Widget HTML #1

Download Buku PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa

Download Buku PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa
Download Buku PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa. Designed by GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah menyiapkan buku siswa dan buku guru untuk kebutuhan belajar PAI di kelas 6 SD berbasis Kurikulum Merdeka?

Nah, pada mapel PAI di jenjang kelas 6 SD Kurikulum Merdeka, guru PAI tetap mengajar sebanyak 4 JP per minggu untuk setiap rombel. Namun pada pelaksanaannya yang berbeda ialah ada tambahan P5 alias Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Perbedaannya ialah, Sobat guru PAI mengajar sebanyak 3 JP pada jam normal di dalam kelas, dan 1 JP per minggu adalah P5. Dalam bentuk apa P5 tersebut? Sobat bisa meminta anak untuk berkarya, membuat karya, maupun membuat media yang sesuai dengan konteks dan konten belajar kelas 6 SD.

Berikut GuruPenyemangat.com sajikan link download buku PAI kelas 6 SD Kurikulum Merdeka untuk guru dan siswa format PDF.

Mari disimak ya:

Download Buku PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka untuk Guru

Download Buku PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka untuk Guru
Download Buku PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka untuk Guru. Kemdikbud.

Buku PAI kelas 6 ini juga menghadirkan nilai-nilai moderasi beragama yang perlu diserap oleh peserta didik. Penguatan moderasi beragama di Indonesia saat ini penting dilakukan karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dengan bermacam suku, bahasa, budaya dan agama.

Indonesia merupakan negara yang memandang penting nilainilai agama, walaupun bukan merupakan suatu negara yang berdasarkan pada agama tertentu. Moderasi beragama penting untuk digaungkan dalam konteks global di mana agama menjadi bagian penting dalam perwujudan peradaban dunia yang bermartabat.

Moderasi beragama diperlukan sebagai upaya untuk senantiasa menjaga agar tafsir dan pemahaman terhadap agama tetap sesuai dengan koridor berbangsa dan bernegara sehingga tidak memunculkan cara beragama yang ekstrim.

Perlu diketahui bahwa kelas 6 SD termasuk ke dalam fase C menurut Kurikulum Merdeka. Pada akhir fase C, peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, serta menjelaskan beberapa surah pendek yang dihafalnya dengan sederhana.

Peserta didik juga mampu menjelaskan keniscayaan peristiwa hari akhir, qaḍa dan kadar. Peserta didik mulai mengenal ketentuan Allah Swt. tentang keragaman dan tujuan dari keragaman ini agar manusia saling mengenal satu sama lain. Peserta didik juga mulai mengenal dialog antar agama dan kepercayaan dan ia mulai menyadari peluang dan tantangan yang bisa muncul dari keragaman di Indonesia. Peserta didik memahami arti ideologi secara sederhana dan pandangan hidup dan memahami pentingnya menjaga kesatuan atas keberagaman.

Peserta didik juga memahami pentingnya instrospeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Peserta didik juga memahami pentingnya mengungkapkan pendapat yang logis dan ia juga memahami bahwa perbedaan pendapat adalah wajar. Dalam fenomena keragaman yang dilihatnya, peserta didik juga memahami pentingnya menemukan titik kesamaan (kalimah sawāʾ) sebagai bekal untuk mewujudkan persatuan dan kerukunan.

Peserta didik juga memahami peran manusia sebagai khalifah Allah di bumi untuk menebarkan kasih sayang dan tidak membuat kerusakan di muka bumi.

Dengan demikian ia menyadari bahwa sesama manusia saling membutuhkan dan harus saling menolong satu sama lainnya. Peserta didik mampu menjelaskan secara sederhana beberapa konsep fikih terkait kedewasaan dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf), salat sunah, ajaran tentang zakat dan haji, halal dan haram serta mengenal berbagai macam puasa sunah.

Dalam aspek sejarah, peserta didik mampu menghayati pelajaran yang bisa diambil (ibrah) penerapan akhlak dari beberapa kisah di masa separuh akhir kerasulan nabi Muhammad serta kisah dan jasa para penggantinya yang disebut dengan Khulafaurrasyidin.

Nah untuk lebih lengkapnya silakan klik tombol download berikut ini untuk mendapatkan buku PAI Kelas 6 SD untuk Guru:

Download Buku PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka untuk Siswa PDF

Buku PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka untuk Siswa PDF
Buku PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka untuk Siswa PDF. Kemdikbud

Pada pembelajaran PAI Kelas 6 SD terdapat 10 bab yang menjadi target Kurikulum Merdeka selama satu tahun pelajaran penuh. Berikut rinciannya:

Bab 1 Belajar al-Qur’an dan Ḥadiṡ

Bab 2 Allah Swt Maha Segalanya

Bab 3 Hidup Damai dengan Saling Memaafkan

Bab 4 Hukum Halal dan Haram

Bab 5 Jasa Khulafaurrasyidin untuk Dunia

Bab 6 Mengaji Al-Qur’an Surah Al-A’la

Bab 7 Indahnya Ketetapan Allah

Bab 8 Peduli Lingkungan

Bab 9 Mengamalkan Puasa Sunah

Bab 10 Meneladani Jasa Khalifah Uṣmān bin Affān dan Ali Bin Abī Ṭālib

Nah, untuk rincian selengkapnya silakan Sobat unduh dokumen PDF buku PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka untuk siswa dengan menekan tombol download berikut ini:

<Buku sedang dalam proses edit/revisi oleh penerbit.>

***

Demikianlah seutas sajian GuruPenyemangat.com mengenai buku guru dan buku siswa mapel PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca:

👉Download Buku PAI Kelas 1 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa

👉Download Buku PAI Kelas 2 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa

👉Download Buku PAI Kelas 3 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa

👉Download Buku PAI Kelas 4 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa

👉Download Buku PAI Kelas 5 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa

👉Download Buku PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Download Buku PAI Kelas 6 Kurikulum Merdeka untuk Guru dan Siswa"