Widget HTML #1

Sekilas Tentang Optical Character Recognition (OCR)

Optical Character Recognition (OCR) adalah salah satu dari sedikit teknik yang telah mencapai penggunaan di seluruh spektrum industri, menghasilkan penghematan tenaga kerja langsung (yang jika tidak akan hilang dalam mengetik ulang data tulisan tangan atau diketik yang melelahkan).

Dengan OCR, sejumlah besar catatan berbasis kertas dalam berbagai bahasa dan format dapat didigitalkan ke dalam teks perangkat, yang tidak hanya menyederhanakan penyimpanan (menghemat ruang, tahan api, pengendalian hama, dan sebagainya) tetapi juga membuat materi yang tidak dapat diakses dapat diakses oleh siapa saja dengan sekali klik.

Agaknya OCR memang salah satu teknik terbaik yang digunakan sejauh ini untuk mengonversi image to text online. Apa pendapat Sobat tentang hal itu?

Sekilas Tentang Optical Character Recognition (OCR)
Sekilas Tentang Optical Character Recognition (OCR)

OCR versi terbaru jauh lebih efisien dalam mendeteksi dan mengolah data dibandingkan versi sebelumnya.

Machine Learning layak mendapatkan semua pujian karena memperluas kemampuannya dengan mengubah data menjadi kunci sesi dan tabel yang dapat dimanipulasi oleh mesin.

OCR telah berkembang menjadi lebih dari sekadar pengenalan gerakan karakter digital yang membantu dalam konversi instan gambar ke teks online.

Saat ini memiliki berbagai aplikasi, termasuk pemrosesan faktur, kertas tulisan tangan, cek bank, kartu identitas, formulir, dan banyak lagi.

Anyways, mari kita melirik Optical Character Recognition lebih dekat baik dari sisi tujuan, pengaplikasian, dan juga manfaatnya.

Disimak ya Sobat!

Apa Tujuan Teknologi OCR?

Transformasi teks tulisan tangan dan artefak kertas menjadi teks yang dapat dibaca mesin adalah aplikasi teknologi OCR yang paling populer dan terkenal.

Setelah pemrosesan OCR, program Microsoft online populer seperti Microsoft Word, Open Office, dan Google Docs dapat digunakan untuk mengedit dokumen kertas yang dipindai. Teknik ini harus dilakukan dengan tangan sebelum kedatangan teknologi OCR.

Dalam kasus surat kabar kuno, sebelum teknologi OCR, satu-satunya pilihan untuk memindai teks-teks lama ini adalah dengan hati-hati menyusun ulang semua teks, yang jelas merupakan operasi yang memakan waktu dan rawan kesalahan.

Teknologi OCR dapat digunakan di bank untuk meningkatkan keamanan perdagangan dan manajemen risiko, mendigitalkan dokumen pinjaman, dan mengaktifkan enkripsi dua lapis di ATM yang menggunakan teknologi pengenalan wajah, selain mengubah catatan kertas menjadi teks yang dapat dibaca mesin.

Selanjutnya, teknologi OCR digunakan di domain yang kurang terkenal, seperti otomatisasi input data, pengindeksan dokumen untuk mesin pencari, deteksi plat nomor otomatis, dan membantu mereka yang buta atau tunanetra.

Boleh Baca: Inilah 4 Tools Terbaik untuk Mengecilkan Ukuran Dokumen PDF

Pengaplikasian OCR

Cara Kerja dan Pengaplikasian OCR
Cara Kerja dan Pengaplikasian OCR. Illustration by Medium

Tingkatkan Kecepatan dengan Data Pelanggan

Setiap industri menghadapi kesulitan dalam merekrut karyawan baru. Entri data manual dan penilaian data setiap orang diperlukan untuk verifikasi identitas, pengisian formulir aplikasi, dan operasi terkait lainnya.

Sistem dapat secara otomatis memperoleh, mengekstrak, memvalidasi, dan data pelanggan dari teks menggunakan OCR dan algoritma Machine Learning.

Itu juga dapat memeriksa tanda tangan klien yang terlibat dalam semua jenis transaksi hukum dan mengubah foto yang diambil menjadi teks dalam beberapa saat.

Teknologi perangkat lunak bersifat real-time, hemat biaya, dan cepat, dengan akurasi yang jauh lebih tinggi daripada verifikasi manual.

Pemindaian Faktur Menggunakan Intelijen

Teknologi OCR tradisional berbasis sumber daya, membutuhkan data yang dipetakan secara manual ke bidang.

Teknologi OCR yang cerdas dapat belajar mengenali faktur vendor berdasarkan tata letak dan menyimpan data dalam sistem untuk referensi di masa mendatang menggunakan AI/ML.

Itu juga dapat memetakan data ke bidang di setiap pernyataan untuk mengekstrak hanya nilai yang diperlukan sementara mengabaikan sisanya.

Ini mungkin termasuk mengubah gambar menjadi teks yang menghemat banyak waktu saat Sobat mencari beberapa jenis sumber yang dapat membantu Anda melakukannya.

Jika pemasok mengirimkan faktur kertas, OCR tingkat lanjut dapat mendeteksi tata letak faktur dan mengekstrak informasi yang diperlukan.

Jika pemasok menyediakan file elektronik (gambar faktur), OCR pintar secara otomatis memindai dokumen dan mengembalikan hasil yang sama seperti sebelumnya.

Pengenalan Plat Nomor Otomatis

Untuk kontrol kemacetan, sistem keamanan yang menggabungkan teknologi OCR digunakan untuk menangkap plat nomor secara real-time dan mengonversi gambar ke format teks untuk penyimpanan. 

Informasi ini juga dapat digunakan untuk kontrol akses dan manajemen ruang parkir. Dengan sedikit atau tanpa campur tangan manusia, sistem dapat mengindeks ratusan mobil di tempat parkir secara otomatis.

Selain itu, sistem dapat memeriksa apakah plat nomor itu sah dan mengeluarkan peringatan jika ada plat yang masuk daftar hitam terdeteksi.

Kategorisasi Dokumen Secara Otomatis

Perangkat lunak OCR digunakan oleh firma hukum, praktik medis, dan bisnis profesional lainnya untuk mengekstrak teks dari gambar dan mengklasifikasikan dokumen secara otomatis.

Beberapa dokumen dapat diatur dan diklasifikasikan menggunakan perangkat lunak OCR tergantung pada kata kunci dokumen, tema, atau faktor lain yang telah ditentukan sebelumnya.

Ini telah mengurangi prosedur klasifikasi dokumen manual yang memakan waktu yang sebelumnya diperlukan untuk menyortir dan mengklasifikasikan sejumlah besar dokumen.

Teknologi ini bisa sangat bermanfaat bagi rumah sakit besar, perguruan tinggi, dan perusahaan. Operator harus mengunggah semua dokumen ke dalam satu folder, setelah itu perangkat lunak mungkin akan memilih, mengklasifikasikan, dan menyimpannya dalam kategori yang tepat berdasarkan jenis dokumen.

Boleh Baca: Top 5 PDF to JPG Converter 2022

Mendapatkan Informasi

Area lain di mana teknologi OCR telah membuat perbedaan dalam pencarian informasi. Saat Sobat secara fisik memilih file dan mencari data penting, mengambil data yang terdapat dalam format non-digital/gambar menjadi lebih sulit.

Semua data kertas dan elektronik yang tidak dapat dibaca oleh mesin akan diterjemahkan ke dalam versi yang dapat dibaca oleh mesin dan disimpan dalam direktori data terpadu setelah sistem OCR diterapkan. Ini karena teknologi konversi gambar ke teks yang cepat.

Selain itu, data berbasis cloud lebih aman daripada kertas biasa, yang dapat dicuri, dihancurkan, atau rusak seiring waktu. Perusahaan dapat menyimpan data sensitif di cloud dan melindunginya dari akses ilegal dengan akses terkontrol.

Manfaat Menggunakan OCR

Setidaknya ada beberapa manfaat utama yang dapat dipetik dari Optical Character Recognition (OCR). Berikut sajiannya:

Meningkatkan Efisiensi Kerja

Organisasi mendapat manfaat dari perangkat lunak OCR karena memungkinkan ekstraksi data yang lebih cepat saat dibutuhkan.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengurangi waktu pengelolaan data hingga 80%. Ketika proses manual dihapuskan, karyawan bebas untuk berkonsentrasi pada aspek penting lainnya dari perusahaan. Hal ini berdampak signifikan terhadap produktivitas perusahaan.

Kemampuan Pencarian

Setelah Sobat mengonversi gambar menjadi teks, Anda dapat menyimpannya dalam berbagai format, termasuk .doc, .rtf, .txt (paling sederhana), .pdf, dan sebagainya.

Secara internal, file-file ini dapat dicari dengan menekan Ctrl+F di PC atau Command+F di Mac. Anda dapat membuat dokumen ini dapat diakses secara internasional dengan memublikasikannya ke database yang sesuai, seperti Google Drive (untuk penggunaan pribadi).

Meningkatkan Perlindungan Data

Potensi pengenalan karakter optik untuk meningkatkan keamanan data, menghasilkan lebih sedikit pengungkapan yang tidak sah dan penekanan informasi penting, adalah salah satu keuntungan paling signifikan dari teknologi ini.

Dengan bantuan AI dan Machine Learning, OCR dapat secara otomatis mendeteksi materi rahasia dan mengamankannya dari karyawan yang tidak berwenang.

Selain itu, Sobat dapat menggunakan berbagai langkah keamanan saat mengonversi dokumen kertas ke digital untuk mencegah personel yang tidak berwenang dapat membaca dan mengedit dokumen.

Dapat Diedit

Sobat mungkin ingin menulis ulang surat wasiat lama atau memperbaiki laporan lama yang Sobat siapkan.

Daripada harus mengetik ulang seluruh dokumen setelah didigitalkan dengan OCR (berarti mengonversi foto menjadi teks), Anda dapat melakukannya dengan cepat menggunakan pengolah kata.

Aksesibilitas

Setelah dokumen dipindai oleh OCR dan disimpan dalam database umum, setiap orang yang memiliki kredensial ke database tersebut memiliki akses ke sana.

Ini sangat berguna bagi bank, yang dapat memeriksa cek pelanggan di masa lalu kapan saja dan dari lokasi mana pun dalam memeriksa riwayat kredit mereka.

Aplikasi lain yang jelas adalah memiliki arsip pemerintah yang dapat diakses dari mana saja, sehingga kita dapat mencari riwayat kepemilikan properti atau data seperti akta kelahiran.

***

Demikianlah tadi sajian mengenai Optical Character Recognition (OCR). Semoga bermanfaat ya Sobat.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Sekilas Tentang Optical Character Recognition (OCR)"