Widget HTML #1

Ragam Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel Sebagai Aplikasi Terbaik Pengolah Data

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah mahir mengoperasikan Microsoft Excel dan hafal rumus-rumus fungsinya?

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi pilihan terbaik yang sering digunakan untuk mengolah data, pendidikan, keuangan, maupun lainnya.

Aplikasi yang satu ini memiliki peran penting karena bisa memudahkan perhitungan dan juga pengolahan data numerik atau angka. Namun, sebagai aplikasi sudah pasti ada keunggulan dan kekurangan, begitu pula dengan aplikasi Microsoft Excel. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel. 

Aplikasi Microsoft Excel sendiri memiliki berbagai manfaat sebagai software pengolah angka. Mulai dari bidang akuntansi, pengelolaan data, hingga pembuatan grafik.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel. Dok. GuruPenyemangat.com

Aplikasi ini sendiri merupakan program aplikasi dari Microsoft yang digunakan untuk mengolah angka. Pengolahan serta penyajian data di Microsoft Excel dapat dilakukan secara tepat, cepat dan akurat.

Dimana data tersebut diperlukan untuk informasi kuantitatif, seperti angka, tabel, dan juga grafik. Excel ini berbentuk lembaran tabel yang tersebar atau sering disebut dengan spreadsheet. Keahlian utama dari aplikasi ini merupakan pengolahan data yang bersifat numerik atau angka. 

Microsoft Excel ini tidak hanya tersedia dalam platform Windows saja, tetapi juga tersedia di Android, Apple, dan juga MacOS. Excel sangat membantu untuk mempermudah pekerjaan atau aktivitas yang Sobat lakukan berkaitan dengan keuangan. 

Data yang tersedia di dalam Microsoft Excel ini tidak hanya terbatas pada 100 baris dan 100 kolom, tetapi terdapat dalam beberapa ribu.

Sehingga Sobat saat menggunakan dalam 1 lembar bisa mengerjakan banyak data secara sekaligus. Aplikasi spreadsheet ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel

Fungsi Microsoft Excel 

Sebelum masuk dalam pembahasan kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel, Sobat harus tahu dahulu apa fungsi dari aplikasi pengolah angka ini.

Sebagai aplikasi data numerik, fungsi utama dari aplikasi ini adalah membuat, mengedit, menganalisa, dan juga meringkas data yang bersifat numerik. 

Aplikasi ini juga memiliki fungsi untuk menjalankan perhitungan statistika maupun aritmatika. Untuk lebih spesifiknya, berikut ini fungsi dari Microsoft Excel:

  • Digunakan untuk membuat daftar laporan keuangan. 
  • Untuk perhitungan kurs mata uang. 
  • Membuat berbagai macam grafik dan diagram. 
  • Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian. 
  • Membuat daftar hadir serta nilai sekolah maupun universitas. 
  • Melakukan perhitungan statistika dan aritmatika. 
  • Membuat penyajian data lebih tepat, cepat, rapi, dan akurat. 
  • Melakukan perhitungan secara otomatis menggunakan rumus serta logika. 
  • Membantu menyelesaikan soal-soal matematika dan logika. 

Selain fungsi di atas Microsoft Excel, program ini juga memiliki manfaat untuk berbagai bidang, diantaranya: 

  • Pengolahan data, untuk pencarian nilai maksimum. mencari nilai tengah, database statistik, dan lain sebagainya. 
  • Pembuatan grafik, misalnya untuk grafik perkembangan jumlah siswa, grafik kunjungan siswa, grafik kelulusan siswa, dan lain sebagainya. 
  • Bidang akuntansi, untuk menghitung jumlah laba/rugi suatu perusahaan, menghitung gaji karyawan, mencari besarnya keuntungan selama satu periode. dan lain sebagainya. 
  • Kalkulasi matematis, untuk mencari data hasil pengurangan, penjumlahan, perkalian, dan berbagai macam variasinya. 

Kelebihan Microsoft Excel

Microsoft Excel memiliki sejumlah kelebihan yang membuat Sobat kian dimudahkan dalam menggunakan aplikasi pengolah data ini.

Microsoft Excel ini menjadi aplikasi yang cukup populer, meskipun masih ada aplikasi spreadsheet lainnya. Karena Excel menjadi software yang muncul terlebih dahulu, tentunya sudah mendapatkan brand besar di masyarakat.

Termasuk adanya kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel, software ini masih digunakan oleh masyarakat sebagai aplikasi utama pengolah data. Berikut ini beberapa kelebihan dari Excel:

  • Memiliki tampilan yang nyaman serta mudah digunakan. 
  • Lisensi yang tersedia dalam jumlah grosir. 
  • Memiliki lembar kerja yang besar dan luas, sehingga beberapa pekerjaan bisa menjadi satu file. 
  • Software bisa digunakan untuk berbagai sistem operasi mulai dari Windows hingga MscOS. 
  • Ekstensi file yakni .xls bisa kompatibel dengan berbagai program lain. 
  • Dapat membaca ekstensi file .csv. 
  • Tentunya membantu untuk segala macam pekerjaan dalam mengolah angka. 
  • Tidak membutuhkan banyak RAM, sehingga perangkat untuk membuka software ini tidak terlalu terbebani. 
  • Terdapat fitur untuk membuat grafik data. 
  • Mengoperasikan software ini untuk rumus dan logika cukup mudah. 

Tidak hanya itu, Microsoft Excel juga mempunyai kelebihan, yaitu pengorganisasian data yang lebih tertata, meskipun jumlahnya besar. Kemudian data olahan dari aplikasi ini bisa Sobat gabungkan dengan mudah ke aplikasi Microsoft lainnya, seperti PowerPoint atau Microsoft Word. 

Kekurangan Microsoft Excel 

Tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel. Meskipun memiliki sejumlah kelebihan yang memudahkan pengguna Microsoft Excel. Aplikasi spreadsheet juga memiliki beberapa kekurangan:

  1. Biaya untuk mengakses aplikasi Microsoft Excel yang asli tidaklah murah. Dengan demikian, pengguna harus membayar sejumlah biaya untuk dapat menggunakan aplikasi ini secara resmi.
  2. Untuk versi cloud memerlukan langganan Office 365 dahulu. Sedangkan untuk versi desktop dipatok dengan harga beli yang tidak murah, terlebih lagi untuk kalangan pengguna rumahan. 
  3. Jika salah dalam memasukkan rumus, dapat berdampak pada data yang dihasilkan. Misalnya seperti perhitungan menjadi tidak tepat atau data tidak dapat terbaca. 
  4. User yang belum mengerti sepenuhnya tentang fungsi, rumus, dan juga logika akan merasa bingung dan kesulitan untuk mengoperasikan, menjalankan, serta mengolah datanya. 
  5. Membutuhkan waktu yang agak banyak untuk dapat memasukkan data ke Microsoft Excel secara manual. Terlebih jika data tersebut dalam jumlah yang banyak. 

Dari ulasan kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel di atas, Sobat bisa tahu bahwa efisiensi Excel bisa tergantung dengan jenis tugas yang ingin dilakukan penggunanya.

Excel bisa menjadi alat yang ideal untuk analisis cepat dari data yang Sobat miliki. Namun, jika data penting untuk masa depan perusahaan atau organisasi, maka belum tentu alat ini ideal untuk bekerja dengan setiap jenis data.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: Kelebihan dan Kekuranga Microsoft Word

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Ragam Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel Sebagai Aplikasi Terbaik Pengolah Data"