Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Persuasif Remaja Unggul Pasti Bisa, Singkat dan Mudah Dihafal

Hai Sobat Remaja, apakah Sobat saat ini sedang berjuang untuk menjadi pribadi yang unggul? Apakah Sobat sudah yakin bakal bisa?

Ya, Guru Penyemangat pula saat ini terus berjuang untuk menjadi pribadi yang unggul dan bermanfaat bagi banyak orang.

Sobat remaja juga demikian, kan? Kegiatan belajar yang kita lakukan sehari-hari, membaca, serta mengasah keterampilan semuanya dilakukan untuk bisa menjadi pribadi yang unggul dan lebih baik lagi.

Contoh Pidato Persuasif Remaja Unggul Pasti Bisa
Contoh Pidato Persuasif Remaja Unggul Pasti Bisa. Dok. GuruPenyemangat.com

Unggul sejatinya bukanlah sekadar perkara nilai dan angka melainkan juga mantap dari segi karakter. Maka dari itulah, remaja yang berusaha sungguh-sungguh pasti bisa menggapai kata unggul.

Nah berikut disajikan contoh teks pidato persuasif tentang remaja unggul pasti bisa yang singkat dan mudah untuk dihafal.

Mari kita simak ya:

Pidato Remaja Unggul Pasti Bisa

Assalamu’alaikum Waramatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Sejahtera untuk Kita Semua

Alhamdulillahirobbil’alamin, assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah…..
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru….
Serta teman-teman seperjuangan yang berbahagia;

Pertama-tama marilah kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan hingganya kita bisa berkumpul di ruangan ini dalam keadaan yang berbahagia.

Sholawat dan salam tiada lupa kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan rajinnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, dan teman-teman yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini saya ingin menyampaikan pidato tentang Remaja Unggul Pasti Bisa.

Tahukah teman-teman apa itu unggul?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, unggul berarti; pandai, baik, cakap, kuat, awet, serta lebih utama daripada yang lain.

Bila kita menyaksikan siaran MotoGP, maka sering kita dengar komentator mengatakan bahwa Valentino Rossi baru saja disalip oleh Mark Marquez, dan sekarang Mark Marquez berada di posisi unggul.

Teman-teman yang berbahagia;

Remaja yang unggul adalah remaja yang cakap, pandai, baik, kuat, serta menjadi sosok yang utama. Unggul di sini tidak hanya sekadar unggul di bidang akademis, melainkan juga di bidang keterampilan dan sikap.

Meski demikian, kita menyadari bahwa setiap manusia itu adalah unik. Unik karena setiap kita pasti berbeda, walaupun kembar seperti pinang dibelah dua sekalipun.

Setiap orang mempunyai kecenderungan tertentu baik di bidang akademik maupun keterampilan. Contohnya seperti saya, saya lebih suka dengan pelajaran IPA daripada Matematika. Tapi mungkin teman-teman di sini lebih suka pelajaran Matematika, Bahasa, bahkan Penjaskes.

Dari beragam macam kesukaan tersebut, kita sebagai seorang remaja bisa menjadi pribadi yang unggul. Tapi, bagaimana caranya?

Untuk menjadi remaja yang unggul, cara pertama yang bisa kita lakukan dan perjuangkan ialah fokus dengan potensi, bakat, dan minat.

Semisal teman-teman menyukai dunia kerajinan seperti membuat vas bunga dari tanah liat, membuat mozaik, serta karya seni lainnya, maka fokuslah dan gali terus potensi tersebut hingga kita menjadi mahir. Nantinya, kemahiran itulah yang menjadi jalan ninja menuju remaja yang unggul.

Boleh Baca: Contoh Pidato Semangat Belajar dan Bekerja Keras

Teman-teman yang saya banggakan;

Hal lain yang perlu kita lakukan untuk menjadi remaja yang unggul ialah berusaha dengan sungguh-sungguh tanpa takut dengan kegagalan.

Ya, kekadang ada orang yang ketika ia terjatuh atau tersandung suatu masalah, ia akan menangis, duduk, lalu “Mundur alon-alon” alias mundur pelan-pelan. Untuk menjadi remaja yang unggul, kita perlu memiliki hati yang kuat dan juga tangguh.

Jangan menyerah hanya karena sekali gagal, karena Thomas Alfa Edison pernah gagal hingga 9.955 kali sebelum bisa membuat lampu pijar yang menyala.

Ada kata-kata bijak dari Mahatma Gandhi; “Kau tidak akan pernah tahu apa hasil dari tindakanmu, tapi jika kau tidak melakukan apa pun, tentu tidak akan ada hasilnya.”

Teman-teman yang berbahagia, apakah kita pasti bisa menjadi remaja yang unggul?

Tentu saja bisa, namun untuk mewujudkannya diperlukan dukungan semua pihak mulai dari orang tua, sekolah, pergaulan, hingga lingkungan.

Seorang remaja itu butuh ruang untuk berkembang. Jika remaja tak diberi ruang, maka bisa jadi potensi yang ada di dalam dirinya makin terkubur.

Selain mendapatkan ruang, seorang remaja perlu diberikan motivasi. Ya, benar bahwa motivasi terbaik datangnya dari diri sendiri, tapi kita juga sering belajar dari kisah orang-orang sukses di sekitar kita dan mereka yang lebih dulu unggul di masa lampau, kan?

Begitulah.

Dan yang terakhir, remaja bisa terus berkembang hingga menjadi unggul bila mereka tidak melulu dicekcoki dengan kata-kata BENAR atau SALAH.

Jika tidak BENAR, maka SALAH. Jika tidak SALAH, maka sudah pasti BENAR. Seakan-akan di dunia ini hanya ada dua kata itu saja.

Jika semuanya hanya tentang benar dan salah, maka semua orang di dunia ini pasti SALAH semua, karena mereka pasti pernah gagal.

Maka dari itulah, mari kita kuatkan hati untuk tidak takut SALAH dalam melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat, dan jangan pula merasa diri paling BENAR.

Remaja yang tangguh pasti bisa, semua orang di dunia ini bisa menjadi unggul. Pun demikian dengan kita. Remaja unggul pasti bisa!

Bapak, Ibu serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri;

Wabillahi taufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Pentingnya Perilaku Disiplin

***

Nah itulah tadi secarik contoh teks pidato persuasif tentang remaja unggul pasti bisa yang singkat dan bikin semangat.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Persuasif Remaja Unggul Pasti Bisa, Singkat dan Mudah Dihafal"

Promo Cashback & Voucher Shopee