Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukan Hanya untuk Kesehatan Kulit! Ini 5 Manfaat Lain Berjemur di Pagi Hari

Manfaat Berjemur di Pagi Hari Selain untuk Kesehatan Kulit
Manfaat Berjemur di Pagi Hari Selain untuk Kesehatan Kulit. Dok. Ipphoright.com

Pagi merupakan waktu yang tepat untuk berjemur di bawah paparan sinar matahari. Karena, di waktu inilah sinar matahari masih belum terlalu terik.

Ketika sinar matahari pagi yang menghasilkan sinar UV (ultraviolet) menyentuh permukaan kulit, maka akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin D.

Vitamin D ini sangat dibutuhkan oleh tubuh guna menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, dan pengiriman sinyal kerja otot dengan saraf.  

Seperti yang sudah diketahui, tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin D sendiri.

Selain itu, kandungan vitamin D hanya didapatkan dari jenis makanan tertentu, itupun jumlahnya tidak banyak.

Solusi yang mudah untuk mencukupi kebutuhan asupan vitamin D adalah dengan memanfaatkan sinar matahari di pagi hari.

Durasi yang dianjurkan untuk berjemur adalah selama 15 menit pada waktu yang tepat, sebelum jam 10.00 dan setidaknya dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Sinar matahari berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan paparan sinar matahari bisa mengatasi berbagai masalah kulit yang dialami. 

Sebut saja seperti kulit berjerawat, sakit kuning, psoriasis dan eksim.

Tetapi, selain untuk menjaga kesehatan kulit, sebenarnya masih terdapat beberapa manfaat lain ketika berjemur di pagi hari.

Penasaran apa saja?

Berikut disajikan merupakan beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari berjemur di pagi hari:

5 Manfaat Kesehatan dari Berjemur di Pagi Hari

Manfaat Kesehatan dari Berjemur di Pagi Hari
Manfaat Kesehatan dari Berjemur di Pagi Hari. Dok. Gurupenyemangat.com

Banyak orang beranggapan bahwa berjemur di pagi hari sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Tapi, masih ada sederet manfaat kesehatan lainnya lho? Berikut sajiannya:

1. Mengurangi Risiko Depresi

Sinar matahari diyakini bisa memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin. hormon ini bermanfaat dalam meningkatkan mood dan perasaan tenang.

Bahkan, seseorang yang sedang mengalami depresi kemungkinan juga akan merasakan perubahan suasana hati bila ia berjemur di pagi hari.

2. Menjaga Kualitas Tidur

Pola tidur yang tidak teratur bisa terjadi kepada siapa saja. Padahal, tidur yang teratur sangat bermanfaat untuk memperbaik sel-sel tubuh yang rusak.

Selain itu, tidur yang teratur juga dapat menjaga daya tahan tubuh. Dengan berjemur di pagi hari dapat menjaga pola tidur supaya tetap teratur.

Karena, dengan paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantu tubuh mengatur ritme sirkadian. Hal ini dapat membantu tubuh untuk mengantuk ketika matahari terbenam.

3. Mencegah Gangguan pada Tulang

Selain mengurangi risiko depresi dan menjaga pola tidur tetap teratur, dengan berjemur di pagi hari juga bisa mencegah gangguan tulang.

Karena, salah satu manfaat dari sinar matahari pagi adalah membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D secara alami. Vitamin D ini berfungsi dalam proses penyerapan kalsium pada tubuh.

Maka, tentu dapat membantu dalam mencegah tubuh mengalami osteoporosis dan radang sendi.

4. Meningkatkan Sistem Imun pada Tubuh

Kebutuhan vitamin D dalam tubuh yang terpenuhi bisa meningkatkan sistem imun pada tubuh sehingga dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit.

Sebut saja seperti penyakit jantung, flu, hingga penyakit kanker tertentu. Inilah alasan kenapa selama pandemi COVID-19 ini dianjurkan untuk berjemur di pagi hari.

5. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat berjemur di pagi hari selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

Sebuah penelitian dilakukan oleh seorang peneliti yang berasal dari University of Edinburg menyebutkan bahwa terdapat senyawa yang disebut nitric oxide setelah kulit terpapar sinar matahari.

Senyawa tersebut memiliki fungsi yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penemuan ini sangat penting.

Karena, banyak orang menganggap bahwa manfaat berjemur di bawah sinar matahari hanyalah untuk merangsang produksi vitamin D.

*

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari berjemur di pagi hari. Secara umum, sinar matahari pagi sangat bermanfaat untuk membantu memproduksi vitamin D secara alami di dalam tubuh. 

Selain itu, dengan berjemur di pagi hari juga dapat mengurangi risiko depresi, menjaga kualitas tidur, meningkatkan sistem imun pada tubuh, dan yang terakhir membantu menurunkan tekanan darah.

Boleh Baca: Rekomendasi Jus untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

O ya, apakah Sobat Guru Penyemangat sudah memulai kegiatan berjemur di pagi hari secara rutin? Jika belum, mari dimulai dari sekarang ya.

Semoga bermanfaat
Salam

Ditulis oleh: Anita Putri Kirana

Referensi:

  • Boyles, S. Web MD (2007). Could Some Sun Be Good for Your Skin?
  • Mead, M. N. NCBI (2008). Benefits of Sunlight: A Bright Spot for Human Health. Environmental Health Perspectives, 116(4), A160–A167.
  • Nall, R. Healthline (2018). What Are the Benefits of Sunlight?
  • Reiche, L. DermNet NZ (2012). How to choose and use a sunscreen.
  • Sambrook, J. Patient (2018). Sun and Sunburn.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Bukan Hanya untuk Kesehatan Kulit! Ini 5 Manfaat Lain Berjemur di Pagi Hari"

Promo Cashback & Voucher Shopee