Widget HTML #1

Kumpulan Contoh Harapan Mengikuti MPLS Singkat, Lengkap dengan Manfaatnya

Hai Sobat Guru Penyemangat. By the way, apa harapan dan motivasi Sobat dalam mengikuti kegiatan MPLS di sekolah pada tahun ini?

Apakah Sobat datang karena untuk mendapatkan pengalaman baru, atau malah sekadar ingin memenuhi kewajiban atau formalitas di sekolah saja?

Atau, ingin berkenalan dengan kakak kelas yang ganteng dan cantik?

Hahaha. Semuanya sah-sah saja ya Sobat, namun sejatinya harapan mengikuti MPLS itu ditilik dari kebermanfaatan bagi diri sendiri dan kemaslahatan orang banyak.

Berikut GuruPenyemangat.com sajikan kumpulan contoh harapan mengikuti kegiatan MPLS yang singkat dan lengkap dengan manfaatnya.

Mari kita simak ya:

Harapan Mengikuti MPLS

Harapan Mengikuti MPLS
Harapan Mengikuti MPLS. Gambar oleh stokpic dari Pixabay

1. Harapan saya dalam mengikuti kegiatan MPLS adalah ingin lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, supaya nanti lebih mudah untuk meningkatkan fokus belajar.

2. Harapan saya dalam mengikuti MPLS di sekolah ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri, terutama dalam mengungkap pendapat, serta berkomunikasi dengan orang yang baru.

3. Harapan saya mengikuti kegiatan MPLS utamanya adalah untuk meningkatkan motivasi belajar, sebab saya memerlukan sesuatu yang baru yang bisa dijadikan penyemangat diri.

4. Harapan saya mengikuti kegiatan MPLS adalah untuk mempererat jalinan pertemanan dan kekompakan antar sesama siswa baru. Selain itu, saya juga ingin berkenalan dengan guru, kakak kelas, serta segenap warga sekolah.

5. Harapan saya dalam mengikuti kegiatan MPLS adalah untuk lebih mengenal dan memahami sistem pembelajaran yang ada di sekolah ini. Mulai dari kegiatan belajar, ekstrakulikuler, kegiatan-kegiatan sosial, hingga tata aturan yang berlaku.

6. Harapan saya dalam mengikuti kegiatan MPLS adalah untuk mengukur sejauh mana potensi diri yang saya punya. Dengan mengetahui potensi diri, saya bisa mencari tahu apa yang saya perlukan dan apa yang saya butuhkan agar bisa berkembang.

7. Harapan saya dalam mengikuti kegiatan MPLS ini adalah bisa mendapat teman yang baru, suasana lingkungan sekolah baru yang nyaman, serta lingkungan pergaulan yang positif.

8. Harapan saya mengikuti kegiatan MPLS kali ini ialah supaya bisa menjadi pribadi alias pelajar yang lebih baik lagi dari hari kemarin, terutama dari sisi kemantapan karakter dan motivasi menuntut ilmu.

Boleh Baca: Kumpulan Nama Jargon MPLS yang Kece, Pakai Bahasa Inggris jadi Lebih Oke

Manfaat Melakukan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Manfaat melakukan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah atau yang sekarang lebih dikenal dengan kegiatan MPLS, antara lain:

1. Membantu Proses Adaptasi Peserta Didik Baru di Sekolah yang Baru

Adaptasi alias penyesuaian diri adalah perkara yang sangat penting bagi seorang siswa baru, terutama ketika mereka berada di lingkungan yang baru.

Hadirnya teman baru, guru-guru baru, bertemu dengan orang-orang baru, kelas baru, hingga sistem yang baru bisa saja membuat siswa merasa cemas dan khawatir. Maka dari itu, kegiatan MPLS perlu diisi dengan rangkaian acara yang menarik dan memotivasi.

2. Menggali Potensi Peserta Didik Baru Berdasarkan Minat dan Bakal yang Menonjol

Di jenjang sekolah yang sebelumnya, bisa saja seorang siswa belum mengetahui secara terang tentang seperti apa potensi diri yang mereka miliki.

Setiap siswa mungkin tidak semuanya memiliki bakat, namun masing-masing dari mereka pasti memiliki minat. Ketika minat tersebut diusahakan secara sungguh-sungguh, maka seorang siswa akan semakin dekat dengan cita-cita yang ia impikan.

3. Menumbuhkan Motivasi Belajar

Manfaat yang paling utama dari MPLS selain daripada adaptasi ialah untuk menumbuhkan motivasi belajar para peserta didik baru.

Terang saja, tidak semua siswa itu merasa semangat dan ingin bersekolah di tempat yang baru. Beberapa dari mereka terkadang ada yang ingin bersekolah di tempat lain namun ditolak, atau pun terpaksa tidak bisa sekolah jauh-jauh dikarenakan alamat domisilinya berbeda.

4. Menumbuhkan Semangat Berkarya

Selain motivasi, kegiatan MPLS sangat bermanfaat untuk menumbuhkan semangat berkarya terutama bagi para siswa baru.

Pada masing-masing acara MPLS biasanya ada kegiatan yang berupaya untuk menemukan hal-hal baru. Sebut saja seperti puisi, membuat karya sederhana, atau sejenisnya.

5. Mengembangkan Interaksi Positif Terhadap Sesama Warga Sekolah

Sekolah baru, maka tantangannya juga baru. Biasanya untuk menghadapi segenap tantangan dan persoalan tersebut seorang siswa membutuhkan seorang teman. Nah, teman di sini bisa didapat dari beragam interaksi positif dalam setiap acara MPLS di sekolah.

Boleh Baca: Kumpulan Contoh Kesan dan Pesan Selama Mengikuti Kegiatan MPLS untuk Kakak Kelas dan Pendamping

6. Menumbuhkan Perilaku Positif Sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila

Sekarang adalah eranya Merdeka Belajar, dan tantangan bagi sekolah maupun siswa adalah bagaimana caranya untuk bisa mengamalkan nilai-nilai yang sesuai dengan profil Pelajar Pancasila.

Dengan adanya kegiatan MPLS, diharapkan semakin tumbuh dan berkembang perilaku-perilaku positif yang seirama dengan profil Pelajar Pancasila.

7. Mendapatkan Kiat-kiat dan Cara Belajar Efektif

MPLS juga bermanfaat bagi peserta didik baru terutama untuk mendapatkan kiat atau cara belajar yang efektif.

Biasanya ada sesi berbagi pengalaman dari kakak kelas, terutama mereka yang berprestasi.

8. Melahirkan Circle Pergaulan yang Positif

Selain menumbuhkan interaksi yang positif, kegiatan MPLS juga bisa membentuk circle atau lingkaran pergaulan yang positif pula.

Dari adanya gugus atau kelompok, biasanya masing-masing siswa akan menjalin kedekatan karena terus berinteraksi satu sama lain.

Hebatnya pergaulan yang positif ini akan mengarahkan mereka untuk melakukan hal-hal yang positif seperti bergabung di ekstrakulikuler yang sama, atau ingin berkarya bersama.

9. Meningkatkan Kekompakan Tim dan Memahami Karakter Orang Lain

Nah, kegunaan kegiatan MPLS yang juga tidak kalah penting ialah untuk meningkatkan kekompakan tim sekaligus memahami karakter orang lain.

Bila kita cermati, karakter tiap-tiap siswa itu unik, dan dari keunikan tersebutlah kita bisa mengenalnya. Lebih lanjut, dari perkenalan tadi lambat laun akan terjalin kekompakan karena adanya satu rasa dan satu visi.

10. Mendapatkan Pengalaman Baru

Sobat Guru Penyemangat, adapun hal yang tak boleh kita lupakan saat MPLS adalah pengalaman. Pengamalan itu amatlah penting, soalnya seringkali kita tidak terlalu butuh dengan apa itu pengertian MPLS, tujuan MPLS, hingga teori lainnya.

Yang kita butuhkan adalah pengalaman, karena pengalaman baru akan meninggalkan kesan dan bisa menjadi bekal bagi Sobat siswa baru untuk menghadapi persoalan terutama di dunia pembelajaran.

***

Boleh Baca: Contoh Surat Ucapan Terima Kasih, Kritik, dan Saran untuk Kakak OSIS pada Kegiatan MPLS

Nah, demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat mengenai contoh harapan selama mengikuti MPLS yang dilengkapi dengan manfaat melakukan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Contoh Harapan Mengikuti MPLS Singkat, Lengkap dengan Manfaatnya"