Widget HTML #1

Pidato Agama Islam Tentang Kemuliaan Wanita Beserta Dalilnya

Pidato Agama Islam Tentang Kemuliaan Wanita Beserta Dalilnya
Pidato Agama Islam Tentang Kemuliaan Wanita Beserta Dalilnya. Designed by GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, dalam Islam wanita memiliki kedudukan yang agung dan mulia. Meski demikian, ada aturan, ketentuan, sekaligus kriteria khusus supaya seorang wanita bisa masuk kategori mulia sebagaimana tuntutan agama Islam.

Nah, apakah Sobat ingin menjadi salah satunya?

Berikut GuruPenyemangat.com sajikan contoh teks pidato agama Islam tentang kemuliaan seorang wanita, lengkap dengan dalilnya.

Mari disimak:

Pidato Agama Islam Tentang Kemuliaan Wanita

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.

Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala...
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Tamu Undangan
Serta teman-teman yang senantiasa dirahmati oleh Allah SWT

Puji dan syukur marilah kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita begitu banyak nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga kita bisa menjalani hari-hari dengan bahagia.

Sholawat berhiaskan salam tiada lupa kita sampaikan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, dan teman-teman yang berbahagia;

Apakah kita setuju dengan pernyataan bahwa wanita itu mulia? Agaknya begitu, ya. Tambah lagi dengan semakin menguatnya Islam di muka bumi ini, maka semakin terkesiarlah kemuliaan seorang wanita.

Wanita itu mulia, dan salah satu kemuliaan terbesar dari wanita bisa kita lihat dari sosok malaikat yang ada di dunia ini. Siapa dia? Siapa lagi kalau bukan ibunda.

Sebagaimana diterangkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam kalamnya, bahwa surga ada di telapak kaki ibu. Kiasan ini menerangkan kepada kita tentang betapa mulianya posisi wanita, khususnya ibu dalam Islam.

Bahkan, hal tersebut pula ditegaskan pula oleh Allah dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra’ ayat 23 tentang larangan berkata “Ah” kepada orang tua. Itulah sejatinya penguatan tentang tingginya derajat seorang ibu, sekaligus wanita dalam Islam.

Teman-teman yang dimuliakan oleh Allah SWT;

Kemuliaan selanjutnya dari seorang wanita dalam Islam ialah dari segi pakaiannya. Wanita dalam hadis riwayat Imam Muslim diterangkan oleh Rasul sebagai perhiasan dunia.

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah isteri yang shalihah.” (HR Muslim)”.

Jikalau sudah begitu, apa kiranya langkah yang bisa dilakukan seorang wanita supaya bisa dipandang sebagai sosok perempuan yang mulia dalam Islam?

Boleh Baca: Contoh Pidato Agama Islam Materi Kejujuran Beserta Dalilnya

Teman-teman yang berbahagia;

Dalam Al-Qur’an Surah Al-Waqi’ah ayat 23, Allah SWT berkalam:

كَأَمۡثَٰلِ ٱللُّؤۡلُوِٕ ٱلۡمَكۡنُونِ  

Bacaan Latin:

Ka’amtsaalil-lu’luwil maknuun.

Artinya:

Laksana mutiara yang tersimpan baik.

Bila kita lihat mutiara, alangkah indahnya ketika mutiara tersebut mampu bersinar. Orang-orang yang memilikinya tentu akan menjaganya, menyimpannya dengan baik di tempat yang baik pula.

Agaknya perempuan muslimah pula demikian. Perempuan adalah mutiara ketika ia bisa menjaga dirinya, menutup sesuatu yang harusnya ditutup; yaitu aurat. Mengenakan hijab yang menutup aurat, menjaga suaranya, hingga menjaga rasa malunya.

Sungguh, wanita yang demikian derajatnya adalah perempuan mulia dalam Islam, laksana mutiara yang tersimpan dengan baik.

Berbeda dengan akhir zaman seperti sekarang ini di mana banyak wanita mulai tidak peduli lagi dengan rasa malu.

Imbas hadirnya media sosial, hadir pula wanita dengan sejuta gayanya. Memamerkan auratnya, berjoget ria demi konten, demi follower, komentar, dan likes tanpa peduli lagi dengan fitrahnya sebagai seorang wanita.

Naudzubillah! Semoga keluarga kita, saudara-saudari kita, teman-teman kita dijauhkan dari perilaku yang membuat kemuliaan seorang wanita jadi hancur.

Teman-teman yang berbahagia;

Sejatinya wanita yang mulia ialah mereka yang bisa menjaga dirinya, serta berperilaku layaknya seorang wanita sebagaimana tuntunan Al-Qur’an dan Hadis.

Islam menempatkan wanita sebagai makhluk yang mesti dijaga, dilindungi, serta dididik supaya dari rahimnya lahir seorang penerus bangsa yang taat.

Lebih daripada itu, keindahan seorang wanita dalam Islam pula tidak dipandang dari segi rupa, fisik, hingga gaya sebagaimana acara Idol, Princess, hingga duta yang sering kita lihat di televisi.

Keindahan wanita dalam Islam adalah dari segi lahir dan batin yang tercermin dalam akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari baik ketika dirinya sedang sendiri, bersama keluarga, atau ketika dirinya berada di tempat umum.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri;

Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

***

Nah Sobat, itulah tadi sajian GuruPenyemangat.com tentang pidato bertema kemuliaan seorang wanita dalam Islam.

Semoga bermanfaat
Salam. 

Lanjut Baca: Contoh Pidato Agama Islam Tentang Akhlak Seorang Pelajar

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Pidato Agama Islam Tentang Kemuliaan Wanita Beserta Dalilnya"