tanpa berputus asa, hingga akhirnya bertambah hari, bertambah minggu, bertambah bulan dan tahun.

Sedangkan hari ini? Apa yang terjadi, dan apa yang kalian rasakan?

Sadar atau tidak, ternyata kalian sudah bisa membaca dengan lancar, berhitung dengan lancar, hafal perkalian, hafal ayat-ayat pendek, hingga bisa membaca Al-Qur'an. Sungguh, hal tersebut adalah sebuah prestasi yang patut kita syukuri bersama, karena nantinya akan menjadi bekal bagi kalian untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Adakah yang ingin masuk ke SMP di sini? Coba unjuk tangan. Adakah yang ingin masuk MTs? Masuk SMPIT?

Alhamdulillah, ya. Bapak/Ibu merasa senang dan bangga karena anak-anak masih semangat untuk melanjutkan pendidikan.

Sejatinya pendidikan itu adalah investasi bagi negara ini. Tanpa pendidikan, kita mau jadi apa? Tanpa ilmu, kita mau berbekal apa dalam menghadapi hidup? Tentulah tidak bisa.

Kalian masih muda, perjuangan masih panjang, maka kalian wajib untuk bersekolah. Nanti dulu berpacaran, nanti dulu bekerja mencari uang, nanti dulu pula bersantai-santai ria.

Perjalanan menuju SMP, kemudian SMA, kemudian kuliah itu akan terasa sangat cepat. Maka darinya, waktu yang sangat cepat itu tidaklah boleh kalian sia-siakan. Asahlah keterampilan sebanyak mungkin, carilah ilmu sebanyak mungkin, dan manfaatkanlah waktu sebaik mungkin.

Boleh Baca: Contoh Teks MC Perpisahan Sekolah Kelas 6

Anak-anak yang saya banggakan;

Ketika kalian akan meninggalkan sekolah ini, jangan lupa untuk berpamitan kepada Bapak/Ibu Dewan guru. Ucapkanlah terima kasih kepada mereka, minta maaflah kepada mereka, serta mintalah doa restu kepada mereka supaya perjalanan menuntut ilmu dimudahkan oleh Allah SWT.

Bapak/Ibu dewan guru sudah bersabar mengajari kalian, mendidik kalian, bahkan di awal-awal masuk sekolah juga mengasuh kalian. Meskipun kita bersekolah hanya sebentar, tapi Bapak/Ibu dewan guru adalah orang tua kalian di sekolah.

Bapak/Ibu Orang Tua dan Wali Murid;

Tidak banyak pesan saya, melainkan hanya satu saja yaitu doronglah anak-anak kita, berilah mereka motivasi, dan dukung mereka agar bersemangat untuk sekolah. Kalau bisa minimal sampai sarjana.

Jangan khawatirkan biaya, karena setiap niat yang baik dan disertai dengan ikhtiar akan dimudahkan urusannya oleh Allah SWT.

Meski Bapak/Ibu sibuk mencari nafkah, sibuk bekerja, tolong sempatkan untuk membimbing anak-anak. Sebagaimana kita para orang tua yang punya mimpi, maka sesungguhnya anak-anak kita juga punya mimpi yang ingin mereka capai.

Setiap anak itu unik, Bapak/Ibu. Tidaklah sama potensi mereka, biarpun mereka adalah anak kembar sekalipun. Maka darinya, janganlah kita mengukur kesuksesan mereka hanya dari prestasi akademik seperti ranking, peringkat, atau nilai semata. Setiap anak itu berbeda, dan insyaAllah mereka punya potensi masing-masing sesuai dengan minat dan bakatnya.

Bapak, Ibu, serta, anak-anak yang berbahagia;

Setelah acara perpisahan ini berakhir, marilah kita sama-sama hadirkan kesan yang baik. Jikalau ada kesan yang kurang baik selama kalian bersekolah di sini, maka harap untuk dimaklumi dan tidak perlu dibicarakan keluar. Bawalah kesan dan pesan yang baik karena biar bagaimana pun sekolah ini adalah rumah kita, tempat kita mencari ilmu, juga mencari nafkah.

Akhir kata, semoga anak-anak kita menjadi anak yang berguna terutama bagi dirinya sendiri, bagi keluarga, agama, nusa dan bangsa.

Mohon maaf atas khilaf dan salah ucap. Saya akhiri;

Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

***

Boleh Baca: Rekomendasi Hadiah Perpisahan Sekolah yang Murah dan Bermanfaat

Demikianlah sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh sambutan kepala sekolah dalam acara perpisahan di SD yang singkat, padat, dan jelas.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca: Contoh Pidato Perpisahan Sekolah yang Mudah Dihafal Siswa

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Sambutan Kepala Sekolah Saat Perpisahan SD yang Singkat, Padat, dan Jelas"