Widget HTML #1

Ragam Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word yang Perlu Kamu Ketahui

Hai Sobat Guru Penyemangat, rasanya kita semua tidak asing lagi dengan Microsoft Word dengan berbagai macam jenis pembaruannya, ya kan?

GuruPenyemangat.com sendiri sudah menggunakan Word 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, dan sekarang diriku sedang menggunakan Word 2021.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word. Dok. GuruPenyemangat.com

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Word perlu Sobat ketahui, karena Word merupakan fitur yang kerap kita gunakan sehari-hari.

Sebagian dari kita tentu sudah familiar dengan fitur ini bukan? Microsoft Word telah lama digunakan sebagai media untuk mengolah atau membuat dokumen dengan cara yang mudah dan cepat.

Fungsi dari Microsoft Word sendiri tidak terbatas pada pengolah kata. Pengguna juga dapat mengandalkan Microsoft Word untuk menghitung dan bahkan mengoreksi kata-kata yang tidak pantas.

Menjadi salah satu dari berbagai jenis program yang terdapat di Microsoft Office, nyatanya membuat perangkat lunak pengolah kata ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal. Utamanya, untuk mendukung pengerjaan surat menyurat, membuat brosur, buku, jurnal, hingga kartu nama.

Review Microsoft Word sebagai Perangkat Lunak

Lahir di negara adidaya Amerika Serikat, Microsoft word terus menunjukkan pembaharuan pada seluruh sistemnya, dalam upaya meningkatkan kinerja fitur serta secara lebih baik memberikan pelayanan pada para penggunanya.

Dengan menggunakan microsoft word, sobat dapat membuat dokumen dengan dengan cepat dan mudah. Efisiensi waktu yang dimiliki dengan penggunaan aplikasi ini, tentu akan membuat kita merasa lebih nyaman menggunakannya.

Microsoft Word pertama kali dirilis pada tahun 1983 silam, pada tanggal 23 Oktober. Pada Mulanya, Ms. Word ini diberi nama sebagai multi-Tool Word, dengan sistem pengaplikasian yang terbatas oleh sistem operasi Xenix.

Kelebihan dan kekurangan microsoft word. Seiring berkembangnya teknologi, Multi-tool kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Ms. Office System. 

Keduanya mulai menyatu tepat pada tahun 2003 silam. Selang waktu berlalu, selanjutnya pada tahun 2007 secara resmi program multi-Tool Word ini diberi nama Microsoft Word yang masih terus dikenal sampai saat ini.

Dalam peranannya sebagai perangkat support pengolahan data, berikut ini berbagai kelebihan dan kekurangan yang perlu sobat ketahui.

Kelebihan Microsoft Word

Secara umum, microsoft word memiliki banyak kelebihan seperti yang kita ketahui selama ini. Namun tahukah sobat, ada banyak sekali keunggulan, ketika menggunakan fitur microsoft office yang satu ini. Lalu, apa saja kelebihannya? Simak penjelasannya berikut.

  1. Memiliki tampilan yang mudah dipahami atau user friendly, bahkan jika sobat masih tergolong pemula dalam menggunakannya.
  2. Memiliki fitur dasar yang berfungsi sebagai media untuk menulis hingga mengedit dokumen.
  3. Versi Microsoft Word yang selalu upgrade dari waktu ke waktu sehingga membuatnya semakin canggih untuk digunakan.
  4. Proses pengelolaan file jauh lebih mudah. Dari seluruh aspek perihal kelebihan dan kekurangan microsoft word, alasan ini menjadi salah satu yang paling utama, mengapa Ms Word hingga saat ini masih banyak penggemarnya.
  5. Terdapat fitur AutoRecover yang berfungsi untuk menyimpan file secara otomatis ketika laptop maupun PC mati secara tiba-tiba.
  6. Memiliki sistem operasional yang baik dan sangat bermanfaat.
  7. Sistem manajemen RAM yang cukup baik, sehingga sobat tidak perlu risau, saat menggunakannya. Karena aplikasi ini tidak membutuhkan memori yang banyak, saat menggunakannya.

Kekurangan Microsoft Word

Kelebihan dan kekurangan microsoft word seolah saling melengkapi, sehingga fitur ini tetap nyaman digunakan, serta mampu membuat banyak orang memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu, simak beberapa kekurangan yang terdapat pada Microsoft Word berikut ini.

1. Berbayar

Seiring berjalannya waktu, kini sobat baru bisa menikmati berbagai fitur pada microsoft word setelah melakukan pembayaran.

Dalam kata lain, sobat wajib berlangganan sesuai dengan tarif yang tersedia untuk bisa menggunakan fitur ini dan memanfaatkan menu lain yang tersedia. Berbeda dengan WPS office yang dapat sobat gunakan secara cuma-cuma saja.

2. User Interface yang Selalu Diupdate Secara Berkala

Kekurangan lainnya yang cukup membuat pengguna merasa tidak nyaman adalah karena adanya keharusan melakukan update sistem secara berkala. Proses ini, setidaknya dilakukan sebanyak satu kali dalam tenggang waktu beberapa tahun.

Waktu yang relatif lama sebetulnya, hal yang membuat para pengguna tidak nyaman adalah karena adanya beberapa perubahan yang berupa hal-hal baru di dalam sistem. Karena itu, mereka harus kembali mempelajari pembaharuan sistem ini mulai dari awal.

2. Format Penyimpanan yang Berbeda-beda

Kelebihan dan kekurangan microsoft word kali ini, menjelaskan mengenai versi format penyimpanan jenis dokumen. Jenis Microsoft Word keluaran terbaru memiliki format docx yang apabila dibuka di versi lama dengan format ini, tentu tidak akan terbaca dengan baik.

Bahkan, jika Sobat mendapatkan dokumen Word dari teman yang Office-nya masih versi 2007, maka dokumen tersebut akan berantakan bila Sobat buka di Word 2010 atau yang lebih tinggi.

3. Banyak Fitur yang Sering Tidak Digunakan

Seperti yang kita ketahui, microsoft word memiliki berbagai fitur menu yang beragam dan bisa digunakan saat sobat membutuhkannya.

Hal ini justru kerap kali membuat para pengguna jarang memanfaatkannya, karena kebanyakan masyarakat memanfaatkan microsoft word sebagai media untuk tulis-menulis saja.

4. Ketentuan Lisensi

Proses penginstalan lisensi cukup rumit dan memakan waktu yang tentunya akan mengganggu pengguna jika tidak terbiasa. Sehingga para penggunanya cenderung menempuh jalur singkat, yakni mendownload versi bajakan.

Microsoft word merupakan sebuah media yang sering digunakan untuk menjembatani proses dokumentasi berbentuk cetak, seperti surat menyurat, membuat notulen, menulis berita, hingga mengerjakan berbagai tugas pelajaran.

Kelebihan dan kekurangan microsoft word memang banyak sekali jumlahnya. Tidak hanya yang disebutkan di atas saja, masih banyak lagi hal-hal yang perlu sobat pelajari dari fitur sistem Microsoft Office ini.

Kegunaan Microsoft Office dalam kehidupan sehari-hari memang cukup penting, utamanya bagi mereka yang bekerja sebagai sekretaris atau erat dengan tulis menulis, mahasiswa, pelajar, hingga para pengusaha yang merancang ide usaha mereka. Namun, fitur Microsoft ini bisa kita manfaatkan dengan maksimal.

***

Demikianlah seutas sajian GuruPenyemangat.com tentang kelebihan dan kekurangan Microsoft Word. Semoga bermanfaat ya

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Ragam Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word yang Perlu Kamu Ketahui"