Widget HTML #1

Rekomendasi Pengganti Pasir Kucing, Apakah Abu Gosok Bisa?

Rekomendasi Pengganti Pasir Kucing, Apakah Abu Gosok Bisa?
Rekomendasi Pengganti Pasir Kucing, Apakah Abu Gosok Bisa? GuruPenyemangat.com

Rekomendasi pengganti pasir kucing, apakah abu gosok bisa? Jawaban pertanyaan tersebut adalah, tentunya abu gosok bisa sebagai pengganti pasir kucing.

Dimana abu gosok juga memiliki banyak kelebihan dan keunggulan yang tidak kalah berkualitas dari pasir kucing.

Meskipun abu gosok belum banyak orang menggunakan. Tapi bisa jadi alternatif dan solusi terbaik ketika stok pasir kucing Sobat habis.

Salah satu kelebihan dari abu gosok inilah harganya lebih murah jika Sobat bandingkan dengan harga pasir kucing. Jadi dengan harga terjangkau membantu Sobat menghemat budget dalam mengurus hewan peliharaan. 

Pasir kucing biasanya akan dihargai dengan mahal setiap produk dan merknya. Pada umumnya harga dari pasir kucing itu sendiri lebih dari 40 ribuan.

Berikut rekomendasi pengganti pasir kucing selain abu gosok:

1. Pasir Biasa

Sobat bisa membeli pasir dari toko bahan bangunan yang ada di sekitar tempat tinggal. Tentu pasir biasa lebih murah jika Sobat bandingkan dengan pasir kemasan khusus untuk kucing.

Pastikan pasir yang Sobat gunakan dalam kondisi kering, tidak ada kelembapan sama sekali. Selanjutnya campurlah pasir dengan baking soda.

Hal ini agar pasir bisa menyerap bau tak sedap secara optimal. Jadi, setelah itu sobat masukkan pasir ke kotak pasir kucing. Lalu aduklah secara merata dengan sisa pasir kemasan yang masih ada.

2. Serpihan Kertas

Rekomendasi pengganti pasir kucing selain abu gosok dan pasir biasa adalah serpihan kertas. Ya, sisa-sisa koran atau dokumen kertas juga bisa digunakan sebagai pengisi kotak pasir kucing Sobat.

Sobek-sobekan kertas kemudian rendam dalam air yang sudah diberi sabun pencuci piring. Fungsi dari sabun ini gunanya untuk menghilangkan tinta pada kertas serta memberi aroma wangi.

Bilas kertas dengan bersih hingga tak ada busa sabun, peras, serta tata serpihan kertas di baki kering. Sobat bisa letakan adonan kertas di bawah sinar matahari agar nantinya adonan kertas kering secara optimal. 

Campurkan baking soda ke bubur kertas sudah kering. Setelah itu, Sobat baru bisa masukkan ke dalam kotak pasir kucing.

Sobat di rumah bisa menggunakan serpihan kertas ketika pasir kucing Sobat habis atau krisis keuangan pas-pasan. Keuntungan menggunakan serpihan kertas juga tak lebih bagus dari merk pasir kucing.

Mungkin memang terdapat banyak perbedaan. Mulai dari segi kualitas bahkan keefektifan bahan. Namun sudah banyak sebagian orang memilih bahan satu ini, khususnya pada saat stok pasir kucing habis.

Baca Juga: Rekomendasi Pasir Kucing Wangi

3. Jagung

Pengganti pasir kucing selain abu gosok bisa menjadi solusi terbaik Sobat. Jagung pun bisa Sobat gunakan. Butiran jagung kecil-kecil biasanya digunakan sebagai makanan ternak ayam juga dimana dapat Sobat gunakan mengisi isi kotak pasir kucing.

Butiran jagung juga mudah menggumpal layaknya pasir kemasan. Pastikan juga sobat meletakkan kotak pasir kucing berisi butiran jagung ini jauh dari sarang serangga atau serangan ayam.

4. Daun Teh

Mungkin terbilang aneh dan jarang orang pikirkan bahwa daun teh bisa menjadi campuran pasir kucing. Daun teh, khususnya teh hijau mempunyai properti antibakteri.

Sehingga bisa menyamarkan bau tidak sedap. Bukan hanya itu saja, daun teh kering juga memiliki kemampuan guna menggumpal jika terkena cairan.

Jadi, jika sobat memiliki daun teh sudah kadaluarsa, jangan Sobat buang. Gunakan dan manfaatkan saja sebagai campuran pasir kemasan guna penghematan.

5. Tanah

Selain dari 4 bahan di atas beserta abu gosok dimana bisa menjadi solusi mudah ketika pasir kucing sobat habis. Sobat di rumah bisa memanfaatkan tanah. Namun tanah tidak mempunyai properti antibakteri.

Sehingga harus dicampur dulu dengan baking soda agar pasir bisa meredam bau kotoran kucing. Sebaiknya meletakkan karpet khusus di sekitar kotak pasir kucing. Karena bahan pasir dan tanah rawan menempel di telapak kaki kucing.

Jadi, Sobat di rumah sudah tahu bukan jawaban mengenai pertanyaan mengenai rekomendasi pengganti pasir kucing, apakah abu gosok bisa? Maka dari itu bahan-bahan di atas tadi bisa menjadi solusi mudah dan tepat untuk sobat pelihara kucing.

Ketika pasir kucing rumah sobat habis atau sedang tidak memiliki budget banyak ingin membeli pasir kucing. Abu gosok memang jarang orang gunakan untuk menggumpal kotoran kucing.

Akan tetapi sebenarnya abu gosok juga tidak kalah bermanfaatnya dari pasir kucing luar sana. Abu gosok lebih bisa menghemat budget Sobat. 

Karena setiap abu gosok akan dijual belikan harga murah saja. Berbeda dengan jenis merk pasir kucing dimana setiap mereknya kerap dibanderol dengan harga yang tinggi.

Untuk itu jalan salah satunya menggunakan serta membuat bahan lain pengganti pasir kucing. Bukan hanya abu gosok saja, sudah kami jelaskan tadi bahwa terdapat bahan mudah Sobat temukan untuk mensubstitusi pasir kucing jika kehabisan stok. Setiap bahan tentu mempunyai cara penggunaan dan kualitas berbeda.

Baca Juga: Rekomendasi Mainan Kucing Lucu dan Disukai Si Anabul Tersayang

Rekomendasi pengganti pasir kucing, apakah abu gosok bisa? Tentunya bisa, abu gosok sebagai pengganti pasir kucing. Kini giliran Aobat untuk mencoba abu gosok atau bahan lain telah disebutkan tadi.

Semoga bermanfaat
Happy Cat!

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Pengganti Pasir Kucing, Apakah Abu Gosok Bisa?"