Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download RPP Kurikulum Merdeka PAI SD Kelas 4 Bab 1, Lengkap dengan Modul Ajar

Hai Sobat Guru Penyemangat. Pada tahun ajaran baru tahun 2022/2023 ini mayoritas sekolah mulai intens pedekate dengan Kurikulum Merdeka. Hal ini demi menyongsong kebijakan di era Merdeka Belajar.

Semua guru, termasuk guru PAI pun dirasa perlu untuk bersikap adaptif sekaligus menggaungkan perubahan dan ikut serta melaksanakan kebijakan pendidikan.

Ya, contohnya seperti membuat RPP Kurikulum Merdeka untuk siswa kelas 4 SD dalam setiap babnya.

Nah berikut ada contoh RPP Kurikulum Merdeka PAI jenjang SD Kelas 4 bab 1 yang lengkap dengan modul ajar tinggal unduh.

Detailnya disimak terlebih dahulu ya Sobat:

Contoh RPP PAI Kelas 4 SD Bab 1

RPP Kurikulum Merdeka PAI SD Kelas 4 Bab 1
RPP Kurikulum Merdeka PAI SD Kelas 4 Bab 1. Dok. GuruPenyemangat.com

Berikut GuruPenyemangat.com sajikan contoh RPP PAI yang disertai dengan langkah-langkah pembelajaran. Pada materi kelas 4 SD bab 1 bakal dibagi menjadi 4 pertemuan.

Pertemuan 1

Pertanyaan Pemantik

  • Sudahkah kalian membaca al-Qur’an hari ini? Ceritakan pengalamanmu mengaji di rumah!
  • Bagaimana membaca Al-Qur’an dengan tartil?

Tips untuk Guru

▪ Guru dapat memulai pembelajaran dengan pertanyaan berikut:

Sudahkah kalian membaca al-Qur’an hari ini? Ceritakan pengalamanmu mengaji di rumah!

▪ Guru tidak perlu membenarkan apalagi menyalahkan jawaban peserta didik. Apabila ada yang perlu diluruskan pemahaman peserta didik dapat diluruskan dengan penguatan dalam bentuk pertanyaan Bagaimana membaca Al-Qur’an dengan tartil?

Indikator Keberhasilan

• Peserta didik dapat membaca Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan tartil.

• Peserta didik dapat menemukan contoh bacaan tajwid (gunnah, qalqalah dan mad) dalam Q..S. Al-Hujurat/49: 13. dengan tepat

• Peserta didik dapat memasangkan potongan ayat dan artinya dengan benar

Metode

Drill; Complete Sentence; Detective Tajwid; Make a Match;

Apersepsi

Guru melakukan apersepsi dengan meminta peserta didik mengamati gambar anak-anak kelas IV sedang melakukan tadarus Al-Qurán

Pemantik/Pemanasan

Guru bertanya “Sudahkah kalian mengaji hari ini?” Ceritakan pengalamanmu mengaji di rumah!” Peserta didik menjawab pertanyaan guru. Guru menyampaikan pesan agar peserta didik membiasakan belajar mengaji setiap hari.

Kegiatan Inti

a. Peserta didik memperhatikan adab membaca Al-Qur’an dengan bimbingan guru, seperti membaca dalam keadaan suci, membaca dengan tartil, mengawali dengan taawuz dan basmalah.

Jika memungkinkan menghadap kiblat. Peserta didik mengamati ayat-ayat Q.S. al-Hujurat/49: 13. Peserta didik mendengarkan bacaan Q.S. al-Hujurat/49: 13 kata demi kata, ayat demi ayat, dari contoh yang dilafalkan guru atau menggunakan media audio visual dengan tartil. Peserta didik menirukan bacaan yang sesuai contoh secara klasikal, kelompok dan individu.

b. Peserta didik mengamati ayat dengan warna tertentu dan cara membaca yang benar Peserta didik mendengarkan kata-kata al-Hujurat/49: 13 dari contoh yang dilafalkan guru sesuai dengan makharijul huruf. Peserta didik menirukan bacaan kata-kata tertentu sesuai contoh secara klasikal, kelompok dan individu.

c. Peserta didik membaca al-Hujurat/49: 13 secara individu. Peserta didik dapat menunjukkan bacaannya dalam bentuk video dengan bimbingan orang tua.

d. Peserta didik membentuk kelompok kecil (4-5 orang). Guru dapat mengelola pengelompokan kelas dengan cara yang variatif. Peserta didik menentukan ketua kelompok dan secara berkelompok mendapatkan amplop berisi kartu potongan ayat Q.S. al-Hujurat/49: 13 dan menyusun potongan ayat dengan benar.

Peserta didik secara berkelompok mencari contoh hukum nun sukun atau tanwin pada al-Qur’an menggunakan atau tanpa lup (pembelajaran detective tajwid). Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan pembelajaran Complete Sentence dan detective tajwid.

e. Peserta didik mengamati arti kata Q.S. al-Hujurat/49: 13, melafalkan kata-kata surah dan artinya, melafalkan terjemah ayat. Peserta didik melafalkan potongan ayat al-Hujurat/49: 13 dan terjemahnya secara klasikal, kelompok dan individu.

Peserta didik secara berkelompok mendapatkan amplop berisi kartu ayat dan terjemah Q.S alHujurat/49: 13 dan memasangkannya dengan benar. Peserta didik secara individu memasangkan ayat dan terjemah

Q.S. al-Hujurat/49: 13 dalam lembar kerja atau buku siswa. Guru dapat membuat lembar daftar isian ini secara daring. Peserta didik mengoreksi bersama pasangan ayat dan terjemah Q.S. al-Hujurat/49: 13 dengan bimbingan guru.

Kegiatan Penutup

Refleksi dan Kesimpulan

Proses Asesmen: Guru mengamati proses aktivitas kelompok

Pertemuan Kedua

Pertanyaan Pemantik

o Apa pesan pokok Q.S. al-Hujurat/49: 13?

o Mengapa Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku?

o Siapakah yang paling mulia di sisi Allah?

Tips untuk Guru

▪ Guru dapat memandu diskusi dengan pertanyaan pemantik

▪ Guru tidak perlu membenarkan apalagi menyalahkan jawaban peserta didik. Apabila ada yang perlu diluruskan pemahaman peserta didik dapat diluruskan dengan menanyakan jawaban kepada peserta didik yang lain

Indikator Keberhasilan

▪ Peserta didik dapat membuat paparan tentang pesan pokok Q.S. al-Hujurat/49: 13 dengan baik

▪ Peserta didik dapat mempresentasikan paparan pesan pokok Q.S. al-Hujurat/49: 13 dengan baik

Metode

Numbered Head Together, Mind Mapping, Presentasi

Apersepsi

Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya (membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 13)

Pemantik/Pemanasan

a. Guru bertanya, “Tahukah kalian, arti al-Hujurat?” Peserta didik menjawab pertanyaan guru. Guru bertanya, “Anak-Anak, tahukah kalian, Apa pesan pokok Q.S. al-Hujurat/49: 13? Mengapa Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku? Siapakah yang paling mulia di sisi Allah?

Kegiatan Inti

a. Peserta didik membentuk kelompok kecil (4-5 orang). Peserta didik menentukan ketua kelompok. Ketua kelompok menentukan urutan nomor anggotanya (ketua kelompok nomor 1 dst) Tiap kelompok mendapatkan kertas post it sejumlah anggota kelompok dan menuliskan nomor urut di pojok kiri atas. 

Tiap anggota kelompok mencari jawaban pertanyaan sesuai dengan nomor urut berikut. 1) Apa arti al-Hujurat? 2) Apa pesan pokok Q.S. al-Hujurat/49: 13? 3) Mengapa Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku? 4) Siapakah yang paling mulia di sisi Allah? b. Ketua kelompok menuliskan judul “Pesan Pokok Q.S. al-Hujurat/49: 13” pada kertas buram. Tiap anggota kelompok menempelkan kertas post it pada kertas buram sesuai urutan. Tiap kelompok mendapatkan kertas post it sejumlah anggota kelompok dan menuliskan nomor urut di pojok kiri atas.

c. Peserta didik mengoreksi bersama jawaban tiap anggota kelompok dengan bimbingan guru.

d. Peserta didik secara berkelompok membuat mind mapping/peta pikiran/peta konsep “Pesan Pokok Q.S. al-Hujurat/49: 13” pada worksheet/ kertas buram/kertas bekas yang tersedia atau atau paparan menggunakan teknologi informasi.

e. Peserta didik melakukan pemaparan/presentasi hasil aktivitas kelompok.

Refleksi dan kesimpulan

Proses Asesmen: Guru memeriksa asesmen individu dan mengamati aktivitas kelompok.

*RPP Selengkapnya bisa diunduh pada akhir tulisan ini dan juga dicermati dalam modul ajar.

Modul Ajar PAI Kelas 4 SD Bab 1 Kurikulum Merdeka

Sobat Guru Penyemangat, pada mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti jenjang SD Kelas 4, materi bab 1 yaitu Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman.

Modul Ajar PAI Kelas 4 SD Bab 1 Kurikulum Merdeka
Modul Ajar PAI Kelas 4 SD Bab 1 Kurikulum Merdeka

Di dalam modul sudah tersedia tujuan pembelajaran, peta konsep, materi ajar yang disertai ilustrasi tentang keragaman, hadis, serta rubrik penilaian. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencapai tujuan pembelajaran berikut:

1. Membaca Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dengan tartil.

2. Menjelaskan pesan pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik.

3. Membuat paparan tentang pesan pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik.

4. Menulis Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik.

5. Menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dengan lancar.

6. Membaca hadis tentang keragaman dengan baik.

7. Menulis hadis tentang keragaman dengan baik.

8. Menghafal hadis tentang keragaman dengan lancar.

9. Berani mempresentasikan paparan tentang pesan pokok Q.S. AlḤujurāt/49:13 dan hadis tentang keragaman.

10. Membiasakan membaca Al-Qur’an dengan tartil dan sikap menghargai

keragaman dan perbedaan sebagai sunatullah.

Selain itu, untuk sistem pengajaran lebih lanjut dan pilihan aktivitas penilaian, semuanya bisa dilihat lebih detail di modul ajar khusus untuk guru.

Download RPP dan Modul Ajar PAI Kelas 4 SD Bab 1 Kurikulum Merdeka

Untuk menyukseskan pembelajaran materi QS Al-Hujurat ayat 13 berdasarkan contoh RPP di atas, GuruPenyemangat.com telah menyiapkan link unduhan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, modul ajar siswa, serta modul ajar guru untuk jenjang SD Kelas 4 pelajaran 1.

Contoh RPP dan modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka ini bisa dikembangkan oleh guru atau sekadar jadi referensi dalam menyukseskan pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran daring.

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan dokumennya:

RPP PAI Kelas 4 SD Bab 1

Modul Ajar PAI Kelas 4 Bab 1 untuk Siswa

Modul Ajar PAI Kelas 4 Bab 1 untuk Guru

***

Demikianlah seutas sajian Guru Penyemangat tentang contoh RPP Kurikulum Merdeka untuk mapel PAI Kelas 4 SD khusus bab 1 yang dilengkapi dengan buku ajar untuk siswa maupun guru sebagaimana yang diunduh dari plaftorm Merdeka Mengajar.

Semoga bermanfaat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Download RPP Kurikulum Merdeka PAI SD Kelas 4 Bab 1, Lengkap dengan Modul Ajar"