Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Pertanyaan Sulit Tentang Kemerdekaan Indonesia Beserta Jawabannya

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat bisa menjawab beberapa pertanyaan sulit bertema Kemerdekaan Indonesia?

Ya, sebagai bangsa yang besar kita wajib mengetahui sejarah. Dari sejarah, kita bisa belajar untuk lebih bijaksana dalam bersikap, serta tidak melupakan perjuangan para pahlawan.

Jangan sampai di zaman sekarang kita malah sibuk dengan kepentingan pribadi hinggalah lupa untuk menggaungkan cinta terhadap tanah air, apalagi sampai lupa untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan makna dari Kemerdekaan RI.

Pertanyaan Sulit Tentang Kemerdekaan Indonesia
Pertanyaan Sulit Tentang Kemerdekaan Indonesia. Dok. GuruPenyemangat.com

Nah untuk menggali kembali semangat persatuan dan kesatuan dalam rangka menyambut Kemerdekaan RI, berikut GuruPenyemangat.com hadirkan kumpulan pertanyaan bertema Kemerdekaan.

Kumpulan pertanyaan sulit tentang Kemerdekaan Indonesia ini berupa soal esai yang dilengkapi dengan jawabannya, jelas dan padat.

Mari disimak ya:

Pertanyaan Sulit Tentang Kemerdekaan Indonesia Beserta Jawabannya

Berikut disajikan beberapa pertanyaan bertema Kemerdekaan Indonesia yang dilengkapi dengan jawabannya:

1. Apa saja upaya yang dilakukan oleh rakyat di ambarawa untuk mempertahankan kemerdekaan indonesia? jelaskan!

Jawaban:

Rakyat di Ambarawa berperang melawan pasukan sekutu yang diikuti orang-orang NICA dengan menerapkan strategi yang dikenal dengan strategi gelar supit urang atau disebut juga pengepungan rangkap.

Peristiwa ini diabadikan oleh pemerintah dengan dibangunnya Untuk mengenang peristiwa ini, dibuatlah Monumen Palagan Ambarawa. Pada 15 Desember dijadikan sebagai Hari Infanteri.

2. Jelaskan tugas Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia!

Jawaban:

Tiga tugas utama PPKI:

  • Menetapkan dan mengesahkan UUD 1945
  • Memilih dan mengangkat Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden.
  • Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) yang bertugas membatu presiden dan wakil presiden sebelum lembaga resmi terbentuk.

3. Upacara peresmian pengangkatan anggota BPUPKI dilaksanakan di gedung?

Jawaban:

Gedung Cuo Sangi In, Jalan Pejambon Jakarta

4. Tujuan pemerintah Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia adalah?

Jawaban:

Tujuan awal Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia ialah supaya rakyat indonesia lepas dari penderitaan. Selain itu, Jepang juga membutuhkan banyak sumber daya manusia untuk melawan sekutu.

Pada mulanya, bangsa Indonesia tertarik dengan propaganda Jepang. Akan tetapi, sikap dan tindakan Jepang tidak berbeda dengan kaum penjajah lainnya. Jepang bertindak kejam, menindas, dan menyengsarakan rakyat Indonesia. Kekejaman penjajahan Jepang, antara lain kerja paksa atau romusha.

5. Bagaimana caramu ikut serta dalam mempertahankan kemerdekaan indonesia?

Jawaban:

Cara saya ikut serta dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia

  • Belajar giat dan bersungguh-sungguh
  • Belanja produk-produk dalam negeri agar para pelaku UMKM terus berkembang
  • Melestarikan budaya dan adat istiadat asli Indonesia
  • Menggunakan dan mengamalkan Bahasa Indonesia
  • Mengikuti kegiatan upacara dengan hikmat
  • Meneladan nilai-nilai kebaikan para pahlawan nasional

6. Mengapa proklamasi merupakan pernyataan yang legal dan resmi?

Jawaban:

Karena teks proklamasi disusun oleh para pejuang kemerdekaan, kemudian dibacakan pada momen kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Dengan demikian, proklamasi menjadi pernyataan yang menjadi dasar bagi terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

7. Mengapa bangsa indonesia memproklamasikan kemerdekaan?

Jawaban:

Karena Indonesia sudah cukup menderita di era penjajahan. Negeri yang dijajah akan sangat sulit berkembang karena segala sesuatunya dikuasai oleh negara lain.

Dengan memproklamasikan kemerdekaan, negara Indonesia bisa lebih fokus untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta dalam peradaban dunia.

8. Tujuan Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada indonesia adalah…

Jawaban:

Awalnya Jepang ingin melepaskan penderitaan rakyat Indonesia atas penjajahan Belanda, namun tujuan sebenarnya ialah Jepang ingin mencari dukungan sebanyak-banyaknya karena di kala itu mereka sedang terdesak pada Perang Dunia Kedua.

9. Bagaimanakah perkembangan kehidupan sosial masyarakat indonesia dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan masyarakat sejak masa kemerdekaan hingga reformasi Kemerdekaan indonesia ke 77?

Jawaban:

Sejak diberlakukannya Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar dan konstitusi Negara Republik Indonesia, kehidupan sosial rakyat Indonesia di bidang pendidikan dan kesejahteraan semakin membaik.

Untuk mendukung kemajuan di dua bidang tersebut, UUD 1945 bahkan diamandemen hingga 4 kali. Saat ini, pemerintah menganggarkan 20% dana APBN untuk keperluan bidang pendidikan.

Sedangkan di bidang kesejahteraan, NKRI terus berjuang membuka lapangan pekerjaan serta mengasah keterampilan para generasi muda penerus bangsa sesuai dengan bakat dan minat mereka masing-masing.

Boleh Baca: Kumpulan Soal dan Pertanyaan Tentang Proklamasi dan Kemerdekaan RI, Cocok untuk Cerdas Cermat dan Quiz Ranking 1

10. Pelaksanaan tanam paksa telah menghancurkan perekonomian indonesia dan merupakan beban yang berat karena…

Jawaban:

Fokus dan tujuan utama dari tanam paksa adalah memperkaya komoditas ekspor yang keuntungannya tidak bisa dinikmati oleh rakyat Indonesia.

Selain itu, tanam paksa menghancurkan perekonomian Indonesia karena rakyat semakin jauh dari kata sejahtera. Mereka tidak mendapatkan bayaran yang setimpal atas hasil dari pekerjaan mereka, sehingga sangat terbebani dengan kondisi tersebut.

11. Bagaimana pendapatmu tentang komitmen NKRI harga mati ditinjau dari sejarah lahirnya bangsa indonesia?

NKRI harga mati adalah komitmen yang harus ditanamkan dengan kuat oleh masing-masing rakyat Indonesia bila kita tinjau dari sejarah.

Hal ini dikarenakan perjuangan menggapai kemerdekaan bukanlah perjuangan yang mudah, bahkan butuh waktu hingga ratusan tahun demi bisa mengusir Belanda dan Jepang dari kediaman NKRI.

Dalam waktu yang panjang tersebut, sudah tak terhitung lagi ada berapa banyak korban dan peperangan yang terjadi. Maka dari itulah, kita semua tidak ingin lagi ada penjajahan. NKRI adalah harga mati. NKRI wajib dipertahankan kedaulatannya oleh semua rakyat Indonesia.

12. Bagaimana proses pemberian pengakuan kemerdekaan Mesir kepada indonesia?

Jawaban:

Pada dasarnya proses pemberian pengakuan kemerdekaan Mesir kepada negara Indonesia bermula dari aksi demonstrasi besar-besaran oleh para pemuda dan mahasiswa di Mesir.

Mereka mengecam Belanda hingganya perwakilan Mesir datang ke Yogyakarta untuk menyampaikan pesan dari Liga Arab yang berisikan dukungan terhadap kemerdekaan RI. Alhasil, pada 22 Maret 1945 Mesir resmi mengakui kedaulatan RI.

13. Kedatangan pasukan sekutu pada akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat indonesia karena…

Jawaban:

Karena pasukan sekutu diboncengi oleh NICA yang mewakili Belanda.

14. Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum merupakan contoh hak legal warga negara yang tertuang dalam…

Jawaban:

  • UUD 1945 pasal 28E ayat 2 dan 3
  • UUD 1945 pasal 28F
  • Undang-Undang nomor 9 tahun 1998 pasal 1 ayat 1

15. Dapatkah kalian gambarkan semangat para pendiri negara dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia?

Jawaban:

Semangat para pendiri negara dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sangatlah besar. Mereka rela berkorban waktu, tenaga, materi, darah, hingga nyawa hanya demi membebaskan negeri ini dari para penjajah.

Sikap rela berkorban ini bisa kita lihat dari kisah para pahlawan nasional seperti Pattimura, Pangeran Diponegoro, Teuku Imam Bonjol, Cut Nyak Dien, dan lain sebagainya.

Di sisi yang sama, tokoh para pendiri negara pun ikut memperjuangkan kemerdekaan dengan caranya masing-masing.

Seperti Ir. Soekarno, Muhammad Hatta serta BPUPKI dan PPKI yang berusaha merumuskan kemerdekaan Indonesia dan dasar negara. Semua semangat itu tidak bisa dipisahkan dari perjuangan merengkuh kemerdekaan.

Boleh Baca: Kumpulan Pertanyaan Seputar Pancasila Beserta Jawabannya

16. Pada masa perjuangan sebelum kemerdekaan dengan keterbatasan yang dimiliki para pejuang sanggup menciptakan persatuan bangsa. Apa yang dapat dilakukan pemuda sekarang dengan berbagai kemudahan seperti saat ini?

Jawaban:

Persatuan dan kesatuan bangsa sebenarnya sudah didapat oleh para pejuang di masa kemerdekaan. Sekarang kita para pemuda dan bangsa sudah bisa menikmatinya. Maka dari itu, yang perlu dan harus kita lakukan ialah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah dan tercerai berai.

Para pemuda perlu menggaungkan kembali semangat Bhinneka Tunggal Ika, semangat pantang menyerah, toleransi, serta bersungguh-sungguh dalam belajar, serta ikut berkontribusi dalam memajukan NKRI sesuai dengan kesanggupannya masing-masing.

17. Pelaksanaan politik etis yang paling dirasakan dalam pergerakan nasional bangsa indonesia adalah…

Jawaban:

Munculnya kaum-kaum cendekiawan dan terpelajar yang kemudian membentuk komunitas dan organisasi. Contohnya, organisasi Budi Utomo.

18. Jelaskan bagaimana penderitaan bangsa indonesia akibat penjajahan pada masa VOC!

Jawaban:

Awal tujuan Belanda datang ke Indonesia untuk menguasai perdagangan rempah-rempah. Untuk memperkuat kedudukannya, pada 1602 Belanda mendirikan kongsi dagang yang disebut VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) di Batavia.

Gubernur jenderal VOC yang pertama adalah Pieter Both. Kemudian diganti Jan Pieterszoon Coen. Di bawah kepemimpinan JP Coen, VOC mengalami kemajuan pesat. Batavia kemudian dijadikan pusat pemerintahan dan kegiatan VOC.

Hanya saja, setelah perdagangannya maju VOC mulai melakukan penjajahan. Mereka memecah belah kekuatan rakyat dengan mengadu domba. Siasat ini disebut ”devide et impera”.

Rakyat pun sangat menderita dengan keadaan tersebut. Tindakan sewenang-wenang VOC ini membuat marah bangsa Indonesia hinggalah muncul aksi perlawan dari berbagai daerah.

19. Proklamasi kemerdekaan menjadi bukti bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang mandiri karena…

Jawaban:

Karena Indonesia mendapatkan kemerdekaan dari jerih payah dan usaha dari bangsa sendiri, bukan pemberian dari bangsa lai.

20. Contoh penerapan makna proklamasi saat upacara bendera adalah…

Jawaban:

Contoh penerapan makna proklamasi saat upacara bendera

  • Mengikuti jalannya upacara dengan khidmat
  • Disiplin dan hadir tepat waktu
  • Mengenakan seragam yang sesuai
  • Tidak menganggu peserta upacara
  • Tidak mengobrol saat upacara berlangsung
  • Ikut mengheningkan cipta sebagai wujud menghargai jasa-jasa para pahlawan

***

Boleh Baca: Inilah Wujud Kesejahteraan Rakyat Indonesia Setelah Kemerdekaan

Demikianlah sajian GuruPenyemangat.com tentang kumpulan pertanyaan sulit bertema Kemerdekaan Indonesia yang lengkap dengan jawabannya.

Segenap pertanyaan di atas bisa Sobat jadikan referensi untuk memberikan soal latihan kepada siswa, kuis, atau pun tanya jawab.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Pertanyaan Sulit Tentang Kemerdekaan Indonesia Beserta Jawabannya"

Promo Cashback & Voucher Shopee