Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Memasukkan Video YouTube ke Presentasi Canva dengan Mudah

Hai Sobat Guru Penyemangat,mungkinkah Sobat merasa bahwa slide presentasi yang dibuat perlu untuk diselipkan dengan video YouTube?

Iya, kita menyadari bersama bahwa untuk membuat slide presentasi yang menarik diperlukan kolaborasi antara tulisan, warna, gambar, ilustrasi, video, bahkan musik.

Namun perlu kita sadari pula bahwa di Canva baik itu Canva Pro maupun Canva gratisan rekomendasi video yang tersedia masih terbatas.

Makanya, di sini GuruPenyemangat.com bakal menyajikan langkah-langkah memasukkan video ke presentasi Canva dengan mudah.

Mari disimak ya:

Cara Memasukkan Video YouTube ke Presentasi Canva dengan Mudah

Cara Memasukkan Video YouTube ke Presentasi Canva
Cara Memasukkan Video YouTube ke Presentasi Canva. Dok. GuruPenyemangat.com

Sobat yang berbahagia, untuk memasukkan video YouTube ke presentasi, kita tidak perlu mengunduhnya melainkan kita bisa langsung melakukan embed atau menyelipkannya melalui fitur YouTube yang saat ini sudah tersedia di Canva.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Canva.com

Langkah pertama, Sobat langsung saja mengakses Canva.com melalui laptop atau silakan buka aplikasi Canva yang sudah diunduh di Google Playstore jikalau ingin melakukan desain via HP.

2. Buat Desain Presentasi yang Diinginkan

Setelah laman Canva dibuka, sekarang Sobat langsung saja membuat slide presentasi yang diinginkan.

Agar lebih elegan, berkualitas, dan berbobot, Sobat bisa memasukkan icon, gambar, ilustrasi, grafis, tabel, hingga diagram ke dalam setiap slide presentasi.

Selain itu, perlu dipahami bersama bahwa slide presentasi yang bagus itu adalah slide yang tidak terlalu padat dengan kata-kata, tidak terlalu banyak menggunakan kolaborasi warna, serta tidak pula terlalu banyak slide-nya. Sisipkan pula audio jika Sobat menginginkannya.

3. Pilih Fitur YouTube untuk Mencari Video yang Diinginkan

Jikalau Sobat ingin memasukkan video YouTube, silakan langsung pilih fitur YouTube yang ada di Canva. Jikalau belum ditemukan, silakan manfaatkan fitur pencarian pada kolom “Cari Aplikasi Canva”, lalu tuliskan saja “YouTube”.

Setelah fitur ditemukan dan dibuka, Sobat bisa langsung mencari judul video YouTube yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan presentasi.

Jika videonya sudah ditemukan, klik saja video YouTube tersebut dan secara instan video akan muncul di slide presentasi. Sobat bisa memperbesar, memperkecil, atau memasukkan tampilan video ke dalam elemen seperti monitor komputer, laptop dan semisalnya.

O ya, untuk memutar video YouTube, Sobat bisa klik dua kali pada layar video, baru kemudian memilih tombol Play pada YouTube.

4. Presentasikan Slide Canva Secara Online atau Unduh Format PPT

Setelah desain slide presentasi dengan menyertakan video YouTube sudah selesai dibuat, maka sekarang Sobat bisa melakukan presentasi secara online dengan cara klik publikasi, berbagi tautan, atau bisa pula sekadar membagikannya kepada teman.

O ya, jikalau Sobat ingin melakukan presentasi secara online dan lupa membawa remote alias pointer, kita bisa menjadikan handphone sebagai remote-nya. Cara selengkapnya simak di: Langkah-Langkah Presentasi Slide Canva Menggunakan Remote Handphone

Selain itu, Sobat pula bisa mengunduh slide presentasi Canva dalam bentuk PowerPoint. Caranya bisa disimak di: Cara Menyimpan Slide Presentasi Canva dalam Bentuk PowerPoint

Pertanyaannya, apakah video YouTube yang sudah diunduh dalam format PPT PowerPoint tetap bisa diputar?

Jawabannya bisa, asalkan laptop atau media presentasi Sobat tersambung dengan jaringan internet.

***

Nah, itulah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang cara memasukkan video YouTube ke dalam presentasi Canva dengan mudah.

Kita tidak perlu mengunduh video YouTube dalam format MP4 melainkan hanya perlu melakukan embed video. Selama sinyal internet stabil, presentasi slide Canva dengan menyertakan video YouTube bisa berjalan dengan lancar.

Jikalau Sobat masih merasa bingung, Sobat bisa menyimak tutorialnya pada video berikut:

***

Semoga sajian Guru Penyemangat kali ini bermanfaat ya Sobat.

Salam

Lanjut Baca: Begini Cara Hapus Latar Belakang Video di Canva, Video Jadi Bersih dan Bagus!

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Memasukkan Video YouTube ke Presentasi Canva dengan Mudah"

Promo Cashback & Voucher Shopee