Widget HTML #1

Bagaimana Kelebihan Canva Sebagai Media Pembelajaran Efektif dan Inovatif?

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah saat ini Sobat sudah sering menggunakan Canva?

Di era pendidikan digital, rasanya sudah sangat banyak para penuntut ilmu yang menggunakan dan memanfaatkan Canva sebagai media pembelajaran.

Sebagai salah satu plaftorm desain grafis online terbaik, Canva menyediakan beragam fitur dan kemudahan untuk diakses oleh para guru, tenaga pendidikan, hingga para pelajar di manapun mereka berada.

Selama terjangkau oleh sinyal internet, kita bisa melakukan proses desain-mendesain layaknya desainer profesional.

Tapi, bagaimana keunggulan Canva sebagai media pembelajaran?

Bagaimana Kelebihan Canva Sebagai Media Pembelajaran Efektif dan Inovatif?
Bagaimana Kelebihan Canva Sebagai Media Pembelajaran Efektif dan Inovatif? Dok. GuruPenyemangat.com

Nah berikut disajikan ragam kelebihan Canva sebagai media pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam pembelajaran daring maupun luring.

Mari disimak ya:

Kelebihan Canva Sebagai Media Pembelajaran Efektif dan Inovatif

1. Memiliki Ribuan Template yang Bisa Disesuaikan dengan Ragam Mata Pelajaran

Salah satu kelebihan utama yang bisa kita nikmati di Canva adalah sajian template tinggal edit yang bisa dikustomisasi dengan mudah, gampang, simpel, dan tidak memakan banyak waktu.

Berbeda dengan Microsoft PowerPoint, di Canva kita dimudahkan untuk memilih template yang mana suka dengan memanfaatkan kata kunci. Misalnya “Matematika”, “Islam”, “Sains”, dan sebagainya.

2. Canva Tidak Memerlukan Tempat Penyimpanan

Berbeda dengan tools lainnya, Canva memanfaatkan penyimpanan berbasis Cloud sehingga tidak memerlukan tempat penyimpanan yang premium dan terbatas seperti Gmail atau Drive. Dengan demikian, kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar akses penyimpanan.

3. Tampilan Canva Sederhana dan Mudah untuk Digunakan

Bagi para pemula, menggunakan Canva tidaklah sesulit tampilan Adobe Photoshop maupun CorelDraw. Meskipun merupakan tools sekaligus platform desain grafis, namun kehadiran Canva sangat memudahkan kita baik bagi para guru maupun siswa untuk berkarya di bidang pendidikan.

Dengan demikian, tidak hanya guru, siswa juga terbantu dalam proses pembuatan karya dan penerapan model pembelajaran seperti Project Based Learning, atau pembelajaran lain dengan basis blended learning maupun online learning.

Boleh Baca: Kumpulan Pertanyaan Tentang Canva Beserta Jawabannya

4. Bisa Membuat Kelas di Canva

Seakan lebih canggih daripada Google Classroom, di Canva kita bisa membuat kelas online dengan jumlah peserta kelas tidak terbatas.

Dengan demikian, guru secara kreatif dapat terbantu untuk berkirim tugas dan siswa pun bisa mengerjakan tugas tersebut dengan memanfaatkan fitur-fitur Canva, utamanya untuk mendesain karya-karya dan keperluan di bidang pembelajaran.

Untuk membuat kelas online di Canva, guru hanya memerlukan akses email, dan setelah bergabung, masing-masing siswa bisa langsung mengakses Canva tanpa perlu login atau mendaftar dengan password baru. Sederhananya, siswa tidak perlu membuat akun Canva secara manual.

Lebih daripada itu, ketika siswa sudah terhubung dengan kelas yang dibuat guru di Canva, siswa bakal menerima notifikasi layaknya plaftorm Facebook dan Instagram di dashboard Canva.

Jika siswa belum sempat membuka Canva, maka tugas yang dikirim oleh guru bisa langsung masuk sebagai pesan melalui email siswa, jika memang tugas tersebut harus diselesaikan secepatnya atau dalam jangka waktu tertentu.

5. Proses Desain di Canva Lebih Efisien dan Hemat Waktu

Di Canva tidak hanya tersedia template melainkan juga elemen-elemen lainnya mulai dari photo, video, icon, gif, ilustrasi, animasi, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, para guru maupun siswa yang melakukan kegiatan pembelajaran memanfaatkan platform Canva lebih hemat waktu karena diberikan kemudahan untuk mencari elemen-elemen desain yang diperlukan.

Tidak hanya sebatas itu, kita pula bisa mempresentasikan desain Canva secara online dengan menjadikan Handphone sebagai remote control-nya.

Boleh Baca: Kelebihan dan Kekurangan Canva Sebagai Platform Desain Grafis Online

6. Membuat Penjadwalan Tugas Secara Efektif

Bagi para guru pengguna akun Canva For Education, ada fitur canggih yang bisa dimanfaatkan selain membuat kelas yaitu membuat penjadwalan tugas online secara efektif.

Fitur ini bisa diakses baik mengggunakan handphone maupun laptop. Dengan adanya fitur penjadwalan tugas, guru bisa memprogramkan sistem pembelajaran dan penugasan secara lebih efektif dan inovatif. Terang saja, siswa selalu menyukai hal-hal baru yang sifatnya inkonvensional.

Baca Juga: Cara Mendaftar Akun Canva For Education Bagi Guru, Gratis

7. Mampu Meningkatkan Kreativitas Guru dan Siswa dalam Berkarya

Kelebihan lainnya dari Canva sebagai media pembelajaran yang efektif dan inovatif ialah mampu membantu guru maupun siswa dalam meningkatkan kreativitas dalam berkarya.

Pada muaranya, kreativitas ini akan berdampak kepada kemandirian, kemajuan sekolah, hingga kemajuan pendidikan pada umumnya.

Bagaimana efektifitas penggunaan media Canva dalam proses pembelajaran daring?

Dalam proses pembelajaran daring, media Canva boleh dibilang sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif.

Selama didukung oleh sinyal internet yang memadai, pembelajaran daring akan sanga terbantu dengan tampilan visual dari desain Canva yang elegan, kontras, dan tidak pecah.

Selain itu, desain karya yang dibuat oleh guru maupun siswa di Canva bisa dipresentasikan secara online, dikirimkan kepada teman sebagai tugas, serta ditautkan ke Google Classroom maupun Flipbook secara gratis.

Belum selesai sampai di sana, sesama guru pun bisa saling berkolaborasi dalam melakukan desain bersama melalui link Canva. Cukup memberikan akses edit terhadap karya yang dibuat, kita bisa mengirimkan karya tersebut kepada teman untuk kemudian dikerjakan bersama.

Dalam pembelajaran daring, hal ini juga sangat efektif terutama di saat guru ingin memberikan tugas proyek secara berkelompok kepada siswa.

Pada akhinya, siswa secara berkelompok bisa mengerjakan tugas secara bersama-sama, lebih cepat, dan bisa dilakukan di rumah masing-masing.

***

Itulah tadi segenap sajian GuruPenyemangat.com tentang kelebihan dan efektivitas penggunaan media Canva dalam proses pembelajaran daring maupun tatap muka sehingga muncul nilai-nilai kreativitas dan inovatif.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca: Cara Membuat Bilangan Pangkat dan Rumus di Canva dengan Cepat

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Kelebihan Canva Sebagai Media Pembelajaran Efektif dan Inovatif?"