Widget HTML #1

Contoh Sambutan Pembukaan Kegiatan MPLS untuk Ketua Panitia, Singkat dan Mudah Dihafal

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah siap menyampaikan pidato atau sambutan dalam rangka membuka kegiatan MPLS tahun ini di sekolahmu?

Sebagai seorang ketua panitia atau ketua OSIS, biasanya Sobat akan diminta untuk menyampaikan sepatah dua patah kata pada momentum pembukaan MPLS, tepatnya pada hari pertama.

Setelah Sobat menyampaikan sambutan, barulah nanti dilanjutkan dengan pidato oleh Kepala Sekolah sekaligus membuka acara secara resmi.

Namun demikian, kepala sekolah atau pejabat yang mewakili biasanya menyampaikan sambutan berdasarkan isi pidato yang diutarakan oleh ketua panitia.

Sambutan Pembukaan Kegiatan MPLS untuk Ketua Panitia
Sambutan Pembukaan Kegiatan MPLS untuk Ketua Panitia. Dok. GuruPenyemangat.com

Ya, biasanya isi sambutan ketua panitia MPLS berisi tentang rencana kegiatan, rangkaian kegiatan secara umum, dan pelaporan-pelaporan lain yang terkait dengan kegiatan pengenalan sekolah.

Nah, berikut ada contoh sambutan pembukaan kegiatan MPLS di sekolah untuk ketua panitia yang singkat di SMP, SMA, atau SMK.

Mari disimak ya:

Sambutan Ketua Panitia MPLS yang Singkat dan Bikin Semangat

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Sehat untuk Kita Semua

Alhamdulillahirobbil ‘alamin, assalatu wassalamu ‘ala rasulillah wa ‘ala alihi wasohbihi wa mauwwalah.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah Beserta Wakilnya
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Staf Tata Usaha
Yang saya hormati, Ketua OSIS SMP/SMA Beserta Perangkatnya
Dan yang saya banggakan, segenap panitia, teman-teman, serta adik-adik peserta didik baru MPLS (Nama Sekolah)

Pertama di atas segalanya, marilah kita berucap Alhamdulillah sebagai tanda syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita banyak sekali nikmat, salah satunya ialah nikmat kesehatan sehingga kita bisa berkumpul di lapangan sekolah ini dalam rangka mengikuti kegiatan MPLS Tahun 2023.

Sholawat berhiaskan salam tiada bosan-bosannya kita sampaikan kepada Rasul Teladan Umat, Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, dan teman-teman yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para panitia kegiatan yang telah bekerja keras dari mulai perencanaan, koordinasi, hingga implementasi MPLS hingga bisa berjalan hingga hari ini. Mudah-mudahan kegiatan kita bakal dilancarkan oleh Allah SWT dari awal hingga akhir.

Bersamaan dengan itu pula, kami turut berucap terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mendukung, serta turut membantu baik dari segi materi maupun non materi.

Kegiatan MPLS yang bakal kita laksanakan hari ini hingga beberapa hari ke depan sejatinya tidak akan terlaksana tanpa persetujuan pihak sekolah.

Kepada adik-adik peserta didik baru;

Saya mengucapkan selamat datang, welcome to our school. Beginilah sekolah kita, beginilah penampakkannya dari depan, dari samping, dari kanan, dari kiri, atau bahkan dari atas.

Selama tiga tahun ke depan, kalian akan menuntut ilmu di sini, berkarya di sini, berimajinasi di sini, serta memperbaiki akhlak untuk menjadi pribadi dan pelajar yang lebih baik lagi dalam setiap harinya.

Meski begitu, semua butuh proses dan hal pertama yang adik-adik perlu lakukan adalah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, dengan sekolah yang baru.

Apa hal yang perlu dilakukan untuk memudahkan proses adaptasi di sekolah baru? Hal yang perlu dilakukan tiada lain dan tiada bukan adalah mengikuti kegiatan MPLS dengan baik.

Boleh Baca: Kumpulan Kesan dan Pesan MPLS Sekolah

Teman-teman yang saya banggakan;

MPLS secara sederhana merupakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Dulunya kegiatan ini bernama MOS; singkatan dari Masa Orientasi Sekolah.

Hanya saja beberapa tahun ke belakang istilah MOS seringkali diindetikkan dengan aksi perundungan alias pembully-an. Alhasil, bukannya pengenalan sekolah yang dilakukan, malah kegiatan yang kurang berfaedah, buang-buang waktu, dan juga buang-buang biaya.

Namun pada kegiatan MPLS ini sajiannya akan berbeda. Di era Merdeka Belajar seperti saat sekarang ini, MPLS yang bakal kita gelar terdiri atas kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan warga sekolah, pengenalan karakter, budaya, dan cara belajar di sekolah, pengenalan ekstrakulikuler, hingga penyampaian materi-materi penting seperti kedisiplinan, kepemimpinan, hingga nilai-nilai Pelajar Pancasila.

Agaknya rangkaian kegiatan di atas terkesan terlalu formal dan agak membosankan ya teman-teman? Hayo? Jujur saja? Ngaku, hayo ngaku? Hehehe.

Tenang saja ya adik-adik. Kegiatan MPLS kita kali ini bakal seru karena banyak games menarik, dan di samping itu pematerinya juga keren-keren kok. Jadi, mudah-mudahan setiap tangkai kegiatannya bisa diikuti dengan baik ya.

Boleh Baca: Susunan Acara MPLS di Sekolah, Lengkap dengan Teks MC

Adik-adik peserta didik baru yang berbahagia;

Sejatinya pengenalan terhadap lingkungan sekolah itu sangat penting bagi seorang pelajar yang baru saja melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Laksana membeli baju baru ke pasar, tentu saja kita tidak ingin asal pilih dan asal pakai. Ukuran bajunya harus kita sesuaikan agar pas di badan, cocok warnanya, dan tampil trendy saat kita melihat diri sendiri di cermin.

Demikian juga dengan sekolah baru. Kita tidak asal belajar, tidak asal datang, dan tidak asal duduk di kelas tanpa melakukan adaptasi. Sebagai pelajar yang hebat, kita perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah, pergaulannya, budayanya, hingga tata tertib yang berlaku.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Bila nanti dalam jalannya kegiatan MPLS hingga penutupan terdapat kekurangan, maka saya mewakili rekan-rekan panitia memohon maaf.

Mari kita sukseskan bersama MPLS (Nama Sekolah) Tahun 2023 ini, mari kita petik kebermanfaatannya, lalu kita sebarkan kebermanfaatan tersebut agar menjadi kebaikan yang bisa dinikmati oleh semua.

Boleh Baca: Rekomendasi Game MPLS yang Seru dan Bikin Makin Kompak

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang mulia ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah.

Saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

***

Nah, demikianlah tadi seutas sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh kata sambutan yang bisa disampaikan oleh ketua panitia pada saat pembukaan kegiatan MPLS.

Contoh sambutan ketua panitia MPLS di atas cocok disampaikan di SMP, SMA, MA, atau SMK. Sobat hanya perlu menambahkan nama sekolah atau rangkaian kegiatan tambahan jika diperlukan.

Oke, semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: 23 Inspirasi Ide dan Tema Kegiatan MPLS di SMP, SMA, MA, dan SMK

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Sambutan Pembukaan Kegiatan MPLS untuk Ketua Panitia, Singkat dan Mudah Dihafal"