Widget HTML #1

Download Buku PAI SD Kelas 2 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Guru dan Siswa

Hai Sobat Guru PAI Penyemangat. Bagaimana kabar Sobat hari ini? Semoga senantiasa sehat dan berada dalam lindungan Allah ya.

Tahun ajaran baru segera tiba, dan para guru PAI di seluruh Indonesia mulai bergegas untuk menyiapkan administrasi pembelajaran dengan merujuk kepada Kurikulum Merdeka.

Download Buku PAI SD Kelas 2 Kurikulum Merdeka Terbaru
Download Buku PAI SD Kelas 2 Kurikulum Merdeka Terbaru.

Tidak terkecuali guru PAI di SD atau MI kelas 2. Bila sekolah sudah menerapkan atau mensosialisasikan Kurikulum Merdeka, maka dirasa perlu bagi guru untuk menyiapkan buku teks yang sesuai.

Nah ini ada buku teks mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti kelas 2 SD Kurikulum Merdeka untuk siswa dan guru.

Mari dicermati ya:

Buku PAI SD Kelas 2 Kurikulum Merdeka Pegangan Siswa

Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 ini disusun berdasarkan capaian pembelajaran yang bertujuan untuk mencetak generasi pelajar Indonesia sepanjang hayat (lifelong learner) yang memiliki kompetensi global (global competencies) dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, atau bisa juga disebut Pelajar Pancasila.

Pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; mandiri; bernalar kritis; kreatif; bergotong royong; dan berkebinekaan global (rahmat lil alamin). 

Latar belakang tersebut mendorong penulis untuk menyusun buku ini dengan menyajikan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, kreatif, inovatif, kritis, komunikatif, dan kooperatif. 

Kesemuanya itu tidak hanya disajikan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan siswa-siswi, tetapi juga untuk mengembangkan kompetensi sikap dan keterampilan.

Tujuannya agar siswa-siswi tidak hanya dapat memahami dan mengalami materi pembelajaran, tetapi juga dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu, buku ini dilengkapi dengan beberapa kegiatan viii yang mengarahkan siswa-siswi belajar aktif menyenangkan, antara lain: ayo bernyanyi, ayo bertepuk, aktivitasku, aktivitas kelompok, aku harus tahu, kisah teladan, asyik bermain sambil belajar, dan komikku.

Siswa-siswi juga akan mendapatkan informasi tentang materi secara lebih mudah dan efektif dari buku ini melalui peta konsep, infografis, dan rangkuman yang telah disajikan.

Buku PAI SD Kelas 2 Kurikulum Merdeka Pegangan Siswa
Buku PAI SD Kelas 2 Kurikulum Merdeka Pegangan Siswa.

Buku ini juga dilengkapi dengan kata-kata mutiara di setiap babnya. Beberapa motivasi dan ajakan kepada siswa-siswi untuk berkomitmen menjadi pelajar muslim yang saleh dan Pancasilais tertuang dalam sikapku, pengetahuanku, keterampilanku, tekadku, aku anak muslim, aku anak saleh, dan aku pelajar Pancasila.

Asesmen pada buku ini disajikan di tengah dan di setiap akhir bab. Bismillah aku pasti bisa menjadi asesmen di tengah bab dan ayo berlatih dijadikan sebagai asesmen di setiap akhir bab. 

Asesmen tersebut diberikan untuk mengukur sejauh mana materi dapat terserap dan dikuasai oleh siswa-siswi baik penguasaan pada aspek pengetahuan dan keterampilan maupun penanaman sikap pada diri siswa-siswi.

Harapannya, semoga buku ini bermanfaat dan dapat membantu siswa-siswi dalam memahami ajaran agama Islam, mengalaminya secara langsung, serta dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut GuruPenyemangat.com sarikan materi pelajaran buku PAI siswa kelas II yang totalnya ada 10 bab dan 296 halaman:

Bab 1 Ayo Belajar Al-Qur’an

Bab 2 Mari Mengenal Allah Swt.

Bab 3 Ayo Berperilaku Terpuji

Bab 4 Alhamdulillah, Aku Bisa Salat

Bab 5 Asyiknya Belajar Kisah Nabi Nuh a.s.

Bab 6 Senang Bisa Membaca Al-Qur’an

Bab 7 Mari Mengenal Malaikat-Malaikat Allah

Bab 8 Aku Senang Bisa Berakhlak Terpuji

Bab 9 Ayo Zikir dan Doa Setelah Salat

Bab 10 Asyiknya Belajar Kisah Ayah Para Nabi

Silakan klik tombol download berikut ini untuk mendapatkan dokumen PDF buku siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD kelas 2 Kurikulum Merdeka terbaru.

Buku PAI SD Kelas 2 Kurikulum Merdeka untuk Pegangan Guru

Buku guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 ini merupakan buku panduan bagi guru dalam memandu pembelajaran siswa-siswi di dalam kelas.

Buku ini berisi panduan teknis operasional pembelajaran yang terdapat pada buku siswa sehingga dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran secara efektif, efisien, dan bermakna.

Panduan Umum buku PAI SD Kelas 2 meliputi: pendahuluan; capaian pembelajaran; penjelasan rubrik pada buku siswa; dan strategi umum pembelajaran yang berisi pendekatan, model, dan metode pembelajaran.

Buku PAI SD Kelas 2 Kurikulum Merdeka untuk Pegangan Guru
Buku PAI SD Kelas 2 Kurikulum Merdeka untuk Pegangan Guru

Sedangkan Panduan Khusus, terdapat pada setiap bab yang meliputi: gambaran umum; skema pembelajaran; panduan pembelajaran yang berisi panduan teknis operasional pembelajaran mulai dari tujuan pembelajaran, apersepsi, model, metode, dan media pembelajaran hingga penilaian dan tindak lanjut; panduan rubrik; dan interaksi guru dengan orang tua/wali.

Guru diharapkan juga memperhatikan isi buku siswa sehingga dapat mengimplementasikan beberapa panduan pada buku guru secara maksimal.

Panduan pada buku guru ini dibuat secara standar. Maka, dalam perencanaan, proses pembelajaran, dan penilaian memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkannya disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter siswa-siswi masing-masing.

Perlu diketahui bahwa untuk siswa kelas II itu termasuk pada akhir Fase A, yag mana perlu mencapai tujuan pembelajaran sebagai berikut:

Bidang Al-Qur’an-Hadis:

Siswa-siswi dapat mengenal huruf hijaiah dan harakatnya, huruf hijaiah bersambung, dan mampu membaca surah-surah pendek Al-Qur’an dengan baik.

Bidang Akidah:

Siswa-siswi mengenal rukun iman, iman kepada Allah melalui namanamanya yang agung (asmaulhusna) dan mengenal para malaikat dan tugas yang diembannya.

Bidang Akhlak:

Siswa-siswi terbiasa mempraktikkan nilai-nilai baik dalam kehidupan sehari-hari dalam ungkapan-ungkapan positif baik untuk dirinya maupun sesama manusia, terutama orang tua dan guru.

Siswa-siswi juga memahami pentingnya tradisi memberi dalam ajaran agama Islam. Mereka mulai mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya.

Siswa-siswi juga terbiasa percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinya dan belajar menghargai pendapat yang berbeda.

Siswa-siswi juga terbiasa melaksanakan tugas kelompok serta memahami pentingnya mengenali kekurangan diri dan kelebihan temannya demi terwujudnya suasana saling mendukung satu sama lain.

Bidang Fikih:

Siswa-siswi dapat mengenal rukun Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan tata cara bersuci, salat fardu, ikamah, zikir dan berdoa setelah salat. Dalam pemah tentang sejarah, siswa-siswi mampu menceritakasederhana kisah beberapa nabi yang wajib diimani.

Nah, untuk mendapatkan buku pegangan guru mapel PAI dan BP Kelas 2 berbasis Kurikulum Merdeka terbitan terbaru, silakan klik tombol download berikut:

***

Demikianlah tadi sajian GuruPenyemangat.com tentang buku teks mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang Budi Pekerti yang bisa menjadi pegangan guru dan siswa dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca:

👉Download Buku PAI Kelas 1 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa

👉Download Buku PAI Kelas 2 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa

👉Download Buku PAI Kelas 3 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa

👉Download Buku PAI Kelas 4 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa

👉Download Buku PAI Kelas 5 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa

👉Download Buku PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Download Buku PAI SD Kelas 2 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Guru dan Siswa"