Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD yang Singkat, Padat, dan Jelas, Mudah Dihafal Siswa

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD yang Singkat, Padat, dan Jelas
Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD yang Singkat, Padat, dan Jelas. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sobat Siswa Guru Penyemangat. Bagaimana perasaannmu setelah sadar bahwa kamu akan segera tamat dari SD?

Agaknya ada rasa bahagia, haru, dan bercampur sedih, ya. Terang saja, masa-masa SD memang merupakan momentum yang sangat menyenangkan.

Tapi ya, hidup harus terus berjalan dan kita harus terus menatap ke depan. Sesudah SD masih ada SMP atau MTs. Dan pada harinya nanti semua orang pasti akan menuju ke sana.

Nah, untuk memaksimalkan kegiatan pelepasan siswa kelas 6, Guru Penyemangat telah menyiapkan contoh pidato bertema perpisahan.

Contoh pidato perpisahan kelas 6 SD berikut ditulis singkat, padat dan jelas sehingga mudah dihafal oleh siswa. Ada file PDF-nya juga lho.

Mari disimak ya:

Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat Bahasa Indonesia

Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat Bahasa Indonesia
Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat Bahasa Indonesia. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah;
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam sehat dan salam semangat untuk kita semua

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ala alihi wasohbihi ajma’in.

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Kepala SD ….
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru SD…..
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Wali Siswa beserta para tamu undangan
Serta teman-teman dari kelas 1-6 yang saya banggakan

Pertama di atas segalanya, marilah kita memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga kita bisa berkumpul di SD….. dalam rangka mengikuti kegiatan pelepasan siswa kelas 6 tahun 2022.

Shalawat dan salam tiada lupa kita kirimkan kepada Nabi Khatamul anbiya, Sayyidina Muhammad SAW. Semoga dengan rajinnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Berdirinya saya di sini tiada lain dan tiada bukan ialah untuk mewakili teman-teman kelas 6 untuk menyampaikan beberapa patah kata dalam rangka perpisahan kelas 6 SD…… tahun 2022.

Enam tahun sudah kami belajar di SD…… Mulai dari kelas 1, kelas 2, kelas 3, hingga akhirnya tiba di kelas enam.

Setiap tahun, guru kelas kami berganti. Beberapa kali pula guru mata pelajaran ada yang datang dan pergi.

Walau demikian, siapa pun gurunya, dan apa pun mata pelajarannya, guru tetap merupakan sosok inspiratif dan penyemangat bagi kami.

Adalah hal yang mustahil bagi kami terutama siswa kelas 6 untuk bisa melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi tanpa adanya bantuan dari guru.

Bapak/Ibu guru telah bersusah payah mengajar kami, mendidik kami, melatih kami, serta memotivasi kami untuk terus berjuang dengan semangat pantang menyerah.

Dari lubuk hati yang terdalam, saya mewakili teman-teman siswa khususnya kelas 6 ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu guru.

Guru laksana pelita yang menyinari kami dengan ilmu pengetahuan. Tanpa jasa guru, kami tidak akan tahu mau jadi apa-apa. Dan tanpa bantuan dari Bapak/Ibu guru, kami bukanlah siapa-siapa.

Dua ribu hari lebih kami bersekolah di SD ini, semakin hari kami semakin sadar tentang betapa pentingnya belajar, disiplin, dan adab. Semuanya kami dapatkan dari Bapak/Ibu guru yang senantiasa mengajar dengan semangat.

Namun demikian, selama 6 tahun belajar di sini ditemani dengan hujan, mendung, hingga panas, sudah barang tentu kami para siswa memiliki banyak kesalahan dan kekurangan.

Tentang saya yang lupa mengerjakan PR, tentang teman-teman yang takut diminta jadi pemimpin upacara, tentang siswa yang tidak mau untuk diminta menjadi pembawa acara kegiatan, hingga tentang kami yang berkata-kata keras dan kurang sopan kepada guru.

Atas semua perbuatan tersebut, kami mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Semoga Bapak/Ibu guru ikhlas memaafkan kesalahan dan tidak pernah bosan untuk mendoakan yang terbaik untuk masa depan kami dan kita semua.

Semoga Allah memberikan kesehatan, kesejahteraan, kebahagiaan, serta pahala yang tiada putus-putusnya untuk setiap keringat dan pengorbanan yang Bapak/Ibu guru lakukan untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa. Aamiin.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang mulia ini. Barangkali ada banyak hal yang ingin diutarakan, namun setiap pertemuan ada pula perpisahan. Mungkin di lain waktu kita bisa bercerita dan saling bertukar pendapat lebih banyak lagi.

Saya akhiri;
Wabillahi taufik wal hidayah;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Semangat Belajar

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Pendek dan Mudah Dihafal

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Pendek dan Mudah Dihafal
Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Pendek dan Mudah Dihafal. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillahirrohmaanirrohim;
Assalamua’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ala rasulillah wa ala alihi wasohbihi wa mawwalah.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala SD….
Yang terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Segenap Karyawan SD…
Yang terhormat, Bapak/Ibu Wali Siswa Beserta Para Tamu Undangan
Serta teman-teman dari kelas1-6 yang saya banggakan;

Pertama-tama, marilah kita bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita sehingga kita semua bisa hadir dan berkumpul di SD….. dalam rangka kegiatan Pelepasan Siswa Kelas 6 dalam keadaan sehat wal afiat dan tiada kurang suatu apa pun.

Shalawat berbingkai salam mari kita hadiahkan kepada Nabi Penutup Para Nabi, Sayyidina wa Maulana Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Pembalasan nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini, izinkanlah saya atas nama…..untuk menyampaikan pidato mewakili teman-teman dalam rangka kegiatan pelepasan siswa kelas 6 SD…..tahun 2022.

Terus terang, saya belum ada dua menit berdiri di sini untuk berpidato, tapi siapa sangka kami siswa kelas akhir sudah melalui waktu hingga 6 tahun demi mengenyam pendidikan di SD….

Enam tahun adalah waktu yang sangat lama bila dihitung, namun akan menjadi sangat sebentar ketika sudah tiba di acara perpisahan.

Dulu, di awal-awal masuk SD selepas tamat dari TK, kami bukanlah apa-apa. Kami belum bisa membaca, berhitung masih salah-salah, kurang beradab, bahkan sering kali tidak menuruti perintah guru. Padahal semua itu adalah kebaikan.

Tapi sekarang, seiring dengan bertambahnya tahun, kami mulai lancar dalam membaca, berliterasi, berpikir kritis, berketerampilan, hingga memahami mana akhlak yang tercela dan nama akhlak yang terpuji.

Atas semua yang didapatkan, kami dengan tulus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu guru.

Sungguh, jasa Bapak/Ibu guru sangatlah besar dan sangat berguna bagi masa depan kami. Bukan hanya soal berhitung dan membaca, tapi juga tentang tekad dan semangat pantang menyerah.

Setiap kali kami mendapat kesulitan, setiap itu pula Bapak/Ibu guru datang menghampiri kami, memotivasi kami, menyemangati kami, serta menawarkan solusi kepada kami.

Dari sanalah kemudian kami mulai menyadari bahwa dunia ini begitu sempit bagi orang-orang yang berputus asa, tapi begitu luas bagi orang-orang yang ingin mengejar asa.

Bapak/Ibu dewan guru yang kami sayangi. Dari lubuk hati terdalam, kami mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

Kesalahan kami mungkin sudah sebanyak dedaunan yang jatuh dari pohonnya, tapi sungguh hati guru begitu lapang dan senantiasa ikhlas mengajar kami. Sungguh benar bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa.

Bapak/Ibu dewan guru yang kami hormati. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya, hidayah-Nya, serta inayah-Nya kepada Bapak/Ibu guru sekalian. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf atas segala salah. Saya akhiri;

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Paling Mengharukan dan Menyentuh Hati

Download Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD PDF

Guru Penyemangat telah menyiapkan dokumen unduhan contoh pidato perpisahan yang singkat, padat, jelas dan mudah dihafal untuk siswa kelas 6 SD dengan format PDF.

Sobat bisa mengembangkan, mengedit, atau menjadikan contoh pidato ini sebagai pelengkap untuk sambutan di acara perpisahan alias pelepasan siswa kelas 6.

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan dokumen pidato perpisahan kelas 6.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD [1] PDF

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD [2] PDF

***

Demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat tentang contoh pidato perpisahan kelas 6 SD yang singkat, padat, dan jelas serta mudah untuk dihafal oleh siswa.

Semoga bermanfaat ya.

Silakan simak contoh pidato beragam tema di blog Guru Penyemangat dengan mengunjungi link berikut: Kumpulan Contoh Pidato dengan Berbagai Tema

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD yang Singkat, Padat, dan Jelas, Mudah Dihafal Siswa"