Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Sambutan Kegiatan Santunan Anak Yatim Piatu Singkat Lengkap dengan Susunan Acara

Contoh Sambutan Kegiatan Santunan Anak Yatim Piatu
Contoh Sambutan Kegiatan Santunan Anak Yatim Piatu. Dok. Gurupenyemangat.com

“Wa aatulyataamaa amwaalahum…”

Bismillah. Hai Sobat Guru Penyemangat, kalimat di atas adalah potongan ayat Al-Quran Surah An-Nisaa ayat 2 yang artinya, “Dan berikanlah kepada anak-anak yatim harta mereka…”

Ayat di atas adalah salah satu dari sekian banyak perintah Allah agar hamba-Nya mau berbagi dengan cara menyantuni anak yatim maupun piatu.

Di sisi lain, dalam Quran Al-Maun juga dikatakan bahwa salah satu ciri pendusta agama ialah “Fazalikalladzii yadu’ul yatiim” yang artinya, “Yaitu orang-orang yang menghardik anak yatim”.

Nauzubillah! Semoga kita tidak termasuk orang yang menghardik anak yatim, apalagi sampai masuk ke dalam golongan pendusta agama.

Dengan demikian, Guru Penyemangat beranggapan bahwa sangatlah baik bila ada acara maupun kegiatan santunan anak yatim secara rutin dan terprogram.

Ada banyak cara untuk menyantuni anak yatim. Kita bisa berkunjung ke Panti Asuhan maupun Yayasan tempat tinggal para anak yatim piatu, atau kita dari pihak lembaga/organisasi mengundang segenap anak yatim untuk kemudian diberikan santunan.

Maka darinya, di sini Gurupenyemangat.com siapkan contoh sambutan untuk kegiatan tersebut.

Contoh sambutan kegiatan santunan anak yatim piatu ini ditulis singkat dan dilengkapi dengan susunan acara.

Baiklah, mari kita simak ya:

Sambutan Acara Santunan Anak Yatim

Sambutan Acara Santunan Anak Yatim
Sambutan Acara Santunan Anak Yatim. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum warahmatullah wabarakatuh

Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ala rosulillah wa ala alihi wasohbihi wa mawwalah. Asyadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah.

Allahumma sholli wa sallim wa barik ala muhammad, wa ala alihi wasohbihi rosulillahi ajma’in.

Yang Terhormat, Ketua Yayasan/Panti Asuhan “Guru Penyemangat”
Yang Terhormat, Bapak/Ibu Pengasuh Panti Asuhan “Guru Penyemangat”
Serta yang saya sayangi, anak-anak santriawan dan santriwati yang berbahagia

Alhamdulillah, puji serta syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat tiada putus-putusnya baik di kala sempat maupun sempit, baik di kala sibuk maupun lapang.

Sholawat berbingkaikan salam kita hadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan mengucapkan “Allahumma sholi ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad” semoga kita semua makin didekatkan dengan syafaat beliau. Aamiin, Aamiin, Aamiin Ya Robbal ‘Alamiin.

Bapak, Ibu, serta anak-anak sekalian yang dirahmati oleh Allah;

Terima kasih kami ucapkan atas sambutan kedatangan yang spesial ini. Sungguh saya pribadi dan teman-teman sekalian merasa terhormat sekaligus bahagia karena disapa dengan senyum dan salam anak-anak di Panti Asuhan “Guru Penyemangat”.

Adapun maksud dan kedatangan kami ke sini utamanya ialah untuk bersilaturahmi sekaligus menjalin ukhuwah islamiyyah.

Di sini saya dan teman-teman rasanya terlalu sibuk dengan hiruk pikuk keramaian kota dan jalan yang penuh sesak, sehingga kadang lupa untuk berbagi karena terasa sibuk mengumpulkan uang mencari rezeki.

Boleh Baca: Contoh Sambutan untuk Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Padahal kita tahu, ada anak-anak yatim dan piatu yang juga menjadi calon generasi penerus bangsa, calon imam, calon pemimpin, calon ustadz dan ustadzah, atau bahkan calon menteri dan presiden.

Bapak, Ibu, serta anak-anak sekalian yang berbahagia;

Lebih khusus daripada itu, kunjungan kami ke Yayasan/Panti Asuhan ini tiada lain dan tiada bukan ialah untuk melaksanakan wisata religi sekaligus berbagi rezeki.

Kami menyadari bahwa kunjungan atau jalan-jalan ke tempat wisata seperti danau, pameran, hingga pasar itu menyebabkan hati ini semakin keras dan sempit karena dihantui oleh nafsu untuk berbelanja, jajan ini dan jajan itu.

Padahal, Allah telah memberikan kita semua kecukupan yang di sebalik dari kecukupan itu kita sebagai hamba diperintahkan untuk saling berbagi antara satu sama lainnya.

Maka dari itulah, sudi kiranya nanti Bapak, Ibu, serta anak-anak sekalian untuk menerima pemberian dari kami.

Mohon untuk jangan dilihat dan dihitung jumlahnya, melainkan sama-sama kita lirik manfaatnya. Karena sebaik-baiknya pemberian ialah pemberian yang bermanfaat dan membawa berkah.

Akhir kata, kami pula memohon maaf bila kedatangan kami ke Yayasan/Panti Asuhan ini mengganggu rutinitas Bapak/Ibu serta anak-anak sekalian.

Banyak maaf atas segala khilaf dan salah, dan kepada Allah marilah sama-sama kita memohon ampun. Saya akhiri;

Wa billahi taufik walhidayah, Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

***

Nah, demikianlah tadi seuntai contoh sambutan untuk acara santunan anak yatim piatu di mana kita yang datang dan berkunjung ke Panti Asuhan atau Yayasan tempat anak yatim tinggal.

Bila ternyata kegiatan santunan sobat Guru Penyemangat adalah mengundang anak yatim piatu ke tempat tertentu dan sobat yang menjadi ketua panitianya, maka cukup sesuaikan saja salam hormat dan tempatnya.

Contoh sambutan acara santunan anak yatim di atas bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi. Bisa pula dikurangi atau ditambah.

Susunan Acara Kegiatan Santunan Anak Yatim

Susunan Acara Kegiatan Santunan Anak Yatim
Susunan Acara Kegiatan Santunan Anak Yatim. Dok. Gurupenyemangat.com

O ya, selain menyajikan contoh pidato sambutan singkat untuk kegiatan santunan anak yatim, Guru Penyemangat pula bakal menghadirkan contoh susunan acara kegiatan.

Susunan kegiatan berikut ada dua versi.

Versi pertama yaitu ketika sobat Guru Penyemangat menjadi tamu dan berkunjung ke Panti Asuhan atau Yayasan tempat anak yatim tinggal.

Boleh Baca: Teks MC untuk Kegiatan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam)

Sedangkan versi kedua yaitu susunan acara di mana sobat Guru Penyemangat selaku tuan rumah mengundang segenap anak yatim dalam kegiatan syukuran dan santunan.

Susunan Acara Kegiatan Santunan Anak Yatim Versi Pertama

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Kalam Ilahi (Boleh Ditambah Saritilawah)
  3. Sambutan dari Sobat Guru Penyemangat*
  4. Sambutan dari Ketua Yayasan/Panti Asuhan atau yang Mewakili
  5. Penyerahan Bingkisan/Bantuan **
  6. Doa
  7. Penutup

*Sambutan dari Sobat Guru Penyemangat maksudnya yaitu sambutan dari kamu atau perwakilan dari rombongan yang berkunjung untuk santunan anak yatim piatu.

**Adapun untuk penyerahan bingkisan atau bantuan, ini sekadar cinderamata untuk kebutuhan dokumentasi yang biasanya bakal dijadikan dokumen laporan kepada atasan/lembaga.

Untuk sesi pemberian bantuan ini, cukup gunakan sampelnya saja. Misalnya amplop atau bingkisan serupa.

Susunan Acara Kegiatan Santunan Anak Yatim Versi Kedua

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran (Beserta Saritilawah)
  3. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya*
  4. Sholawat Nabi
  5. Sambutan Ketua Panitia
  6. Sambutan Pimpinan Sekaligus Pembukaan Acara
  7. Penampilan Nasyid/Hadroh (Bila Ada)
  8. Penyerahan Bantuan
  9. Doa
  10. Penutup

*Bila penyelenggara kegiatan santunan anak yatim berasal dari lembaga/instansi pemerintah, tidak mengapa disertakan Lagu Indonesia Raya.

***

Nah, demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang contoh sambutan acara untuk kegiatan santunan anak yatim piatu yang singkat sekaligus dilengkapi dengan susunan acara.

Mudah-mudah bermanfaat, ya. Selalu tinggikan semangat berbagi.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Sambutan Kegiatan Santunan Anak Yatim Piatu Singkat Lengkap dengan Susunan Acara"