Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Kenakalan Remaja Beserta Solusinya

Hai Sobat Guru Penyemangat, agaknya semakin bertambah hari fenomena kenakalan remaja terus bertambah, ya?

Tidak hanya di jagat nyata, di dunia maya pula sudah marak peristiwa penyimpangan sosial yang berujung pada degradasi moral dan penurunan karakter.

Untuk itu, diperlukan sistem pendidikan dan pembelajaran yang mantap serta solusi-solusi efektif serupa sehingga kenakalan remaja bisa dikurangi.

Nah berikut ada contoh pidato bertema kenakalan remaja yang singkat beserta solusinya demi memperbaiki moral para generasi muda.

Mari disimak ya:

Pidato Kenakalan Remaja Beserta Solusinya

Pidato Kenakalan Remaja Beserta Solusinya
Pidato Kenakalan Remaja Beserta Solusinya. Dok. GuruPenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Para hadirin sekalian yang saya hormati
Bapak dan Ibu yang saya hormati
dan anak-anakku yang saya cintai
Salam sejahtera bagi kita semua

Alangkah baiknya untuk memulai kegiatan hari ini, mari kita terlebih dahulu memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah dianugerahkan kepada alam dan seisinya. 

Tak lupa shalawat dan salam semoga senantiasa mengiringi junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun ke jalan terang benderang sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan yang berbahagia ini.

Para hadirin yang saya banggakan,

Jika kita mengamati kondisi para remaja di era modern saat ini memang tak terlepas dari fase pencarian jati diri bahkan para hadirin sekalian pastinya pernah atau sedang mengalami proses tersebut yang biasa dikenal dengan istilah masa pubertas atau mungkin bahasa gaulnya adalah ABG labil. 

Pada masa itu merupakan ajang untuk mengekspresikan diri dalam kehidupan sosial dan cenderung lebih suka mencoba berbagai hal baru yang menantang dengan pola pikir dan pola perilaku yang belum matang.

Akibatnya, mereka berpotensi mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang apabila tidak diawasi dan dikontrol yang disebut dengan kenakalan remaja.

Kenakalan remaja merupakan segala bentuk perilaku remaja yang melanggar norma dan tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal. 

Perlu hadirin sekalian ketahui, berdasarkan data World Health Organization (WHO) pada 2020, setiap tahunnya ada 200 ribu pembunuhan di kalangan anak-anak muda usia 12-29 tahun.

Sebanyak 84 persen kasus melibatkan laki-laki usia muda. WHO menyatakan kekerasan di antara anak muda telah menjadi isu kesehatan warga dunia seperti kekerasan fisik, perundungan, kekerasan seksual hingga pembunuhan.

Tidak hanya menjadi isu global dalam skala dunia. Namun di Indonesia menurut laporan UNICEF tahun 2016 menunjukkan bahwa kekerasan pada sesama remaja di Indonesia diperkirakan mencapai 50 persen.

Sedangkan dari data Kementerian Kesehatan RI 2017, ada 3,8 persen pelajar dan mahasiswa yang menyatakan pernah menyalahgunakan narkotika dan obat berbahaya.

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Narkoba Singkat 5 Menit

Banyak faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja dikarenakan kurang perhatian orang tua, lingkungan masyarakat, teman pergaulan para remaja, emosi remaja yang belum stabil, kondisi keluarga yang tidak harmonis, masalah ekonomi, sosial-budaya, atau pun lingkungan sekolah dan guru yang kurang mampu mengarahkan siswa untuk berkegiatan secara positif.

Adakah cara mengatasi masalah ini?

Ya, tentu saja upaya preventif yang dapat dilakukan yaitu dengan memaksimalkan pendidikan yang membentuk karakter remaja berlandaskan kearifan lokal serta nilai dan norma bangsa Indonesia. 

Menjaga pergaulan akan membawa hal yang positif pula dalam membentuk karakter remaja yang positif. 

Adapun upaya pemberdayaan dari beberapa komunitas di masyarakat, yakni, dari sektor lembaga masyarakat dengan membangun akses kesetaraan terhadap sumber daya, pelayanan, dan juga kesempatan partisipasi masyarakat dalam kehidupan.

Dari sektor keluarga, orang tua berkewajiban memberikan pengajaran tentang kepribadian sejak dini, menanamkan nilai-nilai agama merupakan pedoman yang utama bagi mereka, sehingga mereka dapat tumbuh berkembang dengan kepribadian yang baik.

Dari sektor pendidikan dengan cara guru atau pihak sekolah juga berkewajiban memberikan pengajaran karakter dan harus memberikan keteladanan yang baik untuk siswa-siswi remajanya.

Dari sektor negara yakni dengan aturan dan hukum yang berlaku harus mampu memberikan pencegahan, pemulihan, dan sanksi bagi remaja yang menyimpang jauh dari asusila, seperti seks bebas, aborsi, narkoba dan lainnya.

Sudah saatnya kesadaran tumbuh pada semua pihak, karena jika kenakalan remaja terus meningkat, bagaimana dengan nasib masa depan bangsa?

Banyak hal yang harus dilakukan remaja, yaitu dengan memperbaiki dan memperkuat keimanan dan berperan dalam kegiatan yang bermanfaat.

Jika para generasi muda disibukkan dengan hal-hal yang tidak bermanfaat maka mustahil kemajuan peradaban akan terealisasi.

Yang menjadi pertanyaan besar bagi kita bersama adalah bagaimana aktualisasi naskah teks proklamasi kemerdekaan, UUD 1945, dan Sumpah Pemuda bahkan Pancasila yang digagas oleh campur tangan dan tinta emas para tokoh pemuda terdahulu?

Maka dari itu sebagai solusi, remaja saat ini perlu mewarisi semangat juang dan memanfaatkan masa muda untuk masa depan yang lebih baik agar naskah tidak sebatas narasi, tetapi ada aksi sebagaimana Sutan Syahrir sebagai pendiri Jong Indonesia atau Himpunan Pemuda Nasionalis yang mengemukakan bahwa "Tindakan jauh lebih penting daripada kata-kata".

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf bila ada salah ucapan dan tindakan. Semoga pidato yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Saya akhiri,
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Lanjut Baca: Contoh Pidato Tentang Anti Kekerasan Singkat

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Pidato Kenakalan Remaja Beserta Solusinya"

Jasa Pembelian dan Pembubuhan e-Meterai untuk Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023
Jasa Pembelian dan Pembubuhan e-Meterai untuk Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023.