Widget HTML #1

Pidato Bahasa Inggris Tentang 1 Muharram Beserta Artinya, Sambut Tahun Baru Islam dengan Spirit Hijrah

Pidato Bahasa Inggris Tentang 1 Muharram Beserta Artinya
Pidato Bahasa Inggris Tentang 1 Muharram Beserta Artinya. Dok. GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah menyiapkan speech atau pidato Bahasa Inggris dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah?

Ya, berpidato adalah salah satu cara kita dalam menyambut Tahun Baru Hijriah sekaligus menggaukan spirit Islam. Dengan berpidato, kita bisa menyampaikan sepatah-dua patah kata yang bermakna, yang berisi pesan-pesan kebaikan terutama dalam memetik momentum bulan Muharram yang mulia ini.

Ya, Muharram adalah garis start baru bagi kita dalam rangka berjuang menambah amal demi memberatkan timbangan pahala di akhirat nanti.

Maka dari itulah, ajakan tentang hijrah dari perilaku yang kurang baik menuju takwa perlu digaungkan oleh semua pihak, baik dari kalangan anak-anak, pelajar, atau masyarakat muslim pada umumnya.

Berikut contoh naskah pidato menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram Bahasa Inggris lengkap dengan artinya untuk anak SD, SMP, SMA, dan umum.

Mari disimak ya:

Pidato Bulan Muharram Bahasa Inggris: Welcoming Muharram With the Spirit of Hijrah

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in. Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

The honorable the head master,
The honorable the teachers
And my beloved friends.

First of all, let us say thanks to Allah SWT, who has given mercy and blessings, especially healthy and opportunity so we can gather here to welcom the Islamic New Year, 1st Muharram 1445 Hijriah

Sholawat and salam always be upon Muhammad SAW, may these sholawat can bring us to get His help on the day of Judgement.

Brothers and sisters,

It is such great gratefull for us to be able to welcome the Islamic New Year  and the glorious month of Muharram. 

If we look around, it is such very lucky. Because why? Because Our neighbours, friends, and families out there were not able to welcome it, because their destiny or they passed away before Muharram comes.

Therefore, we need to be more grateful because the opportunity is priceless. But, these are not enough. As a smart muslim, we have to do evaluation dan reflection, especially our deed and behavior we have done all year round.

Are we already feeling better than we did the year before? Or maybe just a little less goodness and benefit.

Are we closer to Allah all last year? Or just keep going away and wrapped up in an endless world.

Those two questions are quite difficult to answer, and when we want to answer, we will be brooding a moment while regretting time after time that has gone to waste

Brothers and sisters;

Regretting is good, but it doesn’t seem right to do it continually. The current time cannot be repeated even for a second, let alone a day, a month, and a year.

So that, the thing we need to do especially in welcoming the month of Muharram in the Islamic new year 1445 H is increasing the will to hijrah.

Today, hijrah has meaning not only about moving for one place to another, or from a province to another province. Hijrah has a broad meaning, that is hijrah from bad behavior to be good,  from less beneficial becomes more beneficial, and more pious to Allah Swt.

If we take a look at the story of hijrah of prophet Muhammad saw from Mekkah to Madinah in year 1 Hijriah, we can conclude that hijrah need a sacrifice.

But don’t worry, brothers and sisters. Every single things that we leave in order to be closer to Allah and achieve His blessing, then later Allah will change them for something better. Definitely, not only good for us but also good for Allah swt. 

Indeed, because what is good in our sight is not necessarily good for Allah, but what is good for Allah is definitely good for us.

Brothers and sisters,

In response to the momentum of the month of Muharram in the Islamic New Year 1445 Hijriah, let’s echo the spirit of hijrah which is not just a word and nor a discourse

Little by little, let’s fix the action with the real actions to become a more useful person, have a noble charater and be more pious to Allah.

Brothers and sisters, 

That’s all of my shorth speech that I can deliver to you in this glorious month of Muharram. Forgive me for all the mistakes.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Boleh Baca: Contoh Pidato Singkat Menyambut Bulan Muharram untuk anak SMA dan SMP

Pidato Bahasa Indonesia: Menyambut Bulan Muharram dengan Semangat Hijrah

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in. Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Segenap Karyawan
Serta teman-teman seperjuangan yang berbahagia;

Mengawali kegiatan hari ini, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga kita semua bisa berkumpul bersama dan berbahagia bersama dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.

Sholawat berlantunkan salam tiada lupa kita sampaikan kepada Nabi Teladan Umat, Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Senang sekali rasanya kita karena bisa menyambut Tahun Baru Islam dan tiba di bulan Muharram yang agung nan mulia.

Bila kita melihat sekeliling, rasanya kita amatlah beruntung. Di luar sana ada tetangga kita, teman kita, saudara kita, bahkan umat muslimin wal muslimat yang ingin menyambut bulan Muharram dan meraih keistimewaannya, namun tidak bisa. Karena takdir berkata lain, dan ajal lebih dulu menjemput mereka.

Maka dari itulah, rasa syukur perlu kita tingkatkan karena kesempatan itu amatlah mahal. Namun, rasa syukur saja tidaklah cukup untuk menyambut Tahun yang Baru.

Sebagai seorang muslim yang cerdas, kita perlu melakukan evaluasi dan refleksi, terutama tentang amalan-amalan kebaikan serta tindakan kita di hari-hari sepanjang tahun lalu.

Apakah kita sudah merasa lebih baik dari tahun yang sebelumnya? Atau malah tambah berkurang kebaikan dan kebermanfaatan.

Apakah kita sudah lebih dekat dengan Allah sepanjang tahun kemarin? Atau malah terus menjauh dan sibuk mengurusi dunia yang tiada habis-habisnya.

Dua pertanyaan itu rasanya cukup sulit untuk dijawab, dan ketika ingin menjawabnya kita bakal merenung sesaat seraya menyesali waktu demi waktu yang terbuang percuma, untuk hal-hal yang kurang berfaedah.

Teman-teman yang berbahagia;

Penyesalan itu baik, tapi rasanya kurang pantas bila kita terus-terusan menyesali hari kemarin. Waktu yang berlalu tidak akan bisa diulang kembali walaupun satu detik. Apalagi hari, bulan, dan tahun.

Maka dari itulah, hal yang perlu kita lakukan terutama dalam rangka menyambut bulan Muharram di Tahun Baru Islam 1445 H adalah meningkatkan semangat diri untuk berhijrah.

Hijrah di masa kini bukan hanya berarti berpindah ke satu tempat ke tempat lain, atau berpindah dari provinsi yang satu ke provinsi yang lain.

Hijrah memiliki makna yang lebih luas, yaitu hijrah dari perilaku yang kurang baik menjadi baik, perilaku yang kurang bermanfaat menjadi lebih bermanfaat, serta hijrah dari setengah takwa menjadi lebih takwa kepada Allah SWT.

Bila kita melirik sekilas tentang kisah hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah pada tahun 1 Hijriah, kita bisa memetik makna bahwa hijrah itu perlu pengorbanan.

Namun tidak perlu khawatir, duhai teman-teman. Segala sesuatu yang kita korbankan dan tinggalkan dengan niat mendekatkan diri kepada Allah dan meraih ridha Allah, maka nanti Allah akan mengganti segala sesuatu yang kita korbankan itu dengan hal yang lebih baik lagi. Tentu bukan hanya baik bagi kita, melainkan baik di sisi Allah SWT.

Sungguh, karena apa yang baik menurut pandangan kita belum tentu baik bagi Allah, tapi apa yang baik bagi Allah sudah pasti baik pula bagi kita.

Teman-teman yang berbahagia;

Dalam menyambut momentum bulan Muharram di Tahun Baru Islam 1445 Hijriah ini, mari kita gaungkan semangat hijrah yang bukan sekadar kata, bukan sekadar ucap, dan bukan pula sekadar wacana.

Sedikit demi sedikit, mari kita berbenah dengan aksi, dengan tindakan yang nyata untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat, berakhlak mulia, dan lebih takwa kepada Allah SWT.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada momentum bulan Muharram yang mulia ini. Mohon maaf atas segala kesalahan.

Saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

***

Boleh Baca: Pidato Lucu dan Singkat Tentang 1 Muharram, Lengkap dengan Dalil dan Pantun

Itulah tadi sajian Guru Penyemangat tentang contoh pidato Bahasa Inggris tentang 1 Muharram beserta artinya.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Pidato Bahasa Inggris Tentang 1 Muharram Beserta Artinya, Sambut Tahun Baru Islam dengan Spirit Hijrah"