Widget HTML #1

Contoh Pidato Kepala Sekolah dalam Acara Perpisahan Kelas 6 SD dan 9 SMP Singkat

Hai Sobat Kepala Sekolah, sudahkah Sobat menyiapkan pidato untuk disampaikan pada acara perpisahan di SD maupun SMP?

Perpisahan sekolah adalah kegiatan yang cukup sakral dan memiliki banyak kesan. Di sanalah ikatan hubungan antara guru, siswa, dan wali murid bisa dipererat.

Maka dari itulah, sebagai seorang kepala sekolah, Sobat perlu menyampaikan kata-kata motivasi, cuplikan semangat, serta apresiasi khususnya kepada paras siswa yang bakal melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Contoh Pidato Kepala Sekolah dalam Acara Perpisahan
Contoh Pidato Kepala Sekolah dalam Acara Perpisahan. Dok. GuruPenyemangat.com

Sejatinya belajar itu tidaklah mudah. Pun demikian dengan orang tua dan guru, bahwa membimbing dan mengajari anak itu tidak mudah. Di sini tugas dari kepala sekolah adalah memberikan semangat serta motivasi agar baik siswa, guru, maupun orang tua tetap terjaga semangatnya.

Berikut ada contoh pidato singkat yang bisa disampaikan oleh kepala sekolah pada acara perpisahan kelas 6 SD dan 9 SMP.

Mari disimak ya:

Pidato Kepala Sekolah Perpisahan Kelas 6 SD Singkat

Pidato Kepala Sekolah Perpisahan Kelas 6 SD
Pidato Kepala Sekolah Perpisahan Kelas 6 SD. Dok. GuruPenyemangat.com

Bismillah
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Bahagia untuk Kita Semua

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.

Yang terhormat, Ketua Komite SD Negeri/Swasta Beserta Perangkatnya
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Segenap Staf dan Karyawan SD Negeri/Swasta
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Orang Tua Siswa Beserta Segenap Tamu Undangan
Dan yang sama-sama kita banggakan, siswa-siswi SD….

Pertama di atas segalanya marilah kita lantunkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan nikmat, terutama nikmat sehat dan sempat sehingga kita semua bisa berkumpul di ruangan ini dalam rangka mengikuti kegiatan pelepasan siswa-siswi kelas 6.

Shalawat berbingkaikan salam tiada lupa kita curahkan kepada Rasul Teladan Umat, Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan teriring shalawat dan salam kita dimudahkan untuk mendapatkan syafaat beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu yang berbahagia;

Pada hari yang berbahagia ini, anak-anak kita kembali berkumpul bersama dengan didampingi oleh orang tua atau wali siswa. Kisahnya barangkali cukup mirip dengan 6 tahun lalu, di mana anak-anak juga datang ke sini dengan didampingi orang tuanya.

Bedanya, di kala itu Bapak/Ibu mengantarkan anak-anak ke SD ini seraya menitipnya kepada kami pihak sekolah untuk mendapatkan tambahan pengajaran di luar daripada lingkungan keluarga.

Sedangkan saat ini, Bapak/Ibu kembali datang ke sekolah ini untuk melihat anak-anak, untuk menjalin silaturahmi, untuk menjemput mereka sembari segera mengantarkan anak-anak kita menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Bapak, Ibu yang berbahagia;

Bila kita perhatikan dan renungkan kembali perjalanan anak-anak selama 6 tahun ini, sungguh telah ada banyak perubahan dari mereka.

Dulunya anak-anak masih sulit membaca, tapi sekarang sudah lancar. Dulunya anak-anak hanya bisa berhitung hingga angka puluhan, tapi sekarang mereka sudah pandai menghitung jumlah uang jajan. Dulunya anak-anak mudah sekali menangis di saat kecewa, tapi sekarang mereka perlahan mulai mampu mengelola emosi.

Perubahan yang tampak ini sejatinya patut kita syukuri, karena biar bagaimana pun anak-anak adalah penerus cita-cita bangsa ini.

Kami dari pihak sekolah senantiasa berharap agar Bapak/Ibu tidak pernah lelah dan bosan untuk mendidik mereka di rumah, mendampingi mereka belajar, serta mendukung cita-cita dan apa yang menjadi bakat atau minat mereka.

Sekolah hanyalah tempat persinggahan bagi anak-anak kita, sedangkan dalam kehidupan sehari-hari kegiatan dan aktivitas mereka lebih banyak di rumah. Maka darinya, marilah kita jadikan lingkungan keluarga sebagai rumah idaman dan rumah ilmu bagi mereka.

Anak-anak yang saya sayangi;

Enam tahun sudah kalian belajar di sekolah ini, menimba ilmu, mengasah keterampilan, serta memperbaiki karakter di sekolah ini. Kalian berhak bangga atas pencapaian dan kelulusan di jenjang SD, tapi sejatinya perjuangan belumlah berakhir.

Kalian perlu berjuang lebih keras lagi, lebih serius lagi, dan jangan pernah bosan untuk meminta doa dan restu dari kedua orang tua. Tantangan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti SMP, MTs, maupun Pesantren tentu lebih sulit, tapi saya yakin kalian pasti bisa.

Boleh Baca: Teks MC Perpisahan Sekolah Beserta Susunan Acaranya, Cocok untuk SD

Anak-anak yang saya banggakan;

Di era Merdeka Belajar ini, setidaknya ada 6 karakter yang harus kalian miliki dan kuasai. Keenam karakter itu adalah;

  1. Beriman dan  Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
  2. Berkebinekaan Global
  3. Gotong Royong
  4. Mandiri
  5. Bernalar Kritis
  6. Kreatif 

Untuk menghadapi era global dan digitalisasi ini, sebisa mungkin kalian berjuang untuk memantapkan karakter diri. Jangan lupakan pula sikap pantang menyerah, karena dengan semangat pantang menyerah semua orang yang hidup di dunia ini bisa maju.

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;

Pendidikan adalah investasi bagi bangsa ini, maka bangsa yang hebat, bangsa yang besar, adalah bangsa yang terdidik. Maka dari itu, mari kita berjuang semaksimal mungkin untuk menyekolahkan anak-anak kita.

Jangan sampai mereka putus sekolah, dan jangan sampai mereka berhenti di tengah jalan. Karena pendidikan adalah bekal bagi anak-anak kita untuk menghadapi tantangan dunia.

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Saya mewakili pihak sekolah mengucapkan SELAMAT kepada siswa-siswi kelas 6 yang telah lulus. Semoga ilmu yang kalian dapatkan di sekolah ini menjadi berkah dan bermanfaat bagi diri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Sambutan dari Wali Murid untuk Acar Perpisahan Kelas 6 SD dan 9 SMP

Pidato Kepala Sekolah Acara Perpisahan Kelas 9 SMP

Pidato Kepala Sekolah Acara Perpisahan Kelas 9 SMP
Pidato Kepala Sekolah Acara Perpisahan Kelas 9 SMP. Dok. GuruPenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Sejahtera untuk Kita Semua

Alhamdulillah. Hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fiih. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Wakil Kepala SMP.......
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Ketua Tata Usaha SMP……Beserta Perangkatnya
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Ketua Komite SMP……Beserta Perangkatnya
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Orang Tua dan Wali Siswa Beserta Segenap Tamu Undangan
Dan yang sama-sama kita banggakan, siswa-siswi kelas 9 SMP…..

Puji dan syukur marilah kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat yang sangat banyak, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan hingganya kita bisa berkumpul di ruangan yang sederhana ini dalam rangka pelepasan siswa kelas 9 SMP/MTs.

Shalawat berbingkaikan salam tidak lupa kita kirimkan kepada junjungan umat, kekasih Allah, Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti. Aamiin Ya Robbal ‘alamin.

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;

Senang sekali rasanya kita bisa kembali berkumpul di ruangan ini dalam rangka menyelenggarakan kegiatan pelepasan siswa-siswi kelas 9 SMP.

Secara khusus, saya mengucapkan terima kasih kepada para panitia yang terlibat, juga kepada Bapak/Ibu tamu undangan yang sudah berkenan hadir untuk menyemangati anak-anak kita.

Sejatinya kegiatan pelepasan sekaligus wisuda siswa-siswi kelas 9 yang kita langsungkan hari ini adalah acara yang cukup sakral.

Tidak hanya sekadar berfoto, makan bersama atau saling berucap selamat, kegiatan kita hari ini utamanya adalah untuk mengapresiasi dan membekali anak-anak agar mereka lebih semangat dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Boleh Baca: 10 Contoh Hadiah untuk Juara Kelas Saat Pembagian Rapor Sekolah

Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa yang berbahagia;

Tiga tahun sudah anak kita bersekolah di SMP ini. Mereka belajar dan menuntut ilmu, mereka bergaul, mereka melatih keterampilan, serta memperbaiki adab dan karakter.

Bukanlah perjuangan yang mudah bagi seorang anak yang sedang memasuki usia remaja untuk bisa fokus bersekolah hingga menggapai kelulusan.

Maka darinya, kami pihak sekolah mengapresiasi Bapak/Ibu orang tua yang senantiasa mau membimbing anak-anak, mau menyempatkan waktu untuk berkonsultasi dengan dewan guru, serta mencukupi berbagai kebutuhan sekolah mereka.

Telah kita ketahui bersama bahwa tantangan pendidikan di era Merdeka Belajar ini semakin kompleks. Ditambah lagi setelah negeri ini diguncang oleh pandemi Covid-19, rasa-rasanya perjuangan untuk belajar dan menyelenggarakan pendidikan di sekolah maupun di rumah menjadi lebih berat.

Kita semua sebagai orang tua tentu menyadari hal tersebut. Jangankan mau bicara tentang sekolah, kegiatan kita mencari uang saat ini saja semakin susah.

Meski demikian, besar harapan kami agar anak-anak kita yang sebentar lagi akan melanjutkan pendidikan ke SMA, SMK, MAN atau yang setara bisa tetap semangat dan terus bersekolah hingga selesai. Minimal mereka bisa lulus hingga sarjana agar nanti peluang untuk mendapatkan pekerjaan lebih besar.

Boleh Baca: 10 Rekomendasi Hadiah untuk Guru dari Wali Murid dalam Acara Perpisahan Sekolah

Anak-anak yang berbahagia;

Hari ini adalah hari bahagia sekaligus hari yang mengharukan bagi kalian. Kalian boleh berbahagia karena telah berhasil menuntaskan 3 tahun proses belajar di sekolah ini, tapi bahagia itu secukupnya saja dan jangan lupa untuk bersyukur.

Pada momentum yang krusial ini, jangan lupa kalian berterima kasih kepada Ayah dan Ibu kalian, karena berkat doa dan bimbingan mereka berdualah kalian bisa berdiri di sini. Sebagaimana mereka ridho atas pendidikan kalian, seperti itu pula ridho Allah untuk kesuksesan sekolah kalian.

Lebih daripada itu, jangan lupa berterima kasih pula kepada Bapak/Ibu dewan guru yang telah mendidik, membimbing, dan mengajarkan ilmu kepada kalian.

Ucapan terima kasih barangkali cumalah sekadar kata-kata, namun semoga saja dengan kata-kata tulus, Bapak/Ibu dewan guru mengikhlaskan dan meridhoi ilmu yang mereka ajarkan kepada kalian.

Anak-anak yang Bapak banggakan;

Di era digitalisasi seperti saat sekarang ini, tantangan zaman kian kompleks dan sulit. Maka dari itu, kalian jangan pernah merasa cukup. Teruslah belajar, teruslah mengasah keterampilan, dan tambahlah pengetahuan kalian.

Pengetahuan itu adalah kekuatan sekaligus bekal untuk menghadapi tantangan zaman dan proses penggapaian cita-cita.

Di saat kalian mulai bosan dan lelah, cobalah kembali mengingat kerja keras kedua orang tua kalian, ingat pula dengan motivasi awal mengapa kalian ingin sekolah dan genggamlah dengan erat motivasi tersebut.

Jangan pernah takut untuk mencoba, dan jangan pernah takut untuk gagal. Karena sejatinya menyerah berarti kalah.

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;

Demikianlah sambutan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Secara khusus, saya ingin mengucapkan SELAMAT kepada siswa-siswi kelas 9 yang telah menyelesaikan pendidikannya di SMP.

Lanjutkan perjuangan kalian, dan semoga kalian menjadi generasi penerus bangsa yang berbakti kepada kedua orang tua, berakhlak mulia, serta bermanfaat bagi seluruh alam.

Saya akhiri;
Wa billahi taufik wal hidayah;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Susunan Acara Perpisahan SMP Kelas 9

***

Itulah tadi secarik sajian Guru Penyemangat tentang contoh pidato kepala sekolah dalam acara perpisahan kelas 6 SD maupun kelas 9 SMP yang ditulis singkat dan berkesan.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Kepala Sekolah dalam Acara Perpisahan Kelas 6 SD dan 9 SMP Singkat"