Widget HTML #1

Pidato Singkat Tentang 1 Muharram Untuk Anak SD, Lengkap dengan Pantun Lucu

Pidato Singkat Tentang 1 Muharram Untuk Anak SD
Pidato Singkat Tentang 1 Muharram Untuk Anak SD. Dok. GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, Selamat Menyambut 1 Muharram 1445 Hijriah ya!

Alhamdulillah. Tahun baru artinya semangat juga harus baru, dan semangat utama dalam menyambut bulan agung Muharram adalah semangat hijrah.

Ya, 1 Muharram adalah tanggalan hari pertama di Tahun Baru Islam, yaitu Tahun Hijrah. Muharram juga merupakan 1 dari 12 bulan berdasarkan urutan Kalender Hijriah.

Ada banyak keutamaan di bulan Muharram, dan ada banyak cara bagi kita umat Islam dalam menyambut 1 Muharram. Tentunya sambutan ini mesti lebih bahagia lagi daripada Tahun Baru Masehi kan?

Berikut ada contoh pidato singkat tentang 1 Muharram yang dilengkapi dengan dalil dan pantun lucu, cocok untuk anak SD dan pelajar.

Mari disimak ya:

Pidato Tentang 1 Muharram Untuk Anak SD Beserta Dalilnya

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh…

Jamaah, hai jamaah. Ana ada pantun nih!

Jalan-jalan ke pasar beli garam
Gara-gara berlari akhirnya aku berkeringat
Siapa yang bahagia menyambut Muharram
Jawab salam dariku dengan semangat

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin, assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru SD……
Serta teman-teman dari kelas 1-6 yang berbahagia;

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji serta syukur kepada Allah SWT. Berterima kasih kita kepada Allah dengan mengucapkan ALHAMDULILLAHIROBBIL’ALAMIN, terutama atas nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga bisa menyambut momentum 1 Muharram 1445 Hijriah.

Sholawat berhiaskan salam mari kita hadiahkan kepada Rasul Teladan Umat, Nabi Terbaik Penutup Para Nabi, Sayyidina Muhammad SAW. Mari kita ucapkan sholawat: “Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali Sayyidina Muhammad.”

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang dirahmati oleh Allah SWT;

Pada kesempatan yang mulia ini, izinkanlah saya menyampaikan pidato singkat tentang “Semangat Hijrah di Tahun yang Baru”.

Hai teman-teman yang saya banggakan;

Tahukah kalian bulan Muharram itu bulan yang ke berapa dalam Islam? Ya, benar sekali. Muharram adalah bulan yang pertama dalam Kalender Hijriah. Ketika kita memasuki 1 Muharram, ketika itu pula kita bertamu menuju Tahun Baru Islam.

Nah, kan ada lagunya itu. Teman-teman masih hafal lagu bulan-bulan dalam Islam?

Hayuk kita coba nyanyikan bersama-sama ya:

Muharram…Safar…Rabiul Awwal
Rabiul Akhir…Jumadil Awwal
Jumadil Akhir…Rajab…Sya’ban… Ramadhan…Syawwal
Dzulqaidah…Dzulhijjah.

Alhamdulillah mantap. Ternyata teman-teman di SD ini hebat-hebat dan cinta Islam, ya, karena semuanya hafal nama-nama bulan dalam Islam.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang dirahmati oleh Allah SWT;

Bulan Muharram adalah bulan yang mulia, bulan yang agung, dan juga bulan yang spesial. Saking spesialnya, bulan Muharram dijuluki “Syahrullah” oleh Allah SWT. Hal ini dapat kita temukan dari hadis Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

Bacaan Latin:

Afhdolus-shiyaami ba’da romadhoona syahrullaahil muharramu wa afdholus-sholaati ba’dal fariidhoti sholaatul-lail.

Artinya:

"Seutama-utama puasa setelah Ramadhan ialah puasa di bulan Allah (Muharram), dan seutama-utama shalat sesudah shalat Fardlu, ialah shalat malam." Hadis Riwayat Imam Muslim Nomor 1982 dalam Kitab Puasa.

Teman-teman yang dimuliakan oleh Allah SWT;

Adapun motto atau semboyan yang biasa kita dengar setiap tahun baru yaitu; TAHUN BARU SEMANGAT BARU. Biasanya pada pergantian tahun, banyak orang-orang pada heboh, riang gembira, menggelar pesta, bahkan begadang bakar jagung hingga larut malam.

Apa yang mereka sambut? Ternyata yang mereka sambut ialah tanggal 1 Januari. Tapi sayang, setelah datang 1 Januari ternyata jalanan sepi. Orang-orang pada ketiduran dan bangun siang gara-gara begadang. Pertanyaan kita, apakah mereka yang Islam masih ingat dengan sholat Subuh?

Sedangkan di Facebook, WhatsApp, atau Instagram, orang-orang sibuk update story dan postingan tentang semangat dan impian di Tahun Baru.

Tapi kita sekarang telah memasuki bulan Muharram yang menjadi awal bagi Tahun Baru Islam 1445 Hijriah. Sesemangat apa kita menyambut bulan yang mulia ini?

Apakah ada dari kita yang bersemangat untuk hijrah? Bersemangat untuk menyantuni anak yatim? Atau bahkan melakukan sholat tahajud? Amat disayangkan ya teman-teman. Masa iya Tahun Baru Masehi lebih seru dan lebih ramai daripada Tahun Baru Islam. Semestinya Tahun Baru Islam yang ramai, kan?

Bapak, Ibu, dan Teman-teman yang dirahmati oleh Allah SWT;

Pada bulan Muharram ada banyak peristiwa penting yang bisa menjadi dasar hijrah dan semangat diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Pada bulan Muharram, Allah ciptakan Nabi Adam AS di surga.

Pada bulan Muharram, Allah keluarkan Nabi Yunus AS dari perut ikan Nun.

Pada bulan Muharram, Allah tenggelamkan pasukan Fir’aun dan Allah selamatkan Nabi Musa. Dari kisah selamatnya Nabi Musa AS inilah kita syukuri dengan berpuasa Asyura, yaitu puasa pada tanggal 10 Muharram.

Selain daripada itu, masih banyak pula peristiwa-peristiwa penting yang terjadi sepanjang bulan Muharram. Mengapa? Lagi-lagi karena Muharram adalah bulan yang agung, bulannya Allah.

Teman-teman yang berbahagia;

Pada bulan Muharram 1 Hijriah juga ada peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Hijrah Nabi Muhammad SAW ini disambut dengan meriah dan sukacita oleh penduduk Madinah di kala itu. Alhasil, Islam pun diterima dengan damai dan berkembang pesat.

Apa pelajaran tentang semangat hijrah yang bisa kita petik dari kisah Rasulullah SAW?

Teman-teman yang berbahagia;

Di masa kini, hijrah bukanlah tentang pergi dari satu tempat ke tempat lain yang jauh. Hijrah juga berarti meninggalkan perbuatan buruk dan gemar melakukan perbuatan-perbuatan baik. Hijrah adalah berpindah dari perilaku maksiat menuju perbuatan amar ma’ruf dan meninggalkan kemungkaran.

Hijrah adalah mengubah perilaku dari yang tadinya malas belajar menjadi semangat belajar, dari yang tadinya belajar tapi santai-santai menjadi giat dalam belajar. Dari yang tadinya berat hati membantu kedua orang tua menjadi semangat berbakti kepada keduanya.

Teman-teman yang berbahagia;

Hijrah dimulai dari diri sendiri. Hijrah terbaik adalah kita melakukan sesuatu kebaikan dengan mengharap kepada ridha Allah semata. 1 Muharram adalah momentum yang amat baik untuk kita berhijrah, karena Tahun Baru adalah Semangat Baru.

Maka dari itu, mari kita hiasi hari-hari di sepanjang bulan Muharram dan bulan-bulan selanjutnya dengan melakukan amal kebaikan, meningkatkan kualitas ibadah, serta bersemangat menggapai akhlak mulia dengan menjadikan Nabi Muhammad SAW sebaik-baiknya teladan.

Bapak/Ibu, serta teman-teman yang dirahmati oleh Allah SWT;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan Tahun Baru Islam yang mulia ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah, saya akhiri dengan pantun;

Jalan-jalan ke pasar beli jagung
Tidak lupa aku minta bonusnya
Bulan Muharram adalah bulan yang Agung
Mari kita bersemangat dalam menyambutnya

Wabillahi taufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Boleh Baca: Contoh Teks Ceramah Tentang Keistimewaan Bulan Muharram Singkat

Download Pidato Singkat Tentang 1 Muharram PDF

Untuk memudahkan Sobat Guru Penyemangat dalam menyampaikan sambutan, pidato, atau kultum singkat, berikut telah disiapkan file unduhan yang berisikan dokumen naskah pidato tentang 1 Muharram dengan format PDF.

Contoh pidato singkat bertema 1 Muharram berikut bisa dijadikan referensi bagi para pelajar terutama anak SD karena dilengkapi juga dengan pantun lucu dan dalil yang mudah dihafal.

Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa saat untuk mendapatkan dokumennya:

Pidato 1 Muharram untuk SD 321kb

***

Boleh Baca: 30 Tema Kegiatan Muharram yang Bagus dan Berkesan

Demikianlah sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh pidato singkat bertema 1 Muharram yang cocok untuk Anak SD, lengkap dengan dalil dan pantun lucu.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Pidato Singkat Tentang 1 Muharram Untuk Anak SD, Lengkap dengan Pantun Lucu"