Widget HTML #1

Ragam Kelebihan dan Kekurangan Microsoft PowerPoint yang Jarang Diketahui

Hai Sobat Guru Penyemangat, masih suka mengunduh template untuk kebutuhan desain di Microsoft PowerPoint?

Mendesain slide presentasi di PowerPoint rasanya sudah menjadi hal yang biasa bagi Sobat. Entah itu untuk kebutuhan pembelajaran, bisnis, hingga pekerjaan masing-masing darinya sudah menjadi kebutuhan.

Kelebihan dan kekurangan Microsoft PowerPoint merupakan topik yang seringkali kita lewatkan. Padahal, sebelum menggunakannya, ada baiknya kita terlebih dahulu mengenalnya secara lebih dekat. 

Microsoft PowerPoint adalah salah satu program dalam rangkaian Microsoft Office. Program ini memiliki fitur khusus untuk membuat slide dokumen yang biasanya digunakan dalam sebuah presentasi.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft PowerPoint
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft PowerPoint. Dok. GuruPenyemangat.com

Mungkin banyak dari kita yang pernah menggunakan PowerPoint untuk membuat presentasi dengan lebih menarik. Mengingat program ini bukan hanya dapat memudahkan dalam pembuatan slide presentasi namun, juga terdapat berbagai fitur menarik.

Sobat dapat menambahkan animasi layar, presentasi video, dan file gambar yang dapat membuat presentasi sobat lebih berkualitas.

Karena itu, banyak orang yang berminat untuk menggunakan program Microsoft PowerPoint ketika ingin melakukan presentasi.

Review Microsoft Powerpoint

Microsoft PowerPoint adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat slide presentasi agar jauh lebih menarik dan rapi.

Microsoft PowerPoint banyak digunakan oleh mahasiswa, pelajar, guru, hingga karyawan perusahaan untuk membuat presentasi.

Nah, ternyata Microsoft PowerPoint ini juga memiliki beragam kelebihan dan kekurangan yang belum banyak diketahui oleh para penggunannya.

Untuk itu berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari program PowerPoint yang harus sobat ketahui.

Boleh Baca: Ragam Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office

Kelebihan Microsoft PowerPoint

Pastinya setiap program Microsoft memiliki kelebihan yang dapat membantu memudahkan pekerjaan para penggunannya. Begitu juga dengan Microsoft PowerPoint yang sering kita gunakan untuk membuat slide presentasi berikut beberapa kelebihannya.

1. Memudahkan Pembuatan Presentasi

Kelebihan dan kekurangan Microsoft PowerPoint, kelebihan PowerPoint yang pertama adalah kemudahan dalam membuat slide presentasi. Bagi sobat yang sering memberikan presentasi di depan banyak orang, dapat dipastikan sobat membutuhkan software ini untuk mempermudah presentasi.

Kehadiran program Microsoft PowerPoint tentunya memudahkan presenter untuk menunjukkan esensi atau poin-poin utama presentasi kepada audiens.

Kita dapat menggunakan program ini untuk membuat dokumen slide berkualitas dengan cepat, menarik dan berkualitas.

Boleh Baca: Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word

2. Dilengkapi Berbagai Alat Bantu

Microsoft PowerPoint juga telah dilengkapi berbagai tools untuk memudahkan penggunanya seperti menambahkan gambar, animasi, video, dan masih banyak lagi. Semua fitur ini tentunya membuat hasil presentasi menjadi lebih menarik dan membuat sobat menjadi lebih kreatif.

Selain itu, pengguna PowerPoint dapat menambahkan efek audio ke slide presentasi untuk membuatnya lebih menarik dan membuat audiens tertarik dengan presentasi buatan sobat tersebut. Oleh karena itu, dengan adanya PowerPoint dapat membantu untuk membuat presentasi dengan cepat dan mudah. 

3. Tersedia Fitur Kolaborasi

Kelebihan dan kekurangan Microsoft PowerPoint, bagi sobat yang sering dikejar deadline, tentunya membutuhkan bantuan untuk mengerjakan file presentasi.

Oleh karena itu, fitur kolaborasi yang diperkenalkan oleh Microsoft ini memungkinkan beberapa pengguna mengerjakan satu presentasi secara online.

Tentunya hal ini memudahkan dan mempersingkat pembuatan presentasi karena pekerjaan dapat dikerjakan beberapa orang sekaligus meski berlainan tempat. Apalagi tenggang waktu penyelesaian pekerjaan yang dibutuhkan sangat terbatas. 

4. Pilihan Template Beragam

Kelebihan dan kekurangan Microsoft PowerPoint yang terakhir adalah banyaknya pilihan template yang bisa sobat gunakan sesuai keinginan.

Sebelum membuat slide presentasi, terlebih dahulu pilih menu desain template sesuai selera agar hasil presentasi lebih menarik.

Selain itu, saat ini sudah banyak template Microsoft PowerPoint yang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis dari Google.

Sobat hanya perlu mendownloadnya dari Google secara gratis kemudian menggunakannya sebagai template presentasi agar lebih menarik.

Boleh Baca: Ragam Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel

Kekurangan Microsoft PowerPoint

Selain terdapat banyak kelebihan ternyata Microsoft PowerPoint juga memiliki beragam kekurangan yang mungkin masih jarang diketahui. Nah, lebih jelasnya berikut ini beberapa kekurangan dari Microsoft Power Point yang harus sobat ketahui.

1. Dokumen yang Dihasilkan Terkadang Tidak Stabil

Kelebihan dan kekurangan Microsoft PowerPoint dari segi kekurangan Microsoft PowerPoint pertama adalah dokumen yang dihasilkan terkadang tidak stabil di beberapa versi PowerPoint.

Masalah ini juga umum terjadi di beberapa perangkat lunak Microsoft, seperti Microsoft Word dan Microsoft Publisher.

Sehingga terkadang presentasi tidak dapat dilakukan dengan maksimal karena dokumen presentasi yang tidak stabil.

Penyebabnya tidak diketahui, seringkali beberapa dokumen yang dibuat oleh MS Office versi sebelumnya tidak dapat digunakan dengan versi baru.

2. Sulit Diakses Platform Lain Selain Microsoft

PowerPoint hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows, dan Microsoft tidak menyediakan versi untuk sistem operasi seperti Linux atau mac OS.

Tentu saja, ini berarti hasil pekerjaan yang dilakukan tidak dapat digunakan atau diedit di platform operasi selain Windows.

Pada saat yang sama, banyak perusahaan atau perusahaan tidak menginstal platform sistem operasi Microsoft yaitu Windows, karena mahalnya harga lisensi asli untuk office suite.

Sehingga seringkali menjadi hambatan ketika akan melakukan presentasi, karena untuk bisa membuka dokumen PowerPoint pengguna harus menggunakan sistem operasi Windows.

3. Akses Terbatas untuk Fitur Standar

Kelebihan dan kekurangan Microsoft PowerPoint berikutnya adalah akses terbatas saat menggunakan fungsi standar.

Dengan akses terbatas ini berarti jika Sobat menggunakan template bawaan atau default, dimana kita hanya bisa melakukan edit menu dasar.

Kita dapat menyiasatinya dengan mengunduh berbagai variasi template secara manual menggunakan mesin pencari Google. Karena sobat tidak bisa mengakses lebih banyak tampilan yang menarik dari PowerPoint.

4. Tampilan Animasi Kurang Menarik

Kelemahan PowerPoint yang terakhir adalah animasi layar yang kurang menarik dan terlihat kaku. Ini sering menjadi masalah umum saat menggunakan Microsoft PowerPoint, sehingga banyak orang menjadi kurang tertarik.

Kelebihan dan kekurangan Microsoft PowerPoint satu ini membuat kita sedikit kesulitan saat ingin menghasilkan presentasi menarik.

Tapi jangan khawatir, MS PowerPoint versi baru telah mengatasi masalah ini dan mungkin hanya mempengaruhi versi lama seperti 2007 atau 2003.

***

Demikianlah sajian GuruPenyemangat.com tentang ragam kelebihan dan kekurangan Microsoft PowerPoint yang perlu Sobat ketahui.

Semoga bermanfaat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Ragam Kelebihan dan Kekurangan Microsoft PowerPoint yang Jarang Diketahui"