Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Hemat BBM, Konsumsi BBM Mau Hemat atau Boros

Hai Sobat GuruPenyemangat.com, menurut Sobat apakah kita harus konsumsi BBM secara hemat, atau boros ya?

Semua orang pasti setuju bahwa konsumsi BBM itu harus hemat, hal ini demi tetap stabilnya cadangan energi minyak serta supaya harga BBM tidak terus melambung tinggi.

Tapi ya....

Gaya hidup di Indonesia akhir-akhir ini memang perlu disorot. Setiap rumah rata-rata sudah punya kendaraan motor, dan SPBU setiap harinya selalu penuh dengan antrean para pengendara.

Mereka rela antre BBM jenis pertalite karena memang sudah menjadi kebutuhan. Padahal beberapa dari kita bahkan harus repot-repot naik motor hanya demi membeli supermi di warung sebelah. Ehem.

Pidato Hemat BBM, Konsumsi BBM Mau Hemat atau Boros
Pidato Hemat BBM, Konsumsi BBM Mau Hemat atau Boros. Dok. GuruPenyemangat.com

Nah berikut ada contoh teks pidato hemat BBM, yaitu tentang konsumsi BBM apakah mau hemat atau boros yang singkat dan jelas.

Mari disimak ya:

Pidato Konsumsi BBM Mau Hemat atau Boros

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Bahagia untuk Kita Semua

Alhamdulillahirobbil’alamin, assalatu wassalamu’ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah SD, SMP, SMA
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru
Serta teman-teman yang berbahagia

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan hingganya kita bisa berkumpul di ruangan ini dalam dalam keadaan yang berbahagia.

Sholawat berhias salam marilah kita junjungkan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak/Ibu dan teman-teman yang berbahagia;

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang perilaku hemat BBM. O ya teman-teman, saat mengonsumsi Bahan Bakar Minyak, sebaiknya kita hemat atau boros, ya?

Sudah pasti kita semua setuju dan sepakat bahwa dalam mengonsumsi BBM sebaiknya hemat. Karena hemat BBM juga berarti hemat energi.

Entah itu BBM jenis pertalite, pertamax, dexlite atau malah solar, masing-masing darinya memang sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat di hari ini.

Bukan hanya orang tua, karyawan, serta para pekerja kantoran, bahkan para pelajar dan mahasiswa pula memerlukan kendaraan.

Sedihnya lagi, di tahun 2022 ini harga BBM kian melangit. Pemerintah menerangkan bahwa harga minyak dunia terus naik, dan bersamaan dengan hal tersebut, cadangan energi sudah mulai berkurang.

Boleh Baca: Contoh Pidato Bahaya Merokok dan Alasan Mengapa Saya Tidak Merokok

Teman-teman yang berbahagia;

Menyikapi keadaan tersebut, maka sebaiknya warga Indonesia bisa lebih hemat dalam BBM. Tapi kisahnya tidak semata-mata semudah itu, kan?

Mari kita lihat keadaan di Bumi Pertiwi ya Sobat. Menurut data dari Electronic Registration Identification (ERI) Korlantas Polri pada 19 Januari 2022, pengguna kendaraan bermotor di Indonesia mencapai 146.165.956 unit.

Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2022 ini ada sebanyak 275.361.267 jiwa, artinya ada setengah dari total penduduk Bumi Pertiwi yang menjadi pengendara motor aktif.

Dengan demikian, dapat kita bayangkan betapa banyaknya persediaan BBM yang harus disiapkan oleh pemerintah.

Dan dapat kita bayangkan pula betapa macetnya jalan raya bila setengah dari total penduduk Indonesia keluar rumah dengan mengendarai kendaraan bermotor. Bagaimana bila kita tambahkan dengan pengendara mobil, truk, bus, hingga sepeda? Wah, sungguh akan padat sekali.

Teman-teman yang berbahagia;

Di zaman seperti sekarang ini agaknya gengsi semakin tinggi. Kaum milenial, gen Z, hingga gen Alfa sukanya sesuatu yang serba instan, cepat, dan mudah.

Maka dari itu janganlah heran bila saat ini ada kita temui anak sekolah, pelajar, atau bahkan para pekerja yang merasa perlu untuk mengendarai motor padahal hanya untuk belanja di warung atau minimarket yang letaknya 50 meter dari rumah.

Memang hal tersebut terlihat simpel dan sederhana, namun sebenarnya kebiasaan berkendara dan terlalu bergantung kepada kendaraan bermotor maupun jenis kendaraan lainnya secara tidak langsung akan menjadikan seseorang mengonsumsi BBM secara boros.

Maka dari itulah, kenaikan BBM nanti pada ujungnya tidak bisa dihindari, namun juga terkadang sangat sakit untuk diterima, karena pengeluaran belanja dan kebutuhan keluarga jadi terbatas. BBM naik, maka semua bahan pokok nantinya akan ikut naik.

Boleh Baca: Contoh Pidato Jangan Buang Sampah Sembarangan

Teman-teman yang berbahagia;

Membiasakan diri untuk berjalan kaki dan memanfaatkan sarana transportasi umum adalah dua cara yang bisa kita tempuh untuk menghemat BBM.

Dengan berjalan kaki atau mengendarai sepeda menuju lokasi yang tidak terlalu jauh dari rumah, tubuh kita akan sehat dan tidak terlalu bergantung dengan kendaraan pribadi.

Pada akhirnya, konsumsi BBM bisa ditekan dan persediaan energi minyak bisa dialihkan kepada hal-hal yang lebih urgensional.

Sejatinya mau mengonsumsi BBM secara hemat atau boros hal tersebut dikembalikan lagi kepada diri kita sendiri. Bagaimana caranya kita bisa menekan gaya hidup boros, dan bagaimana caranya kita bisa lebih bijaksana, ini persoalan hati, empati, dan kepedulian.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan hari ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri

Wabillahi taufik wal hidayah;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

***

Boleh Baca: Contoh Pidato Remaja Unggul Pasti Bisa

Demikianlah contoh teks pidato sajian GuruPenyemangat.com tentang perilaku hemat BBM, yaitu mau mengonsumsi BBM secara boros atau hemat.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Hemat BBM, Konsumsi BBM Mau Hemat atau Boros"

Promo Cashback & Voucher Shopee