Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Ramadhan Tahun 2022 Tinggal Edit [Word]

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Ramadhan
Contoh Proposal Kegiatan Bulan Ramadhan. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah; Hai Sobat Guru Penyemangat. Sobat bakal menggelar kegiatan apa di bulan Ramadhan tahun ini?

Tentunya ada banyak rekomendasi kegiatan yang bisa kita gelar di bulan yang mulia dan penuh berkah ini ya. Mulai dari gebyar Ramadhan, lomba-lomba tema Islam, tausiyah, tabligh akbar, istighozah, hingga pengajian.

Apa pun jenis kegiatannya, tentu memerlukan proposal dan rancangan kegiatan yang matang. Bukan apa-apa, kadangkala setiap acara itu memerlukan biaya dan dukungan dari beragam pihak, kan?

Meski demikian, Guru Penyemangat merasa beruntung karena segenap Sobat yang singgah ke blog ini adalah orang-orang yang peduli dengan kemajuan umat, peduli dengan kemajuan generasi penerus bangsa khususnya dalam membela agama Allah SWT.

Maka dari itulah, kita semua perlu merancang kegiatan bulan Ramadhan dengan cermat dan seksama sejak jauh-jauh hari. Ya, minimal kita bisa mendapatkan beberapa donatur atau dana dari pihak instansi.

Nah untuk mempermudah tercapainya rencana yang mulia ini, Gurupenyemangat.com telah menyediakan contoh proposal kegiatan.

Contoh proposal ini sudah tinggal edit dan berisi rancangan kegiatan Gebyar di bulan Ramadhan yang bisa digelar di sekolah.

Mari disimak ya:

Proposal Kegiatan Gebyar Ramadhan

Proposal Kegiatan Gebyar Ramadhan
Proposal Kegiatan Gebyar Ramadhan. Dok. Gurupenyemangat.com

Pada sajian berikut telah Guru Penyemangat susun proposal kegiatan Gebyar Ramadhan yang cocok untuk digelar di SD, MI, SMP, MTs, SMA atau instansi.

Proposalnya sudah diurutkan mulai dari latar belakang, tema kegiatan, waktu pelaksanaan, estimasi biaya, hingga kolom susunan panitia.

Nah, cermati terlebih dahulu uraian garis besarnya ya:

A. Latar Belakang Kegiatan

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan menurut Kalender Hijriah. Arti Ramadhan ialah bulan yang panas. Maksudnya, bulan suci ini adalah bulan di mana dosa-dosa akan dibakar alias diampuni.

Pada bulan yang penuh berkah ini pula kita diperintahkan untuk melaksanakan puasa wajib sebulan penuh (29-30 hari) sebagaimana kalam Allah dalam Surah Al-Baqarah aya 183:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ.

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, [Al Baqarah:183]

Ada banyak sekali keutamaan di bulan Ramadhan. Misalnya Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan, terdapat malam Lailatur Qadar yang lebih baik dari seribu bulan, bulan negara Indonesia merengkuh kemerdekaan, bulan yang penuh dengan ampunan, hingga bulan yang penuh keberkahan.

Maka dari itulah, sebagai seorang muslim yang beriman kita perlu memaksimalkan amalan-amalan utama di bulan yang penuh barokah ini.

Mulai dari melaksanakan Shalat Tarawih dan Witir, Shalat Qiyamul Lail, Shalat Tahajud, Tadarus Qur’an, sedekah, hingga belajar ilmu-ilmu agama.

Bersandar pada keutamaan dan keistimewaan yang terdapat pada bulan Ramadhan tersebut, akan sangat baik pula bagi kita untuk menegakkan syiar Islam bertema Ramadhan untuk membangkitkan pelajar, generasi muda, hingga masyarakat untuk bersemangat meraih takwa.

Berangkat dari hal tersebut, maka kami selaku panitia kegiatan ingin menggelar kegiatan GEBYAR RAMADHAN 1443 Hijriah dalam rangka menyemangati para generasi muda agar lebih semangat memetik keutamaan bulan Ramadhan.

B. Tema Kegiatan

“Membangkitkan semangat generasi muda Islam yang pantang menyerah dalam meraih keutamaan bulan Ramadhan 1443 Hijriah.”

C. Tujuan Kegiatan

Berikut tujuan diadakannya kegiatan Gebyar Ramadhan:

1. Menggelar kegiatan Gebyar Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022 adalah wujud dari semangat kita selaku umat muslim agar lebih semangat meraih takwa.

2. Meningkatkan ukhuwah islamiyyah antar sesama siswa, guru, dan warga sekolah.

3. Menjadi sumber motivasi kepada generasi penerus agar sealu memegang teguh tali agama Allah dan dapat membentengi diri dengan keimanan dan ketakwaan yang kuat secara lahir dan batin.

4. Menguatkan pemahaman dan pengetahuan siswa tentang urgensi puasa Ramadhan bagi diri dan umat.

5. Meningkatkan rasa solidaritas dan empati terhadap sesama muslim

D.  Nama Kegiatan

Adapun nama kegiatan ini adalah “Gebyar Ramadhan” dalam rangka menyambut Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah tahun 2022. Rangkaian kegiatannya meliputi tadarus Al-Qur’an, lomba MTQ, lomba Hafalan Surah Pendek, lomba Pidato Islam, dan Lomba Kreasi Takjil Ramadhan.

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan Gebyar Ramadhan adalah:

Hari, Tanggal: 20-23 April Tahun 2022
Waktu: 08.00 – selesai
TempatLapangan/Mushalla Sekolah

F. Pelaksana

Kegiatan Gebyar Ramadhan dilaksanakan oleh panitia Rohis yang bekerja sama dengan OSIS sekolah.

G. Peserta

Segenap siswa dan dewan guru.

H. Sumber Dana

1. Dana BOS

2. Kas Masjid/Musholla

3. Sponsor/Donatur

I. Susunan Panitia

- Terlampir I

J. Rincian Dana

- Terlampir II

K. Penutup

Penyelenggaraan kegiatan Gebyar Ramadhan dalam rangka memetik momentum bulan Ramadhan 1443 Hijriah diharapkan untuk didukung oleh semua pihak.

Semoga dengan ridho Allah SWT, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dengan didukung oleh bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak demi suksesnya rangkaian kegiatan. 

Demikianlah proposal ini kami buat agar dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

[Tanda tangan]

Boleh Baca: 20 Ide dan Tema Kegiatan Bulan Ramadhan yang Cocok Diadakan di Sekolah, Murah dan Berkesan

Download Proposal Kegiatan Ramadhan Word Tinggal Edit

Untuk memudahkan segenap panitia, Guru Penyemangat telah menyiapkan link unduhan dokumen Word (.doc) proposal kegiatan Ramadhan tinggal edit.

Di dalam proposal ini sudah tersusun urutan format proposal yang umum mulai dari latar belakang, hingga lampiran-lampiran mengenai estimasi biaya dan struktur panitia kegiatan.

Lebih dari pada itu, settingan kertasnya pula sudah diatur dengan margin kiri 3 dan sisanya 2.5 dengan format kertas A4.

Tersedia pula kolom tanda tangan panitia yang sudah dibuat secara rapi menggunakan tabel. Dengan demikian Sobat Guru Penyemangat hanya perlu menambahkan kop sekolah, yayasan, masjid, maupun instansi.

Silakan klik tombol download berikut dan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan dokumen Word proposal kegiatan bulan Ramadhan 1443 Hijriah:

Proposal Kegiatan Ramadhan.zip 48kb

***

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang contoh proposal kegiatan bulan Ramadhan lengkap dengan dokumen Word tinggal edit.

Proposal ini bisa Sobat gunakan untuk pengajuan dana, memberikannya kepada donatur, hingga kepala instansi. Semoga kegiatan Ramadhan tahun ini sukses ya.

Semoga bermanfaat.
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Kegiatan Bulan Ramadhan Tahun 2022 Tinggal Edit [Word]"