Widget HTML #1

Ragam Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office, Aplikasi Pengolah Data Terbaik Zaman Now

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah berapa lama Sobat berteman dengan software Microsoft Office? Apakah Sobat sudah termasuk mereka yang sudah mahir?

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office perlu untuk Sobat ketahui. Terdapat beberapa keunggulan dan sisi kurangnya dari kinerja Microsoft Office. Microsoft Office menjadi salah satu pilihan terbaik bagi para pemuda yang membutuhkan.

Perkembangan teknologi saat ini bisa memudahkan dalam melakukan segala hal. Misalnya saat melakukan pengolahan data saat ini semakin mudah karena adanya Microsoft Office.

Banyak orang yang telah menganggap bahwa Microsoft Office menjadi salah satu perangkat lunak yang terpenting untuk menghasilkan dan mengelola data.

Review Microsoft Office

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office. Dok. GuruPenyemangat.com

Microsoft Office merupakan sebuah perangkat lunak klien dan perangkat lunak server yang dikembangkan oleh Microsoft. Biasanya Microsoft Office ini digunakan sebagai alat dalam mempermudah aktivitas perkantoran.

Hal ini bisa terjadi karena pada awalnya Microsoft mengembangkan Office untuk tujuan perkantoran. Tetapi, saat ini juga banyak masyarakat yang menggunakannya untuk berbagai keperluan lain. Berbagai keperluan tersebut misal dalam bidang pendidikan.

Microsoft Office memiliki fungsi dalam kegiatan menghasilkan dan mengolah berbagai data yang telah difokuskan.

Kegiatan tersebut seperti membuat surat, mengirim email, membuat presentasi, dan menyimpan data penting. Microsoft Office pertama kali Bill Gates umumkan pada tanggal 1 Agustus 1988 di COMDEX, Las Vegas. 

Awal peluncurannya perangkat lunak ini bernama Office Suite. Pengguna Microsoft paling banyak menggunakan versi desktop yang tersedia untuk PC pada sistem operasi Windows dan macOS.

Selain itu, Microsoft juga dalam menghadirkan aplikasi Office seluler untuk penggunaan Android dan iOS. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan Microsoft Office yang bisa Sobat ketahui.

Kelebihan dari Microsoft Office

Microsoft Office telah membantu banyak pengguna untuk mengolah dan membuat berbagai data. Banyak para pengguna yang memilih Microsoft Office sebagai penunjang aktivitas karena memiliki berbagai kelebihan.

Dengan berbagai kelebihan tersebut bisa membuat para pengguna lancar dalam melakukan pengolahan data.

Berikut merupakan kelebihan dari Microsoft Office yang bisa Sobat ketahui:

  1. Kemudahan dalam proses instalasi yang sederhana. Proses instalasi menggunakan Wizard versi terbaru akan lebih cepat.
  2. Kemudahan penggunaan dalam mengelola program termasuk bagi pemula.
  3. Dokumen dari Microsoft Office bisa mudah terbaca dari perangkat lain termasuk platform online seperti Google Docs.
  4. Terdapat fitur multi bahasa sehingga tersedia pada semua bahasa.
  5. Terdapat berbagai panduan dan video tutorial yang tersedia di web. Hal tersebut bisa memudahkan dalam mempelajari trik dan fitur lanjutan Microsoft Office.
  6. Ketika membeli lisensi Office 365, Sobat berhak menggunakan satu TB ruang penyimpanan pada OneDrive. Sedangkan untuk versi Office 2013 bisa memungkinkan para pengguna menggunakan suit Microsoft pada perangkat seluler tidak hanya di laptop atau PC saja.
  7. Pada versi Office 365 memiliki integrasi dengan could. Sehingga Sobat bisa mudah menyimpan dan melakukan sinkron dokumen pada cloud.
  8. Proses tata letak data lebih baik daripada platform office lainnya.
  9. Versi office 2016, pengguna bisa memiliki toko-toko yang berharga untuk mengunduh alat kecil berharga dan add on.
  10. Versi 2016 memiliki pilihan tema yang lebih banyak dengan tambahan dark theme.
  11. Terdapat fitur terbaru dari office 2016 yaitu tell me.
  12. Terdapat sinkronisasi antar device pada versi 2016.

Kekurangan dari Microsoft Office

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office memungkinkan para pengguna bisa membuat sebuah keputusan yang tepat.

Selain kelebihan, Microsoft Office juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan dalam Microsoft Office bisa membuat pengguna terhambat dalam melakukan pengolahan data.

  1. Berikut merupakan beberapa kekurangan dari Microsoft Office: 
  2. Microsoft Office merupakan produk berlisensi dan lisensi tersebut akan dikenakan biaya yang harus pengguna bayar supaya bisa mengakses semua manfaat serta beberapa alat dukungan.
  3. Apabila tidak menggunakan lisensi asli, pengguna tidak memiliki hak untuk menerima pembaharuan keamanan dari Microsoft.
  4. Untuk versi Microsoft Office yang baru mulai versi 2016, tidak bisa Sobat gunakan pada komputer kelas bawah dan versi Windows sebelum Windows 7.
  5. Dalam membaca ekstensi file, versi terbaru bisa membaca ekstensi lama. Namun, versi lama tidak bisa membaca ekstensi dari versi terbaru.
  6. Apabila memiliki versi yang lebih rendah dari Microsoft Office 2010, tidak bisa membaca file dari situs lainnya seperti LibreOffice atau OpenOffice. Hal tersebut karena perangkat lunak berpemilik yang tidak bisa sembarangan orang mengakses kode sumber.
  7. Pada Microsoft Office 356 koneksi internet menjadi sebuah persyaratan. Tidak seperti pada versi 2010 yang sepenuhnya bisa terinstal.
  8. Versi 64bit sering terjadi masalah kompatibilitas dengan Activex Controls serta komponen lainnya.

Berbagai Jenis Layanan Microsoft Office

Microsoft Office memiliki berbagai jenis layanan yang bisa Sobat gunakan. Pada awalnya Microsoft Office hanya memiliki tiga layanan saja itu Microsoft Word Excel dan PowerPoint.

Namun, saat ini pihak Microsoft telah memperbarui berbagai layanan dari Microsoft Office. Berbagai layanan tersebut seperti Microsoft Word.  

Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata yang dirilis oleh Microsoft. Bisa dikatakan Microsoft Word merupakan layanan pertama dalam paket Microsoft Office.

Boleh Baca: Ragam Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word

Selain itu, juga terdapat Microsoft Excel yang bisa membantu pengguna mengolah dan mengatur sebuah data. Layanan Microsoft PowerPoint juga hadir dalam Microsoft Office. 

Microsoft PowerPoint bisa membantu Sobat untuk membuat memformat dan mengatur sebuah file presentasi menjadi lebih menarik.

Microsoft Outlook juga termasuk salah satu layanan dari Microsoft Office. Microsoft Outlook bisa digunakan untuk mengirim, membaca serta menerima pesan email seperti gmail. Tidak hanya itu, OneDrive, OneNote dan Teams juga hadir dalam paket Microsoft Office. 

Nah, itu dia ulasan tentang beberapa kelebihan dan kekurangan Microsoft Office. Beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan saat penggunaan software.

Namun, melihat beberapa kelebihan yang bisa Sobat dapatkan dalam menggunakannya, Microsoft Office bisa menjadi pilihan terbaik. Bahkan saat ini, GuruPenyemangat.com sendiri sudah menginstal Office 2021. Hehe.

Semoga Bermanfaat
Salam. 

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Ragam Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office, Aplikasi Pengolah Data Terbaik Zaman Now"