Widget HTML #1

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office 365, Apa Bedanya dengan Office 2021?

Hai Sobat Guru Penyemangat, bagaimanakah kesan Sobat terhadap Microsoft Office 365?

Kalau GuruPenyemangat.com pribadi sempat beberapa hari kesal karena tidak bisa menggunakan Office gara-gara si Office 365 ini meminta langganan dan notifikasinya tidak bisa di-close. Hemm

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 365 perlu para pengguna ketahui. Microsoft Office 365 memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam aplikasi. Aplikasi tersebut bisa menggunakan segala aktivitas sehari-hari manusia. 

Berbagai aktivitas pekerjaan atau kegiatan pendidikan akan membutuhkan aplikasi ini sebagai bahan pendukung.

Banyak orang telah menganggap bahwa Microsoft Office 365 menjadi salah satu perangkat yang memiliki fungsi penting untuk kegiatan ketik-mengetik.

Microsoft Office selalu meluncurkan program-program terbaru yang terbukti pada zaman semakin modern ini Microsoft Office selalu menunjukkan eksistensinya.

Salah satu program Microsoft Office tersebut yaitu Microsoft Office 365. Microsoft Office 365 merupakan sebuah aplikasi buatan Microsoft yang memiliki program dalam satu paket lengkap. 

Dalam aplikasi tersebut terdiri dari Word, PowerPoint, Excel, Outlook, Access, dan Publisher. Fitur yang ada dalam Office 365 ini selalu up to date.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office 365
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office 365. Dok. GuruPenyemangat.com

Alhasil, cocok bagi sobat yang menyukai tambahan fitur yang selalu baru. Selain itu, juga cocok apabila membutuhkan cloud storage besar.

Office 365 merupakan pilihan yang tepat apabila sobat membutuhkan aplikasi yang bisa dipasang pada berbagai perangkat dan saling terhubung.

Namun, terdapat kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 365 yang bisa sobat ketahui. Kelebihan dan kekurangan tersebut tentu bisa bermanfaat bagi para pengguna.

Kelebihan Microsoft Office 365

Microsoft Office 365 memiliki beberapa kelebihan yang bisa para pengguna rasakan. Dengan beberapa kelebihan tersebut bisa membuat para pengguna lancar saat melakukan kegiatan menggunakan aplikasi. 

Office 365 telah berhasil membantu banyak pengguna untuk melakukan kegiatan membuat dan mengolah berbagai file. Terdapat beberapa kelebihan dari Office 365 seperti berikut ini:

  • Fitur Microsoft Office 365 selalu update yang akan diperbarui secara otomatis tanpa harus membayar biaya tambahan.
  • Lebih lengkap, tidak hanya mendapatkan aplikasi Office standar tetapi sobat juga mendapatkan Skype 60 menit per bulan dan cloud storage OneDrive 1TB.
  • Aplikasi bisa digunakan pada semua perangkat. Tidak hanya melalui PC saja, tetapi sobat juga bisa menggunakan Microsoft Office 365 pada laptop Windows, macOS, tablet, dan smartphone.
  • Pengguna akan mendapat bonus cloud storage 1 TB. Sehingga bisa memudahkan untuk menyimpan data dan akses dari mana saja. Sobat jadi tidak perlu repot-repot untuk membawa hardisk atau flash disk lagi.
  • Pengguna akan mendapat dukungan penuh dari email, chat, atau telepon.
  • Memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Hal itu karena Microsoft Office 365 telah lengkap dengan standar keamanan 27001 ISO / IEC.
  • Terhubung dengan sebuah layanan Office 365 for Education. Layanan tersebut bisa membantu pengguna yang masih berstatus pelajar untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mereka.
  • Terdapat fitur sinkronisasi otomatis semua file dan folder akan di sinkronisasi secara otomatis karena sudah terintegrasi dengan penyimpanan cloud. Sehingga sobat tidak perlu khawatir karena file yang sudah diedit akan tetap ada.
  • File yang sudah disinkronisasi bisa pengguna akses melalui smartphone, komputer, laptop, atau tablet.

Kekurangan Microsoft Office 365

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 365 bisa memudahkan para pengguna membuat sebuah keputusan yang tepat.

Tidak hanya memiliki kelebihan Microsoft Office 365 juga memiliki beberapa kekurangan dalam penggunaannya. Beberapa kekurangan dalam Microsoft Office membuat sebagian pengguna merasa rugi. Berikut merupakan beberapa kekurangan dari Microsoft Office 365:

  • Biaya lebih mahal, sifat aplikasi berlanggan sehingga sobat harus membayar per bulan atau per tahunnya.
  • Penggunaan aplikasi membutuhkan jaringan internet. Untuk mendapatkan performa yang maksimal dan fitur yang selalu up to date, Ms Office 365 harus terhubung pada internet.
  • Jika Sobat menggunakan Office bajakan, terkadang muncul notifikasi berlangganan Office 365 yang tidak bisa ditutup.

Perbedaan Microsoft Office 365 dengan Microsoft Office 2019

Tidak hanya memiliki kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 365, juga memiliki perbedaan dengan Office 2019.

Microsoft Office 365 merupakan aplikasi office dari Microsoft yang bersifat berlangganan. Berlanggan tersebut bisa pengguna bayar bulanan atau tahunan. Sedangkan Office 2019 memiliki sistem satu kali bayar. 

Hal itu berarti saat sobat telah membeli maka bisa menggunakan aplikasi tersebut secara terus-menerus sampai kapanpun. Apabila suatu saat terdapat office versi terbaru, tidak perlu melakukan upgrade karena bisa menggunakan Office 2019 versi lama.

Microsoft Office 365 mengharuskan para pengguna untuk membayar terus-menerus. Apabila tidak membayarnya maka tidak bisa menggunakan aplikasi untuk mengolah dan membuat berbagai data lagi. 

Perbedaan selanjutnya yaitu terdapat dari segi fitur. Fitur Microsoft Office 365 lebih unggul daripada Office yang biasa. Hal itu karena Office 365 memiliki fitur berlanggan sehingga fitur-fitur tersebut akan terus mendapat pembaruan. 

Untuk mendapatkan fitur terupdate supaya tidak perlu membayar biaya lebih. Hal tersebut tentu berbeda dengan office biasa. Apabila ingin menikmati fitur terbaru pada Office 2021 maka harus membeli dengan versi terbaru. 

Perbedaan Microsoft Office 365 dengan Microsoft Office 2021 selanjutnya yaitu pada lisensi perangkat.

Microsoft Office 365 bisa sobat gunakan pada berbagai perangkat seperti PC Windows, macOS, tablet, dan smartphone. Sedangkan untuk Microsoft Office 2021 versi lama hanya bisa digunakan pada 1 PC saja.

Boleh Baca: Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office

Microsoft Office bisa Mempermudah Proses Bisnis

Tidak hanya bisa membantu dalam proses pendidikan, tetapi Microsoft Office 365 juga bisa mempermudah proses bisnis. Office 365 bisa mempermudah proses bisnis melalui berbagai fitur yang tersedia.

Berbagai fitur tersebut bisa membantu supaya komunikasi, kolaborasi, dan kerjasama antar perusahaan tetap stabil walaupun dari jarak jauh. Contohnya walaupun karyawan tidak bekerja secara tatap muka tetap bisa melakukan kegiatan bisnis. 

Komunikasi tersebut menggunakan salah satu layanan dari Office 365 yaitu OneDrive. Melalui layanan OneDrive para pelaku bisnis bisa berbagi file dengan mudah.

Selain itu menggunakan Skype dan Microsoft Teams juga bisa mempermudah dalam melakukan video conference. 

Nah, itu tadi ulasan tentang beberapa kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 365 yang bisa sobat ketahui.

Dengan melihat kelebihan aplikasi yang lebih banyak, Office 365 bisa menjadi pilihan menunjang aktivitas membuat dan mengolah berbagai file.

***

Demikianlah sajian GuruPenyemangat.com berupa kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 365. Semoga bermanfaat ya

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office 365, Apa Bedanya dengan Office 2021?"