Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Pidato Tentang Persahabatan Singkat, Carilah Sahabat Sejati

Hai Sobat Guru Penyemangat, ada berapa orang sahabat terbaikmu hingga saat ini?

Jika boleh aku tebak, agaknya jumlah sahabat Sobat sedikit, ya, bahkan sedikit sekali. Maksudku sahabat yang berkualitas dan boleh dibilang sahabat sejati.

Kalau teman sih sudah pasti banyak. Seribu? Dua ribu? Atau mungkin bahkan sepuluh ribu?

Ya bisa jadi lebih daripada itu, karena jika kita hitung seberapa banyak orang yang datang dan butuh, rasanya sama saja dengan kita menghitung jumlah pasir di pantai.

Dia yang datang tetiba saja bersinar dan berkilau layaknya pasir pantai yang memantulkan cahaya matahari pada siang hari, namun setelah kebutuhan dan keinginannya dengan kita tergapai, eh dianya malah meredup laksana pasir yang tergerus ombak.

Uhuk, kok malah curhat gini sih! Eh bukan curhat kali ya, ngomel! Haha

Contoh Teks Pidato Tentang Persahabatan Singkat
Contoh Teks Pidato Tentang Persahabatan Singkat. Images by Pixabay

Nah berikut disajikan contoh teks pidato tentang persahabatan singkat yang mengajak kita mencari sahabat sejati serta senantiasa menjaganya.

Mari disimak ya:

Teks Pidato Tentang Persahabatan

 Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat pagi dan salam semangat untuk kita semua,

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Kepala SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA Negeri/Swasta Kabupaten/Kota
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru
serta teman-teman yang saya cintai

Bismillahirrahmanirrahiim.

Untuk membuka pidato pada pagi hari ini, marilah kita terlebih dahulu mengucapkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberi nikmat iman, islam dan ihsan bagi umat manusia. 

Tak lupa, shalawat dan salam semoga selalu mengiringi junjungan kita yaitu Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, sahabatnya, dan pengikutnya hingga akhir zaman yang telah menuntun dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang. 

Alhamdulillah, saat ini kita masih diberi kesehatan sehingga dapat berkumpul di acara ini untuk berbagi ilmu dan menjalin silaturahmi.

Hadirin yang saya sayangi, 

Semua yang hadir di tempat ini mungkin ada di antara kita yang mengajak sanak saudara, keluarga atau sahabat dekat untuk mendengarkan pidato yang saya bawakan dengan mengangkat tema tentang sebuah persahabatan.

Sahabat adalah orang yang turut menghiasi warna di kehidupan kita baik saat suka maupun duka. Kita memang tak boleh pilih-pilih dalam artian membeda-bedakan sahabat dengan hal-hal yang bersifat duniawi semata, karena manusia sebagai makhluk Allah itu memiliki kedudukan sama dihadapan-Nya. 

Namun, kita perlu mempertimbangkan dalam memilih teman yang baik dari segi akhlaknya.

Manusia adalah makhluk sosial yang butuh interaksi antar sesama, terlebih lagi jika kita mampu membangun hubungan yang baik antar sesama manusia.

Hal tersebutlah yang akan mendatangkan kebaikan di dunia maka bisa jadi akan mendatangkan kebaikan pula di akhirat. 

Maka dari itu, carilah sahabat yang yang selalu memiliki cara untuk mengajak kita mengingat Allah SWT demi kebaikan dunia dan akhirat.

Boleh Baca: Kumpulan Puisi untuk Sahabat Sejati, Singkat dan Menyentuh Hati

Para hadirin yang diberkahi oleh Allah,

Ada sebuah nasihat yang mengisyaratkan pentingnya memiliki teman yang baik akhlaknya sebagaimana Imam Syafi’i berkata;

Jika engkau mempunyai sahabat yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah, maka peganglah erat dia, jangan pernah engkau melepaskannya karena mencari sahabat baik itu sulit, tapi melepaskannya sangat mudah.

Begitu indah persahabatan yang sama-sama terbuka, jujur, empati, peduli, dan menyayangi berlandaskan cinta kepada Allah SWT. 

Bentuk persahabatan sejati adalah yang berlandaskan keimanan dan ketaatan kepada-Nya. Sahabat-sahabat hadir dalam kehidupan kita yang semakin menumbuhkan kecintaan kepada Allah SWT. 

Ketika kita berbuat salah dan lalai, sahabat akan merasa bertanggung jawab. Ia akan menasihati agar kita menjauhi keburukan dan mengajak ke kebaikan, sehingga atas izin Allah sahabat yang shalih ini akan memberi syafa’at di akhirat kelak berkat amalan tersebut.

Siapa kiranya di antara sahabat kita yang akan mencari dan mengajak kita bersama-sama ke surga?

Jika kita telah menemukannya, genggamlah erat persahabatan itu. Insya Allah akan berjalan beriringan hingga menuju surga-Nya.

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Doa Ibu yang Sedih dan Bikin Nangis

Hadirin yang saya hormati,

Sahabat yang saleh juga akan selalu mendoakan sahabatnya karena apabila ia mendoakan sahabatnya, maka malaikat juga mengaminkan doa tersebut sambil juga balik mendoakannya.

Hal ini tertuang dalam hadis bahwa;

Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Aamiin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi. (HR. Muslim, no. 2733)

Tak hanya saling mendoakan, persahabatan yang hebat adalah mereka yang bisa mendukung dan menginspirasimu untuk berubah menjadi manusia sekaligus hamba Allah yang lebih baik dari sebelumnya. 

Selaras dengan hadis yang menyebutkan bahwa “Teman yang paling baik adalah apabila kamu melihat wajahnya, kamu teringat akan Allah, mendengar kata-katanya menambahkan ilmu agama, melihat gerak-geriknya teringat mati. Sebaik-baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap tetangganya.” (HR. Hakim)

Saya tutup pidato hari ini dengan permohonan maaf yang sebesar-besarnya bila ada salah kata dan tindakan yang kurang berkenan.

Semoga pidato yang saya sampaikan bermanfaat serta mudah-mudahan kita dikumpulkan bersama sahabat-sahabat yang sholeh dan sholehah untuk membersamai di kehidupan akhirat kelak. Aamiin Ya Robbal Alamiin.

Saya akhiri,
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

***

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Antikekerasan, Yok Kita Damai!

Demikianlah tadi secarik contoh naskah pidato dengan tema persahabatan yang singkat, menyentuh hati, dan menggugah kita supaya lebih selektif memilih sahabat serta tidak mengecewakannya.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Tentang Persahabatan Singkat, Carilah Sahabat Sejati"

Promo Cashback & Voucher Shopee