Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Berat Badan Ideal yang Sesuai dengan Tinggi dan Usia Sobat? Cek di Sini

Hai Sobat Guru Penyemangat!

Ada banyak orang ingin mengetahui jawaban atas pertanyaan umum ini:

Berapa berat badan saya?

Namun, bagi setiap orang, berat badan ideal yang sehat tidak ada karena dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, lemak tubuh, tinggi badan, jenis kelamin, distribusi lemak tubuh, atau tipe tubuh. 

Selain itu, kelebihan berat badan bakal memengaruhi resiko seseorang terkena berbagai penyakit, termasuk obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan masalah kardiovaskular.

Lebih khusus daripada itu, peneliti dari sumber terpercaya percaya bahwa meskipun beban ekstra ini mungkin tidak mempengaruhi kesehatan manusia, kurangnya kontrol dapat menyebabkan masalah di masa depan.

Nah, Sobat baca terus untuk mengetahui tentang metode penting untuk menghitung berat badan ideal dan BMI Sobat dengan kalkulator bmi gratis online.

Indeks Massa Tubuh (BMI)

Indeks Massa Tubuh (BMI)
Indeks Massa Tubuh (BMI)

Apakah Sobat tahu Indeks Massa Tubuh Sobat? Semakin, individu memahami diri mereka, sama seperti mereka tahu tentang tingkat kolesterol mereka.

Jika Sobat tidak mengetahui BMI Sobat, Sobat dapat menggunakan kalkulator bmi gratis yang tersedia secara online. Yang Sobat inginkan hanyalah tinggi dan berat badan Sobat, gunakan rumus di bawah ini untuk melakukannya sendiri:

BMI = (berat (lb) x 703) / (tinggi (inci) x tinggi (inci)).

Sekarang setelah Sobat mengetahui Indeks Massa Tubuh (BMI), apakah perlu diketahui?

Kalkulator bmi gratis adalah alat yang umum digunakan untuk menentukan apakah berat badan seseorang benar atau tidak.

Ini menghitung berat badan seseorang yang relatif terhadap tinggi badan mereka. Menurut sumber terpercaya dari National Institutes of Health (NIH):

  • BMI di bawah 18,5 adalah kekurangan berat badan.
  • Sebuah BMI adalah dari 18,5-24,9 sangat ideal.
  • BMI dari 25-29,9 adalah kelebihan berat badan.
  • BMI lebih dari 30 berarti obesitas.

Apa yang dimaksud dengan BMI?

BMI adalah berat badan seseorang dalam kilogram (kg) dibagi dengan kuadrat ukuran/tinggi badan dalam meter (m).

Tingkat BMI yang tinggi menunjukkan tingkat kegemukan tubuh yang tinggi. Indeks Massa Tubuh menyaring kategori berat badan yang menyebabkan beberapa masalah kesehatan, tetapi tidak mendiagnosis kegemukan tubuh seseorang.

Demikian pula, kalkulator bmi gratis mengungkapkan hubungan antara tinggi dan berat badan Sobat sebagai angka, terlepas dari ukuran kotaknya.

Meskipun BMI dibuat lebih dari 200 tahun yang lalu, ini adalah indikator kesehatan yang relatif baru.

BMI pada Orang Dewasa:

Menghitung Indeks Massa Tubuh melibatkan berat badan dan tinggi badan seseorang.

Metrik:

Menghitung BMI dalam satuan metrik, gunakan rumus berikut: BMI = kg/m2

Jadi, untuk menentukan BMI orang dewasa: Bagilah berat badan dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam meter.

Karena biasanya individu mengukur tinggi dalam sentimeter dan membagi tinggi dalam sentimeter dengan 100 untuk mendapatkan tinggi dalam meter.

Imperial:

Saat menggunakan satuan imperial untuk mendapatkan BMI, persamaannya adalah: BMI = lbs x 703/in2

Sederhananya, kalikan saja berat badan seseorang dalam pound dengan 703. Kemudian bagi dengan tinggi badan dalam inci persegi.

Apa itu BMI normal?

Seperti kebanyakan indikator kesehatan, Indeks Massa Tubuh bukanlah tes yang sempurna; misalnya, kehamilan atau massa otot yang tinggi dapat mengubah hasil dan mungkin bukan indikator kesehatan anak yang baik.

Apakah BMI bekerja? Secara umum, semakin tinggi BMI Sobat, semakin tinggi risiko berbagai penyakit terkait obesitas, termasuk:

  • Kencing manis
  • Penyakit hati
  • Radang sendi
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Beberapa jenis kanker (seperti kanker usus besar, payudara, dan prostat)
  • Apnea tidur
  • Kolesterol Tinggi

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, hampir 3 juta orang di seluruh dunia meninggal karena kelebihan berat badan atau obesitas setiap tahun.

Selain itu, terlepas dari kondisi medis tertentu, orang dengan BMI tinggi biasanya melaporkan bahwa mereka merasa lebih baik secara fisik dan mental setelah kehilangan berat badan.

Boleh Baca: Awas! Tinggalkanlah 5 Kebiasaan Buruk Ini Jika Tidak Ingin Ginjal Anda Rusak

Haruskah kita berhenti terlalu menekankan BMI?

Mungkin. Penelitian telah menunjukkan bahwa BMI sendiri salah mengklasifikasikan kesehatan metabolisme, yang terkait dengan berapa banyak lemak yang dimiliki seseorang dan bagaimana distribusinya.

Kalkulator bmi gratis sangat tidak dapat diandallkan pada kondisi tertentu seperti selama kehamilan, atlet, dan anak-anak.

Sebenarnya, ini tidak mengejutkan. Sebagai satu-satunya ukuran, BMI tidak boleh menentukan kesehatan atau penyakit kardiovaskular; hal yang sama berlaku untuk kolesterol, tekanan darah, atau gula darah sebagai satu-satunya ukuran.

Kesehatan kardiovaskular sangat penting, tetapi itu bukan satu-satunya indikator kesehatan!

Misalnya, penelitian di atas tidak mempertimbangkan penyakit yang mungkin terkait dengan orang dengan BMI tinggi, seperti penyakit hati atau radang sendi.

Selain itu, Indeks Massa Tubuh lebih berguna dalam memprediksi kesehatan masa depan daripada kesehatan saat ini.

Menurut penelitian seperti ini, orang yang sehat, kelebihan berat badan, atau obesitas lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes atau efek kesehatan yang merugikan lainnya dari waktu ke waktu.

Definisi BMI saat ini untuk kelebihan berat badan atau obesitas terutama didasarkan pada populasi kulit putih.

Namun, komposisi (termasuk persentase lemak tubuh atau massa otot) dapat bervariasi menurut ras dan etnis, sehingga kalkulator bmi gratis dapat membantu memprediksi kesehatan orang kulit putih, tetapi kurang akurat untuk orang dari ras dan etnis lain.

Boleh Baca: Inilah 4 Dampak Buruk Bila Anak Kelebihan Asupan Protein

Kesimpulan:

Sebagai ukuran tunggal, Indeks Massa Tubuh jelas bukan indikator kesehatan yang sempurna, tetapi masih merupakan titik awal yang membantu.

Penyakit-penyakit ini lebih mungkin terjadi ketika Sobat kelebihan berat badan atau obesitas. Menurut pendapat saya, mengetahui Indeks Massa Tubuh Sobat dengan kalkulator bmi gratis adalah ide yang bagus. Tetapi itu juga memainkan peran penting dalam memahami batasan Sobat.

Nah, silakan periksa berapa skor BMI Sobat di sini:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Berapa Berat Badan Ideal yang Sesuai dengan Tinggi dan Usia Sobat? Cek di Sini"