Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proposal Kegiatan Santunan Anak Yatim dan Fakir Miskin di Bulan Ramadhan 1443 Hijriah Tinggal Edit

Bismillah;

Hai, Sobat Guru Penyemangat. Pada bulan Ramadhan ini Sobat akan menggelar kegiatan amal apa saja?

Agaknya kegiatan yang masyhur dilaksanakan pada bulan Ramadhan berkisar tentang berbuka puasa bersama, pesantren kilat, tabligh akbar, tausiyah, Nuzulul Qur'an, hingga berbagi takjil ya.

Meski begitu, kegiatan santunan anak yatim dan fakir miskin juga merupakan rencana yang amat baik terutama di bulan suci yang penuh kemuliaan.

Dengan menyantuni anak yatim dan fakir miskin, sebenarnya kita telah berusaha menambah pundi-pundi pahala sekaligus mengasah kelembutan hati untuk lebih peduli, menyayangi, serta mencintai anak-anak yatim maupun fakir miskin sebagai generasi penerus dakwah islam.

Nah, pada kesempatan kali ini Gurupenyemangat.com telah menyiapkan proposal berkenaan dengan kegiatan amal di bulan Ramadhan.

Contoh proposal kegiatan santunan anak yatim dan fakir miskin berikut cocok untuk acara amal di bulan Ramadhan tahun ini.

Mari dicermati ya:

Proposal Kegiatan Santunan Anak Yatim dan Fakir Miskin

Proposal Kegiatan Santunan Anak Yatim dan Fakir Miskin
Proposal Kegiatan Santunan Anak Yatim dan Fakir Miskin. Dok. Gurupenyemangat.com

A. Latar Belakang Kegiatan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keistimewaan. Pada bulan kesembilan dalam Kalender Hijriah ini Al-Qur’an diturunkan, dan turunnya Al-Qur’an itu diterangkan bertepatan pula dengan malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Maka dari itulah segenap umat muslim di seluruh dunia begitu senang dan bahagia menyambut bulan yang penuh dengan berkah ini.

Di bulan Ramadhan setan-setan dibelengku, pintu neraka ditutup, sedangkan pintu surga dan kebaikan dibuka seluas-luasnya.

Dari keluasan itulah Allah sejatinya memberikan kita semua sebagai hamba kesempatan yang amat berharga untuk menambah bekal akhirat seraya menghapus dosa-dosa di masa lalu.

Tidak hanya sebatas itu, ibadah puasa selama Ramadhan juga mengajarkan kita tentang pentingnya solidaritas, empati, serta kepedulian terhadap sesama.

Berpuasa menata diri kita agar meninggalkan hidup boros, merasa cukup, sekaligus menyadari bahwa ada saudara-saudara kita yang hidupnya masih kekurangan.

Di sebalik kecukupan yang kita dapatkan, ada pula saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan bantuan.

Mereka adalah anak yatim dan fakir miskin. Mereka tidak berbeda dari kita, karena yang diukur oleh Allah dari hamba-Nya ialah ketakwaan.

Bahkan, di dalam Al-Qur’an dan banyak hadis, Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW memerintahkan agar umat muslim peduli dengan anak yatim, menyayangi anak yatim, hingga berbagi kebahagiaan dengan fakir miskin.

Allah SWT berfirman dalam QS Al-Baqarah ayat 220:

فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۗ وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْيَتٰمٰىۗ قُلْ اِصْلَاحٌ لَّهُمْ خَيْرٌ ۗ وَاِنْ تُخَالِطُوْهُمْ فَاِخْوَانُكُمْ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ الْمُفْسِدَ مِنَ الْمُصْلِحِ ۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَاَعْنَتَكُمْ اِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ  220.

Artinya:

Tentang dunia dan akhirat. Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: "Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. [Al Baqarah:220]

Dari ayat di atas, semakin teranglah penegasan bahwa Allah SWT memuliakan anak yatim seraya memerintahkan kita untuk berperilaku baik dengan mereka. Dan jangan lupa bahwa Nabi Muhammad SAW adalah seorang yatim.

Berangkat dari kebaikan dan tawaran pahala yang besar di bulan Ramadhan, kami dari panitia berniat untuk memperbanyak amal kebaikan dengan cara menggelar kegiatan santunan anak yatim dan fakir miskin.

B. Nama Kegiatan

Nama kegiatan yang diusung ialah “Santunan Anak Yatim dan Fakir Miskin 1443 Hijriah.”

C. Tema Kegiatan

Tema kegiatan Pesantren Kilat kali ini yaitu; “Semangat berbagi dan merengkuh keberkahan di bulan yang mulia.”

D. Tujuan Kegiatan

Berikut tujuan diadakannya kegiatan Santunan Anak Yatim dan Fakir Miskin Ramadhan:

  1. Meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama muslim
  2. Meningkatkan kecintaan terhadap fakir miskin dan anak yatim
  3. Menguatkan ukhuwah islamiyyah antar sesama muslim
  4. Menyalurkan niat baik masyarakat muslim yang ingin berbagi kebahagiaan
  5. Memotivasi masyarakat muslim khususnya dari kalangan orang-orang yang kaya untuk menyempatkan diri berbagi di bulan Ramadhan

E. Bentuk Kegiatan

Adapun bentuk kegiatan Santunan Anak Yatim dan Fakir Miskin tahun 1443 Hijriah ini terdiri atas:

  1. Berbagi Paket Sembako
  2. Berbagi Takjil Berbuka Puasa dan Nasi Kotak
  3. Berbagi Santunan

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan Santunan Anak Yatim dan Fakir Miskin Ramadhan adalah:

Hari, Tanggal : 25 April Tahun 2022
Waktu  : 16.00 WIB – selesai
Tempat: Desa Setempat

G. Pelaksana

Kegiatan Santunan Anak Yatim dan Fakir Miskin pada bulan Ramadhan tahun ini dilaksanakan oleh segenap panitia dan didukung oleh relawan.

H. Sasaran dan Target Kegiatan

Sasaran kegiatan Santunan Anak Yatim dan Fakir Miskin Ramadhan 1443 Hijriah adalah anak yatim dan fakir miskin di desa setempat dan yayasan.

Adapun target yang ingin dicapai ialah, panitia berusaha menyantuni 100 orang anak yatim dan fakir miskin yang tersebar di desa terdekat. Terlebih dahulu akan dilakukan pendataan dengan mengonfirmasikannya kepada pimpinan desa setempat.

I. Sumber Dana

  1. Donatur
  2. Sponsor

J. Susunan Panitia

- Terlampir I

K.  Estimasi Biaya

Berikut adalah estimasi sekaligus target biaya yang diperlukan:

  1. Spanduk Kegiatan  @Rp200.000 x 1  = Rp200.000,-
  2. Paket Sembako  @Rp100.000 x 100 orang = Rp10.000.000,-
  3. Uang Santunan  @Rp100.000 x 100 orang = Rp10.000.000,-
  4. Takjil   @Rp5.000 x 100 orang = Rp500.000,-
  5. Nasi Kotak  @Rp20.000 x 100 orang = Rp2.000.000,-
  6. Amplop   @Rp20.000 x 1 pack  = Rp20.000,-
  7. Transportasi  @Rp200.000   = Rp200.000,-

Total biaya yang dibutuhkan = Rp22.920.000,-

Terbilang: Dua Puluh Dua Jutah Sembilan Ratus Dua Puluh Ribu Rupiah 

C. Penutup

Demikianlah proposal kegiatan Santunan Anak Yatim dan Fakir Miskin yang akan diselenggarakan pada bulan Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022 Masehi.

Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak demi menyukseskan kegiatan seraya memetik keberkahan yang terselip di dalam bulan Ramadhan.

Semoga dengan ridho Allah SWT, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, didukung oleh bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak, serta mendapat limpahan keberkahan dari Allah SWT.

Demikianlah proposal ini kami buat agar dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

Panitia Pelaksana


[Tanda Tangan]

Boleh Baca:

📑Proposal Kegiatan Gebyar Ramadhan

📑Proposal Kegiatan Ramadhan Berbagi

📑Proposal Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan

📑Proposal Kegiatan Peringatan Nuzulul Qur'an

Download Proposal Kegiatan Santunan Anak Yatim dan Fakir Miskin Word [.doc]

Untuk memudahkan Sobat penyelenggara, berikut Guru Penyemangat siapkan dokumen proposal kegiatan santunan anak yatim dan fakir miskin yang bisa diunduh dengan format Word (.doc).

Contoh proposal ini bisa dijadikan referensi untuk administrasi pengajuan pengumpulan dana terutama di bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

Sobat hanya perlu mengubah atau menyesuaikan estimasi biaya, tema, hingga jadwal kegiatan.

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan proposal kegiatan santunan anak yatim dan fakir miskin berupa dokumen Word tinggal edit:

Proposal Santunan Anak Yatim 48kb

***

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang contoh proposal kegiatan santunan anak yatim yang bisa menjadi pilihan acara amal di bulan Ramadhan yang mulia ini.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca: Contoh Kata Sambutan Kegiatan Santunan Anak Yatim Beserta Susunan Acara

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Proposal Kegiatan Santunan Anak Yatim dan Fakir Miskin di Bulan Ramadhan 1443 Hijriah Tinggal Edit"

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)

Promo Cashback & Voucher Shopee