Widget HTML #1

7 Makanan yang Bermanfaat Untuk Mencerahkan Kulit

7 Makanan yang Bermanfaat untuk Mencerahkan Kulit
7 Makanan yang Bermanfaat untuk Mencerahkan Kulit

Hai, Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat adalah salah satu orang yang mengidam-idamkan kulit yang putih dan cerah?

Selama ini beberapa kalangan masyarakat menggunakan produk perawatan guna mendapatkan kulit putih dan cerah. Pada kenyataannya ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu untuk memutihkan dan menjaga kesehatan pada kulit. 

Kulit adalah salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Saat ini memang banyak sekali macam-macam perawatan kulit yang bisa dipilih dan digunakan, dari mulai krim pemutih wajah, serum pencerah, dan beberapa produk perawatan serupa lainnya.

Akan tetapi tidak semua produk kecantikan tersebut bisa memberikan perawatan pada kulit. Untuk Sobat yang ingin melakukan perawatan kulit dengan menggunakan beberapa makanan bisa langsung saja simak penjelasan di bawah ini. 

Daftar Makanan yang Membantu dalam Mencerahkan Kulit 

Daftar Makanan yang Membantu dalam Mencerahkan Kulit
Daftar Makanan yang Membantu dalam Mencerahkan Kulit. Illustration by Gurupenyemangat.com

Untuk mendapatkan kulit bersih bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan juga mineral.

Dengan mengonsumsi beberapa makanan bervitamin dan bermineral secara rutin bisa menjaga kesehatan kulit. 

Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi guna membantu dalam mencerahkan kulit. Untuk beberapa jenis makanan tersebut adalah:

1. Buah Kiwi 

Buah kiwi adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Salah satu penelitian mengatakan bahwa kandungan vitamin pada buah kiwi ini dapat membantu dalam menghilangkan melasma atau hiperpigmentasi. 

2. Buah Tomat 

Ketika makan salad atau lalapan pasti sering sekali bertemu dengan buat tomat. Tanpa disadari buah tomat mempunyai kandungan vitamin C yang berfungsi dalam membuat kulit lebih cerah. 

3. Biji Pada Bunga Matahari 

Sampai dengan saat ini banyak dari kalangan masyarakat yang beranggapan bahwa biji bunga matahari hanya makanan ringan saja. Bahkan ada juga yang menganggap bahwa biji bunga matahari dijadikan cemilan untuk mengisi waktu luang. 

Pada biji bunga matahari mempunyai kandungan vitamin E yang memberikan manfaat untuk membuat kulit lebih cerah. Selain itu kandungan vitamin E ini juga bisa dijadikan sebagai alat pelindung kulit ketika terkena sinar matahari atau UV. 

4. Buah Alpukat 

Buah alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan lemak sehat. Ketika banyak mengonsumsi buah alpukat bisa membantu dalam proses memutihkan kulit. Adanya lemak di dalam tubuh ini dapat membantu dalam memberikan kelembaban pada kulit.

Selain buah dan dagingnya, ternyata minyak alpukat juga bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit. Selengkapnya simak di: 6 Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan

5. Wortel 

Wortel adalah makanan yang mempunyai banyak sumber vitamin A. Untuk Vitamin A pada wortel ini berbentuk seperti betakaroten. Tanpa disadari tubuh membutuhkan nutrisi untuk memperbaiki beberapa jaringan kulit yang rusak. 

6. Brokoli 

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai banyak kandungan vitamin C. Selain itu brokoli juga tidak hanya dijadikan sebagai menu makanan saja, tapi juga dapat membantu dalam memutihkan kulit. 

7. Buah Beri 

Daftar akhir makanan yang bisa membantu dalam mencerahkan kulit ada buah beri. Untuk buah yang berada di kandungan beri ini mempunyai kandungan sumber vitamin C dan antioksidan. 

Tips Menjaga Kulit Supaya Tetap Sehat 

Ketika melakukan perawatan kulit tidak hanya dipenuhi dalam kebutuhan nutrisi saja. Akan tetapi juga harus diimbangi dengan minum air putih pada setiap harinya. Dengan mencukupi kebutuhan air putih juga dapat membantu supaya kulit tetap terlihat lembab.

Selain itu, juga ada satu hal yang harus dihilangkan dan memberikan dampak buruk. Untuk hal tersebut adalah merokok, stres dan kurang tidur. Tanpa disadari juga dengan ketiga hal tersebut bisa menyebabkan masalah pada kulit. 

Satu hal penting lainnya yaitu melakukan perawatan kulit secara rutin. Langkah yang bisa dilakukan adalah mencuci muka, menggunakan pelembab. Gunakan produk-produk kecantikan yang benar-benar sesuai dan cocok pada kulit Sobat. 

Sobat bisa menemukan produk kecantikan sesuai kebutuhan kulit di berbagai referensi, salah satunya pickybest.id yang merekomendasikan berbagai merek produk terbaik, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

Sekian penjelasan mengenai 7 makanan yang memberikan manfaat dalam mencerahkan kulit. Diharapkan untuk masyarakat yang ingin mendapatkan kulit cerah bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut.

Lanjut Baca: Tidak Hanya untuk Kesehatan Kulit, Inilah 5 Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

2 komentar untuk "7 Makanan yang Bermanfaat Untuk Mencerahkan Kulit "

Comment Author Avatar
Pantas BGP cerah, ternyata rahasianya ini.
Comment Author Avatar
Hahaha, sekarang jadi bukan rahasia lagi Bu

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)