Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Hari Kemerdekaan RI untuk Anak SD Singkat dan Mudah Dihafal

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah menyiapkan pidato singkat kemerdekaan dengan semangat berapi-api untuk kemajuan negeri?

Merdeka! NKRI Harga Mati!

Ya, banyak cara dalam memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI khususnya menyambut 77 Tahun Indonesia Merdeka, 17 Agustus 2022.

Di media sosial banyak orang berfoto dengan bendera merah putih, berpose layaknya para pejuang dengan memegang bambu runcing di tengah hutan, serta menghadirkan twibbon dengan quotes Kemerdekaan menyentuh hati.

Contoh Pidato Hari Kemerdekaan RI untuk Anak SD
Contoh Pidato Hari Kemerdekaan RI untuk Anak SD. Dok. GuruPenyemangat.com

Meski begitu, tidak lengkap rasanya bila tidak ada pidato bertema kemerdekaan, karena dengan pidatolah salah satu cara kita memotivasi para pelajar zaman now.

Nah ada contoh pidato Hari Kemerdekaan RI untuk anak SD yang singkat, dan mudah dihafal tentang cara memaknai kemerdekaan bagi pelajar.

Mari disimak ya:

Pidato Hari Kemerdekaan RI untuk Anak SD: Makna 77 Tahun Kemerdekaan RI Bagi Pelajar Masa Kini

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dalam Salam Merdeka untuk Kita Semua
Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala SD Negeri/Swasta……
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru SD Negeri/Swasta……
Serta teman-teman seperjuangan yang berbahagia;

Alhamdulillah, bersyukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan umur hingganya kita bisa hadir serta menyambut momentum Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus Tahun 2022.

Sholawat berhias salam tiada lupa kita hadiahkan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, dan teman-teman yang berbahagia;

Senang sekali rasanya saya berdiri di sini dan bisa menyapa hadirin sekalian dalam rangka memeriahkan momentum yang spesial nan penuh dengan nilai-nilai sejarah. Tiada lain dan tiada bukan ialah HUT Kemerdekaan RI.

Pada 17 Agustus Tahun 2022 ini, Bumi Pertiwi bakal memasuki usia 77 tahun. Sungguh usia yang sudah menua.

Bila kita bayangkan Indonesia dengan seorang laki-laki, maka bakal tampaklah Indonesia ini seperti kakek tua yang rambutnya mulai memutih, tulangnya mulai merapuh, dan tenaganya mulai melemah.

Itu hanyalah bayangan ya teman-teman, dan semoga saja keadaan Indonesia saat ini tidak seperti bayangan kita. Karena saya yakin semangat kemerdekaan akan terus membara dan selalu ada di jiwa-jiwa muda, serta seluruh rakyat Indonesia.

Semangat merdeka tidaklah memandang umur. Tua atau muda sungguh tak masalah. Rambut memutih atau masih hitam, semuanya sungguh tak masalah. Dan tenaga yang kuat maupun mulai melemah lagi-lagi sungguh tak masalah.

Tapi teman-teman, sebagai generasi muda dan para penerus bangsa di masa depan, bagaimana cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk memaknai 77 Tahun Kemerdekaan RI?

Teman-teman yang saya banggakan;

Cara pertama bagi kita para pelajar dalam memaknai Kemerdekaan RI ialah kembali membaca sejarah.

Mengapa membaca itu penting? Pertama, bagaimana bisa kita berbicara jika tidak membaca. Bagaimana bisa kita menulis dengan lancar bila tidak membaca. Dan bagaimana bisa kita berkarya yang mantap dan bermanfaat bila tidak membaca.

Semuanya dimulai dari membaca dan dengan membaca sejarah kita bakal memetik banyak sekali nilai-nilai pendidikan, nilai-nilai karakter, serta nilai-nilai kebaikan dari para pahlawan dan pejuang nasional di era penjajahan.

Sebut saja seperti bagaimana Ibu Kita Kartini bisa menulis dan tulisannya tembus di media besar Belanda. Bagaimana organisasi Budi Utomo berdiri hingga memunculkan cikal bakal lahirnya pemuda-pemudi yang cerdas dan semangat. Bagaimana Bung Karno dan kawan-kawan bisa menyusun Pancasila sebagai Dasar NKRI, dan lain sebagainya.

Semua itu bukanlah hal yang terjadi karena keberuntungan, melainkan merupakan buah dari usaha, kerja keras, serta pembelajaran sepanjang hayat.

Teman-teman yang berbahagia;

Adapun cara kedua dalam memaknai Kemerdekaan Indonesia bagi kita para pelajar zaman kini ialah menjadi pribadi yang “Open Minded”.

Apa itu Open Minded? Open Minded artinya ialah berpikir terbuka.

Bagaimana kaitannya dengan pemaknaan terhadap Kemerdekaan RI?

Di zaman sekarang seringkali kita temui adanya perbedaan pendapat, perbedaan pandangan, serta hal-hal serupa yang tak jarang malah membuahkan permusuhan.

Jika kita sebagai generasi pelajar muda terus berpikiran sempit dan hanya memandang orang lain berdasarkan asal suku, bahasa, ras tertentu, agama, atau bahkan gender-nya, maka entah sampai kapan kita bisa maju.

Maka dari itu, sikap open minded alias berpikiran terbuka dan meluas di zaman ini sangatlah penting sebagai wujud dari kontribusi kita terhadap kemajuan negeri.

Mari kita tingkatkan toleransi terhadap sesama, kita mantapkan akhlak mulia, dan terus berusaha menjadi pelajar yang berprofil Pancasila.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang bahagia ini. Saya mengucapkan selamat menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 77 Tahun. Tetaplah bersemangat dan amalkan nilai-nilai Kemerdekaan di mana pun kita berada.

Banyak maaf, saya akhiri;

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

***

Boleh Baca: Kumpulan Pertanyaan Sulit Tentang Kemerdekaan Indonesia Beserta Jawabannya

Itulah tadi contoh pidato bertema Hari Kemerdekaan RI dalam menyambut HUT RI ke-77 Tahun 2022 yang cocok sebagai referensi anak SD.

Contoh pidato tentang Kemerdekaan di atas ditulis singkat, penuh makna, dan mudah untuk dihafal oleh para pelajar.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Hari Kemerdekaan RI untuk Anak SD Singkat dan Mudah Dihafal"

Promo Cashback & Voucher Shopee