Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Mind Mapping di Canva yang Kreatif Menggunakan Template Aesthetic

Sobat Guru Penyemangat, apa sih sebenarnya perbedaan mind map dengan catatan biasa?

Bila kita cermati dengan seksama, pada umumnya mind mapping adalah teknis meringkas catatan dengan cara yang kreatif sehingga mudah diingat.

Sebagaimana yang Sobat ketahui, ketika kita mencatat, maka rata-rata materi yang dihimpun ke dalam buku amatlah banyak dan tidak semua orang bisa memahaminya dengan cepat.

Sedangkan mind mapping atau yang lebih familiar dengan istilah “peta pikiran” membantu kita dalam meringkas materi-materi yang menumpuk tanpa meninggalkan esensi yang ada dalam materi tersebut.

Dengan melihat materi yang tersaji pada mind map, seseorang biasanya bisa memetik garis hubung antara poin yang satu dengan poin lainnya.

Pada era digital seperti saat sekarang ini, membuat mind mapping sudah bisa ditempuh dengan beragam cara, salah satunya menggunakan Canva.

Sobat bisa membuat mind mapping di Canva dengan beragam ukuran, bisa men-download-nya dalam format PPT atau pun gambar.

Bagaimana caranya? Mari kita simak bersama:

Cara Buat Mind Mapping di Canva, Mudah dan Cepat

Cara Membuat Mind Mapping di Canva
Cara Membuat Mind Mapping di Canva. Dok. Gurupenyemangat.com

Agar proses pembuatan peta pikiran, brainstroming, atau mind map di Canva lebih cepat dan mudah, sebaiknya Sobat Guru Penyemangat sudah menyiapkan materi atau informasi yang ingin dipetakan.

Nah, berikut langkah-langkah membuat mind mapping di Canva:

1. Buka Canva.com

Sobat bisa langsung membuka situs Canva.com di browser laptop, atau juga bisa membuka aplikasi Canva yang sebelumnya sudah diunduh dari Google Playstore.

Namun, Guru Penyemangat secara khusus menyarankan agar Sobat bikin mind map di Canva melalui laptop saja, demi kemudahan kostumisasi dan mengedit desain.

2. Pilih Template Mind Mapping

Setelah laman Canva tampil, Sobat bisa mencari template Mind Mapping aesthetic maupun peta pikiran kreatif dengan mengetikkan kata kunci “Mind Mapping”.

Namun, cara lain yang lebih cepat dan simpel yaitu, Sobat bisa menggeser pilihan template pada “Mari Coba Desain…” seperti pada gambar berikut:

Template Mind Mapping di Canva
Template Mind Mapping di Canva. Dok. Canva

Nantinya Sobat akan menemukan template “Peta Pikiran” yang ukurannya sudah sesuai untuk presentasi secara online, offline, atau mengunduhnya dalam format presentasi PowerPoint.

3. Desain Mind Mapping Sesuai Keinginan

Template peta pikiran sudah dipilih, sekarang saatnya Sobat melakukan aktivitas desain-mendesain.

Agar mind mapping tampak lebih menarik dan kreatif, Sobat bisa menaruh elemen-elemen grafik yang tersedia di fitur “Elemen” Canva.

Selain itu, kita juga bisa mengunggah foto, gambar, ilustrasi, menghapus latar belakang, hingga menambah logo tertentu sesuai keinginan.

Meski demikian, sebaiknya desain mind map yang Sobat bikin dalam satu halaman tidak terlalu padat dan penuh. Ada baiknya dibuat 2-3 halaman mind mapping.

4. Download Mind Mapping

Ketika desain sudah dibuat, maka sekarang Sobat bisa mengunduh Mind Mapping secara gratis. Ada beberapa opsi yang bisa Sobat lakukan.

Opsi pertama, Sobat men-download desain mind map di Canva dengan format gambar JPEG atau PNG.

Opsi kedua, Sobat bisa mengunduh desain mind map di Canva dengan format PDF atau GIF.

Sedangkan opsi ketiga, Sobat pula bisa mengunduh desain mind map dengan format PPT. Caranya ialah, klik fitur “Bagikan”, scroll ke bawah lalu pilih opsi lainnya. Scroll lagi ke bawah lalu klik logo “Microsoft PowerPoint Presentation”.

Jika Sobat masih agak bingung dengan tutorial ini, silakan simak video langkah-langkah membuat mind map di Canva melalui video berikut:

Boleh Baca: Cara Membuat Header Google Form di Canva

Berapa Ukuran Mind Map di Canva?

Pada dasarnya, berapa ukuran desain mind mapping bergantung kepada seperti apa keperluan Sobat.

Bila Sobat ingin melakukan presentasi secara online maupun offline, maka ukuran mind mapping yang direkomendasikan adalah 1920x1080 piksel.

Sedangkan bila nanti Sobat ingin mencetak desain mind mapping, maka ukuran yang direkomendasikan adalah ukuran kertas A4. Bisa ukuran 21x29,7 cm (Lanskap), atau ukuran 29,7x21 cm (potrait).

Boleh Baca: Cara Membuat Microblog yang Elegan di Canva

Manfaat Mind Mapping bagi Pembelajaran

Mengajar dengan memanfaatkan mind mapping memiliki manfaat dan kelebihan tersendiri terutama bagi guru dan siswa. Berikut beberapa manfaat yang bisa dipetik:

1. Meringkas Materi

Ya, kalau kita mencatat materi yang berkaitan dengan pelajaran sejarah, maka sudah pasti catatan tersebut bakal tersaji hingga berlembar-lembar dan membuat jari-jari menjadi pegal.

Beda halnya jika materi tadi dibikin mind mapping. Dengan mind mapping, guru bisa membuat periodisasi sejarah alias fase-fase penting dalam materi sehingga catatan jadi lebih ringkas.

2. Meningkatkan Pemahaman dalam Belajar

Pada dasarnya, untuk materi-materi yang lebih menekankan kepada proses gerak, metamorfosis, langkah-langkah, hingga hubungan kuasalitas semuanya bakal lebih mudah dipahami jika disajikan dalam bentuk peta pikiran.

Maka dari itulah, secara tidak langsung, pembelajaran berbasis mind mapping akan meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar.

3. Mengajak Siswa untuk Lebih Open-minded

Jika seorang pelajar membaca buku, maka teori dan pemikiran yang mereka sampaikan tidak akan jauh-jauh dari buku. Kadangkala gara-gara teori tersebut mereka jadi berpikir sempit. Sederhananya, siswa hanya tahu 1+1=2 saja, padahal di sisi lain 2+0, 2x1, atau 4-2 hasilnya juga sama dengan 2.

Beda halnya dengan sajian mind mapping. Dengan disajikan peta pikiran yang kreatif, sebenarnya guru bisa menerapkan pembelajaran yang menekankan pada perluasan jangkauan pikir siswa. Ya, istilah kerennya itu adalah mengajak siswa untuk open-minded.

4. Meningkatkan Kreativitas Guru dan Siswa

Dalam membuat mind mapping itu diperlukan kreativitas. Bukan hanya sekadar gambar maupun tanda panah.

Kreativitas yang Guru Penyemangat maksud adalah kemampuan guru maupun siswa dalam menyatukan hubungan antara suatu proses dengan proses lainnya sehingga konsep mind mapping saling berkesinambungan.

5. Hemat Waktu

Nah, ini yang paling penting dan krusial. Dengan belajar menggunakan mind mapping, presentasi yang guru atau siswa lakukan akan lebih hemat waktu karena cakupan materi sebanyak 1 pertemuan atau bahkan 1 bab bisa terangkum dalam satu sajian mind mapping.

***

Demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat tentang cara membuat mind mapping di Canva yang kreatif menggunakan template aesthetic.

Sejatinya, mind mapping sangat bermanfaat baik di dunia pembelajaran maupun di dunia bisnis, terutama memudahkan kita semua dalam melakukan presentasi secara offline maupun online.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca: Cara Mendapatkan Akun Canva Pro Secara Gratis, Ada 3 Versi Lho!

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Mind Mapping di Canva yang Kreatif Menggunakan Template Aesthetic"

Promo Cashback & Voucher Shopee