Widget HTML #1

Review Pasir Kucing Zeolit Lengkap dengan Kelebihannya

Hai Cat Lovers! Untuk pembahasan kali ini yaitu tentang review pasir kucing zeolit beserta keunggulannya.

Buat Sobat yang memelihara kucing, tentunya akan membutuhkan tempat sebagai untuk berak ataupun kencing supaya tidak sembarangan.

Kebanyakan orang selalu memanfaatkan pasir zeolit sebagai tempat berak si kucing. Sebab, pasir zeolit dinilai mempunyai banyak keunggulan daripada pasir yang lainnya.

Nah, buat Sobat yang ingin tahu lebih dalam mengenai pasir zeolit, silakan perhatikan penjelasan detailnya berikut ini.

Review Pasir Kucing Zeolit

Review Pasir Kucing Zeolit Lengkap dengan Kelebihannya
Review Pasir Kucing Zeolit Lengkap dengan Kelebihannya. Dok. GuruPenyemangat.com

Memelihara kucing bukanlah menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, jika Sobat merupakan pecinta kucing, tentunya merawat kucing dengan sepenuh hati bukanlah suatu masalah yang merepotkan. Mulai dari perawatan fisik, asupan vitamin dan makanan, hingga tempat pup kucing.

Nah, untuk tempat pup kucing, kebanyakan orang tentunya selalu menggunakan pasir. Di pet shop, Sobat akan menjumpai berbagai jenis pasir yang dapat digunakan untuk kucing. Dan setiap jenis pasir, tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Salah satu pasir yang cukup berkualitas dan banyak digunakan orang-orang yang memelihara kucing yaitu pasir zeolit.

Pasir zeolit merupakan mineral yang ditemukan dalam berbagai jenis batuan sedimen vulkanik. Nama zeolit diambil dari bahasa Yunani, yaitu zen yang berarti mendidih dan lithos artinya batu.

Jenis pasir tersebut mempunyai manfaat sebagai pertukaran ion (ion exchange) serta juga pelunakan air (water softener). Pada umumnya, pasir zeolit ini mempunyai warna abu kehijauan.

Karena bersifat dapat menyerap air, serta juga mudah dicuci ulang, tentu menjadikan pasir jenis ini sering digunakan untuk media penampung kotoran kucing. Tak hanya itu saja, pasir zeolit ini juga mempunyai keunggulan lain jika dibandingkan dengan pasir kucing lainnya.

Nah, buat Sobat yang ingin tahu mengenai keunggulan dari pasir zeolit, silakan simak serangkaiannya di bawah ini.

Keunggulan Pasir Zeolit Untuk Kucing

Seperti yang sudah dijelaskan, pasir zeolit ini sangat cocok digunakan sebagai media penampung kotoran kucing. Selain itu, pasti ini juga dapat digunakan dalam berbagai bidang usaha manusia yang lainnya.

Pasir zeolit juga juga termasuk ke dalam pasir kucing yang paling laris. Sebab, pasir tersebut mempunyai banyak keunggulan yang sangat ciri khas. Nah, berikut ini beberapa keunggulan yang ada di pasir zeolit.

1. Dapat Digunakan Berulang Kali

Keunggulan yang pertama dari pasir zeolit ini yaitu dapat digunakan berulang kali. Sebab, setelah pasir terkena kotoran kucing, bisa langsung dicuci kembali hingga bersih.

Pasir zeolit ini sangat mudah dibersihkan dari kotoran kucing yang sudah menempel. Bisa dibilang, pasir ini dapat menghemat kebutuhan supaya tidak sering-sering membeli pasir untuk toilet kucing.

Namun, ketika ingin membersihkannya, tentu harus menggunakan desinfektan supaya bakterinya ikut menghilang. Setelah selesai dibersihkan, Sobat jua perlu mengeringkannya sebelum digunakan lagi.

2. Mudah Menyerap Air

Pasir zeolit ini juga dinilai oleh banyak orang yaitu mudah menyerap air. Sebab, tekstur yang ada di dalam butiran pasir tersebut akan bekerja melakukan pelunakan atau penyerapan cairan yang tertuang di dalamnya.

Maka dari itu, ketika kucing Sobat buang air kecil di pasir ini, maka genangan airnya akan langsung terserap. Jadi, bisa dibilang pasir ini sangat efektif untuk digunakan sebagai media penampung kotoran kucing.

Baca Juga: Review Pasir Kucing Tofu

3. Mampu Mengikat Sumber Bau Tak Sedap

Keunggulan pasir zeolit berikutnya yaitu mampu mengikat sumber bau kotoran kucing yang kurang sedap.

Jadi, walaupun pasir Zeolit sudah digunakan kucing untuk pup, namun bau yang dihasilkan tidak akan terlalu menyengat. Sehingga, walaupun diletakkan di dalam rumah, bau dari kotoran kucing tidak akan menyengat.

4. Sangat Mudah Ditemukan

Karena menjadi salah satu pasir kucing yang cukup terkenal, maka pasir zeolit ini sangat mudah ditemukan.

Hampir setiap pet shop selalu menyediakan pasir jenis ini. Selain pet shop, Sobat juga bisa langsung datang ke tempat penjual pasir zeolit secara langsung. Jadi, Sobat tidak perlu bingung lagi tentang bagaimana cara untuk menemukannya.

5. Harganya Cukup Terjangkau

Selain mudah untuk ditemukan, pasir zeolit ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Sebab, pasir ini sudah banyak ditemukan dan di produksi di Indonesia, sehingga harganya pun cukup bersahabat. Dengan begitu, Sobat dapat menghemat pengeluaran dalam biaya kebutuhan perlengkapan kucing.

Jadi, itulah serangkaian ulasan mengenai review pasir kucing zeolit beserta keunggulannya. Walaupun mempunyai banyak keunggulan, bukan berarti pasir jenis ini tidak memiliki kekurangan. Untuk itu, berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki pasir zeolit tersebut.

Baca Juga: Pasir Kucing Pengganti, Apakah Abu Gosok Bisa?

1. Tidak Dapat Menggumpalkan Kotoran

Perlu Sobat ketahui, pasir zeolit ini terbilang cukup sulit untuk menggumpalkan kotoran kucing. Sebab, sejatinya pasir tersebut hanya terbuat dari butiran bebatuan khusus.

Terlebih lagi, jika pasir yang Sobat gunakan cuma sedikit, maka, kotoran kucing menjadi tidak bisa menggumpal dan bercampur dengan pasir.

2. Daya Serap Kurang Maksimal

Pasir zeolit ini memang mempunyai daya serap pada kotoran ataupun kencing kucing. Namun, daya serap yang dimiliki sebenarnya kurang cepat dan maksimal. Terlebih lagi, jika pasir ini sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka daya serapnya menjadi semakin berkurang.

3. Cenderung Berdebu

Pasir zeolit ini juga mempunyai kekurangan yaitu cenderung lebih berdebu. Jadi, buat Sobat yang alergi debu, mungkin pasir ini kurang cocok untuk digunakan.

Sebab, bisa saja akan mengganggu sistem pernapasan serta juga mudah membuat ruangan sekitar menjadi terkena debunya juga.

Demikian penjelasan mengenai review pasir kucing zeolit beserta keunggulannya. Walaupun mempunyai banyak keunggulan, pasir tersebut juga mempunyai kekurangan. Namun, pasir ini terbilang lumayan cocok untuk dijadikan alternatif media penampung kotoran kucing.

Pasir Kucing Zeolit.

Semoga bermanfaat ya
Happy Cat!

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Review Pasir Kucing Zeolit Lengkap dengan Kelebihannya"